Tumbuh lebat dan berkilau alami, ini cara merawat rambut panjang yang rapuh pakai 1 bahan pemanis

Tumbuh lebat dan berkilau alami, ini cara merawat rambut panjang yang rapuh pakai 1 bahan pemanis

Brilio.net - Bagi wanita, memiliki rambut panjang adalah sebuah impian. Apalagi rambut panjang yang dimiliki sehat, lebat, dan berkilau alami. Aset rambut panjang yang sehat banyak menjadikan sebagian besar kaum hawa terlihat menonjolkan sisi feminin yang lebih dominan dibandingkan rambut pendek.

Namun, sayangnya tak semua orang beruntung dilahirkan dengan kondisi rambut memesona. Rambut yang panjang, tebal, dan berkilau, dianggap sebagai perpaduan sempurna rambut cantik bagi wanita. Sementara rambut yang terlalu tipis, rapuh, dan cenderung kasar atau kusam, memberikan kesan negatif dan kerap memicu kurangnya rasa percaya diri.

Rambut panjang yang cenderung lebih mudah ditampilkan dalam beragam gaya ini jika tidak dirawat dengan benar, bisa menimbulkan sejumlah masalah mulai dari rambut rontok, bercabang, kering, hingga sulit diatur. Semakin panjang rambut yang dimiliki, akan membuatnya semakin berat dan tanpa sadar menjadi lebih rapuh. Tak ada cara merawat rambut panjang selain memberikan waktu untuk melakukan perawatan khusus.

Kerontokan pada rambut panjang bisa disebabkan oleh akar rambut yang kurang kuat menopang beban rambut yang panjang. Nggak cuma itu saja, helaian rambut panjang juga lebih jauh dari folikel dibandingkan rambut pendek, sehingga nutrisi yang disalurkan ke batang rambut pun nggak optimal.

Apabila kamu salah satu orang yang mengalami masalah ini, tak perlu minder. Kamu masih tetap bisa memiliki rambut panjang yang sehat, kuat, dan berkilau alami. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti video yang diunggah oleh akun TikTok @radhika.p18 pada 6 Januari 2022.

Cara merawat rambut panjang yang rapuh pakai 1 bahan pemanis Berbagai sumber

foto: freepik.com

Unggahan tersebut berisi tentang cara merawat rambut panjang yang rapuh pakai 1 bahan pemanis. Bahan pemanis yang digunakan adalah madu. Tak hanya madu, ia juga menggunakan bahan lain yaitu minyak zaitun dan yoghurt.

"thick & shiny hair mask (masker rambut tebal & berkilau)," ungkapnya dalam video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @radhika.p18, Jumat (14/7).

Bukan hanya sebagai bahan pemanis alami yang menyehatkan tubuh, madu juga bisa kamu manfaatkan untuk merawat rambut panjangmu. Manfaat madu untuk rambut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, mineral, vitamin, dan antioksidan.

Khasiat madu untuk rambut mampu merangsang pertumbuhan rambut hingga memperkuat rambut. Jika kamu memiliki rambut yang tergolong rapuh dan sering patah di bagian tengah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mempercayakan madu. Rambut jadi mudah tumbuh tanpa harus takut patah di tengah. Apalagi bagi pemilik rambut panjang yang rentan rapuh, rontok, serta patah.

Sedangkan minyak zaitun, juga merupakan bahan alami yang dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan rambut. Tak terkecuali untuk merawat rambut panjang. Minyak zaitun mengandung berbagai vitamin yang berkhasiat untuk mengunci keratin yang tersimpan pada batang rambut. Penggunaan minyak zaitun secara rutin dapat menguatkan rambut yang baru tumbuh.

Apabila kamu punya masalah dengan rambut rontok, manfaat minyak zaitun untuk rambut ini bisa kamu coba. Lemak pada minyak zaitun berperan untuk melindungi keratin batang rambut sehingga membuatnya kuat dan tak mudah rapuh.

Begitupun dengan yoghurt yang juga bisa membantu menghidrasi, menutrisi, sekaligus menguatkan folikel rambut. Yogurt mengandung banyak nutrisi, seperti kalium, kalsium, protein, dan vitamin D. Berbagai mineral bergizi itulah yang membantu rambut memiliki akar yang lebih kuat sehingga rambut tidak mudah rontok. Selain menguatkan akar rambut, yogurt juga merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

Cara merawat rambut panjang yang rapuh pakai 1 bahan pemanis Berbagai sumber

foto: TikTok/@radhika.p18

Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang sudah disebutkan, kini saatnya kamu menyimak cara membuat masker rambut yang dapat membantu merawat rambut panjangmu. Berikut caranya.

Bahan:

1. 1/4 cup minyak zaitun
2. 1 sendok teh madu murni
3. 2 sendok makan penuh yoghurt

Cara merawat rambut panjang yang rapuh pakai 1 bahan pemanis Berbagai sumber

foto: TikTok/@radhika.p18

Cara membuat:

1. Tuangkan minyak zaitun pada wadah lalu panaskan hingga hangat
2. Tambahkan madu dan yoghurt lalu aduk ketiganya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan masker buatanmu pada kulit kepala dan akar rambut secara menyeluruh
4. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap
5. Jika masih tersisa, kamu bisa mengaplikasikannya pada batang rambutmu secara merata
6. Gulung rambut lalu diamkan selama 1 jam
7. Bilas menggunakan air sampai bersih dan lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner.
8. Lakukan cara ini secara rutin setiap sebelum keramas untuk hasil yang optimal.

@radhika.p18 the mask my mum used on my hair growing up! #hairtok #hairgrowth #thickhair TO THE MOON - JNR CHOI & Sam Tompkins

(brl/wen)

tags

STORIES