Wanita ini tumbuhkan rambut rontok dalam 10 hari hanya pakai hair treatment dari 1 jenis daun

Wanita ini tumbuhkan rambut rontok dalam 10 hari hanya pakai hair treatment dari 1 jenis daun

Brilio.net - Rambut rontok merupakan masalah umum yang bisa dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Rambut yang terus menerus mengalami kerontokan dapat memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Pasalnya, rambut rontok membuat rambut tampak tipis dan tak bervolume. Biasanya rambut rontok bisa terjadi karena adanya perubahan hormon pada fase-fase tertentu, seperti kehamilan, menopause, dan masalah tiroid yang bisa memengaruhi keseimbangan hormon dan menyebabkan rambut rontok.

Selain adanya perubahan hormon, rambut rontok juga sering terjadi saat seseorang mengalami stres berat. Stres fisik atau emosional yang berlebihan seperti melakukan operasi besar atau mengidap penyakit serius, dapat menyebabkan rambut rontok. Kondisi ini dikenal dengan istilah telogen effluvium. Dalam kondisi tersebut biasanya rambut memasuki fase istirahat dan kemudian rontok secara berlebihan.

Faktor lainnya bisa bersumber dari penggunaan produk hair care yang tidak tepat. Penggunaan produk perawatan rambut dengan bahan keras, penataan rambut berlebihan dengan alat panas, pewarnaan yang terlalu sering, dan kebiasaan menarik rambut (trikotilomania) bisa merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan.

Untuk mengatasi masalah di atas, kamu bisa mulai memperkuat akar rambut dengan melakukan perawatan secara intens. Salah satunya adalah mengaplikasikan hair oil yang terbuat dari bahan alami. Walaupun terbuat dari bahan alami, jika digunakan secara rutin bisa membuat rambut tumbuh lebat hanya dalam beberapa hari.

Kamu juga bisa membuat hair treatment ini sendiri di rumah. Seperti dilakukan seorang beauty vlogger @hairtransformation. Lewat unggahan di kanal YouTubenya, ia memanfaatkan bawang merah, bawang putih, dan daun parsley.

Semua bahan tersebut punya manfaat bagi kesehatan rambut. Daun parsley atau peterseli kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Parsley mengandung flavonoid dan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin A dan C yang tinggi dalam parsley dapat merangsang produksi kolagen, yang penting untuk pertumbuhan rambut. Mengandung zat besi, parsley membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, memastikan folikel rambut mendapatkan nutrisi yang cukup.

Sementara itu, bawang merah dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan rambut berkat kandungan sulfur dan senyawa aktif lainnya. Kandungan sulfur pada bawang merah merupakan komponen penting dalam produksi keratin (protein utama pembentuk rambut).

Jus bawang merah dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, sehingga membantu memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Bawang merah juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah infeksi yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Bawang putih tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, tetapi juga memiliki manfaat khusus bagi rambut berkat kandungan nutrisi dan sifat terapeutiknya. Allicin dalam bawang putih memiliki sifat antimikroba yang membantu membersihkan kulit kepala dari kuman dan bakteri, serta menjaga folikel rambut tetap sehat.

Dilansir dari healthline.com, Senin (20/5) bawang putih membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Bahan dapur ini pun kaya akan mineral seperti kalsium, zinc, dan sulfur yang penting untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala.

Manfaat lain dari bawang putih.

Bawang putih tidak hanya digunakan untuk menumbuhkan rambut rontok, tetapi juga punya kandungan antimicrobial dan antifungal yang bisa membunuh bakteri pada kulit kepala. Jadi, secara tidak langsung bawang putih dapat hilangkan ketombe pada kulit kepala.

Itulah manfaat dari masing-masing bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menumbuhkan rambut rontok. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan hair oil dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @hairtransformation, Senin (20/5).

Bahan:

rambut rontok tumbuh dalam 10 hari. berbagai sumber

foto: YouTube/@hairtransformation

- 2 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 3 lembar daun parsley
- Minyak zaitun

Cara membuat:

rambut rontok tumbuh dalam 10 hari. berbagai sumber

foto: YouTube/@hairtransformation

1. Bersihkan bawang merah dan putih dari kulitnya.
2. Potong bawang merah dan putih.
3. Cuci bersih daun parsley dan potong.
4. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
5. Tambahkan minyak zaitun secukupnya.
6. Haluskan semua bahan dan masukkan ke dalam wajan.
7. Panaskan hingga mendidih.
8. Tuangkan ke dalam wadah sembari disaring dan peras.
9. Simpan pada wadah dan tutup rapat.
10. Hair oil siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

rambut rontok tumbuh dalam 10 hari. berbagai sumber

foto: YouTube/@hairtransformation

1. Gunakan hair oil sebelum keramas.
2. Aplikasikan pada rambut secara merata.
3. Pijat-pijat beberapa saat.
4. Bilas menggunakan sampo dan air biasa.
5. Ulangi penggunaan hair oil ini agar rambut tumbuh lebat dalam 10 hari.

(brl/jad)

tags

STORIES