Trik atasi minyak berlebih di kepala pakai 2 jenis bahan makanan, usir rasa greasy di rambut

Trik atasi minyak berlebih di kepala pakai 2 jenis bahan makanan, usir rasa greasy di rambut

Brilio.net - Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap orang pastinya menginginkan rambut yang terlihat sehat dan indah. Bukan tanpa alasan, rambut yang sehat tidak hanya membuat penampilan menjadi lebih menarik, tetapi juga tanda bahwa orang tersebut pandai menjaga diri secara keseluruhan. Makanya, nggak heran kalau banyak orang yang rela menghabiskan waktu hingga berjam-jam demi menata rambut masing-masing.

Namun begitu, tidak semua orang beruntung memiliki rambut yang sehat secara alami. Tidak berbeda dengan kulit wajah, rambut pun acap didera berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering dialami banyak orang adalah kulit rambut yang berminyak akibat produksi sebum berlebihan. Hal tersebut bisa disebabkan beberapa hal seperti pengaruh genetik, perubahan hormonal, stres, dan polusi.

Efeknya membuat rambut terlihat lepek dan kurang segar, sehingga dapat mengganggu penampilan dan juga menjadi penyebab ketidaknyamanan. Bahkan, kulit rambut yang berminyak juga dapat menjadi tempat yang ideal bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak, sehingga dapat menyebabkan masalah kulit kepala lain seperti ketombe dan iritasi.

Akan tetapi, nggak usah bingung jika dihadapkan masalah ini. Kamu bisa mengandalkan beberapa bahan dapur sebagai solusi alternatif dan cepat bila kamu tidak memiliki waktu untuk membersihkannya. Salah satu caranya ditunjukkan oleh @beglamrs melalui Instagram. Dilansir briliobeauty.net pada Jumat (21/7), akun tersebut mengandalkan tepung maizena dan bubuk cokelat sebagai bahan dasarnya.

Tepung maizena atau tepung jagung, memang kerap digunakan sebagai bahan makanan penutup. Tapi ternyata, tepung maizenan memiliki banyak manfaat lain yang baik untuk mengatasi masalah rambut. Hal ini dikarenakan tepung maizena mengandung banyak senyawa karbohidrat kompleks yang tinggi, vitamin B6, dan asam folat.

minyak berlebih di kepala  Instagram

foto: freepik.com

Komponen vitamin B6 dan asam folat pada tepung maizena berperan dalam menenangkan kulit kepala yang meradang dan gatal akibat produksi minyak berlebih. Selain itu, sifat absorben alami dari tepung maizena dapat membantu menyerap minyak tersebut secara efektif dan lembut tanpa membuat iritasi.

Sementara itu, bubuk cokelat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid dan polifenol. Kandungan ini dapat bekerja membantu melindungi kulit kepala dari radikal bebas dan menjaga keseimbangan minyak alami pada rambut. Komponen anti-inflamasi tersebut membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala dan mencegah munculnya ketombe serta kulit kepala yang gatal.

minyak berlebih di kepala  Instagram

foto: freepik.com

Tak hanya itu, bubuk cokelat juga bikin kepala dan rambut kamu jadi harum, lho. Bagaimana sih cara memanfaatkan kedua bahan di atas untuk mengatasi masalah rambut? Kamu tinggal menjadikan keduanya sebagai sampo kering dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 2 sendok makan bubuk cokelat
2. 2 sendok makan tepung maizena
3. Minyak tea tree (opsional)
4. 1 wadah kecil

Cara pengerjaan:

minyak berlebih di kepala  Instagram

foto: Instagram/@beglamrs

1. Campurkan masing-masing 2 sendok makan bubuk tepung maizena dan bubuk cokelat dalam mangkuk kecil
2. Aduk kedua bahan hingga tercampur secara merata
3. Tuangkan beberapa tetes minyak tea tree ke dalam wadah tersebut (opsional)
4. Aplikasikanlah bubuk tersebut secara perlahan pada rambut dan kulit kepala, fokuskan pada area yang cenderung berminyak
5. Ratakan bedak rambut dengan lembut menggunakan ujung jari atau kuas kosmetik sembari memijat kulit kepala setelahnya
6. Biarkan bedak rambut meresap selama beberapa menit, kemudian hapuslah sisa bubuk tersebut setelahnya
7. Gunakan setiap kali dibutuhkan.

View this post on Instagram

A post shared by Glamrs (@beglamrs)

(brl/mal)

tags

STORIES