Asal pakai bisa bikin makeup crack, ini trik gunakan bedak tabur agar riasan tetap stay sepanjang hari

Asal pakai bisa bikin makeup crack, ini trik gunakan bedak tabur agar riasan tetap stay sepanjang hari

Brilio.net - Makeup crack atau retak adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang. Ketika makeup mulai pecah atau retak, hal ini bisa mengurangi tampilan riasan wajah dan membuatnya terlihat tidak merata. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pemilihan produk yang tidak cocok hingga cara aplikasi yang kurang tepat.

Kondisi ini biasanya terjadi ketika produk kosmetik yang digunakan tidak dapat bertahan dengan baik di permukaan kulit. Salah satu penyebab utama adalah pemilihan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, foundation yang terlalu kering dapat membuatnya mudah retak ketika kulit tidak terhidrasi dengan baik.

Bukan hanya itu, kulit yang kering atau tidak dirawat dengan baik juga dapat menyebabkan makeup tidak menempel dengan sempurna, menyebabkan cracking pada area-area tertentu seperti di sekitar hidung atau dahi. Bahkan penggunaan bedak tabur sebagai pengunci complexion juga sangat berperan dalam retaknya makeup.

Pasalnya, selama ini banyak orang yang asal memakai bedak tabur, sehingga berujung pada retaknya makeup. Padahal, dengan trik yang tepat, kamu bisa mendapatkan riasan yang tetap stay sepanjang hari tanpa crack. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @ismaahnf, yang memberikan trik pakai bedak tabur agar riasan awet.

Trik gunakan bedak tabur agar riasan tetap stay sepanjang hari TikTok

foto: TikTok/@ismaahnf

"semoga membantu," tulisnya dalam keterangan vidoe unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ismaahnf, Jumat (9/8).

Pertama, jangan mengaplikasikan bedak tabur saat foundation atau cushion masih dalam keadaan basah. Pasalnya, cara ini akan membuat complexion mudah retak dan riasan jadi kurang flawless. Cara yang tepat, pastikan foundation atau cushion benar-benar kering dengan membiarkannya selama 1-3 menit sebelum mengaplikasikan bedak tabur. Ini akan membantu riasan lebih halus dan hasil tahan lama.

Trik gunakan bedak tabur agar riasan tetap stay sepanjang hari TikTok

foto: TikTok/@ismaahnf

Kedua, hindari penggunaan bedak tabur yang langsung diaplikasikan ke wajah. Ini akan membuat riasan jadi dempul, sehingga mudah crack. Cara yang tepat, ambil bedak tabur menggunakan puff, tap-tap terlebih dahulu di punggung tangan untuk mengurangi kelebihan produk. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dengan cara di tap-tap, jangan digeser.

Terakhir, jangan gunakan bedak tabur yang punya warna atau shades lebih gelap dari foundation atau cushion. Kesalahan ini nggak cuma bikin makeup crack, tetapi juga bisa membuat makeup jadi rusak dan gelap. Triknya, kamu bisa memilih bedak tabur yang memiliki warna transparan atau sejenis translucent powder. Tak hanya itu saja, pastikan untuk memilih bedak yang bertekstur halus dan mudah di-blend.

Trik gunakan bedak tabur agar riasan tetap stay sepanjang hari TikTok

foto: TikTok/@ismaahnf

(brl/wen)

tags

STORIES