Asal pakai sampel makeup bisa picu infeksi, ini trik aman coba lipstik dan maskara menurut dokter

Asal pakai sampel makeup bisa picu infeksi, ini trik aman coba lipstik dan maskara menurut dokter

Brilio.net - Sebelum memutuskan untuk membeli makeup, khususnya lipstik dan maskara, kamu tentu perlu mencoba produk sampel terlebih dahulu untuk mencari tahu cocok atau tidaknya produk tersebut. Menyediakan produk sampel bagi sebuah toko kecantikan merupakan hal yang wajar. Namun perlu diketahui, mencoba tester makeup yang disediakan belum tentu produk yang baru dibuka.

Kondisi tersebut menunjukkan, produk sampel tentu sudah digunakan oleh pembeli sebelumnya. Hal tersebut tentu dinilai kurang higienis saat kamu mengaplikasikan pada wajah atau bibir secara langsung.
Pasalnya, makeup jadi tempat di mana bakteri bisa tumbuh. Walaupun makeup mengandung bahan pengawet, penggunaan produk makeup bersama tidak dianjurkan.

Produk makeup yang digunakan bersama bisa memicu masalah lain seperti rentan terkena infeksi dan tertular penyakit dari orang lain. Nah, agar kamu terhindar dari infeksi, ada trik yang bisa kamu terapkan dari dr.Incognito. Sebagai informasi, dr. Incognito merupakan seorang dokter kecantikan sekaligus model.

Dalam unggahan di video TikToknya @doctor.incognito_99, ia mengungkapkan jika kamu tidak diperbolehkan asal mencoba sampel lipstik dan maskara. Ada cara aman yang bisa kamu lakukan menurut dr.Incognito, seperti dilansir briliobeauty.net dari @doctor.incognito_99 pada Senin (10/6).

trik aman coba lipstik dan maskara menurut dokter berbagai sumber

foto: TikTok/@doctor.incognito_99

1. Usap ujung lipstik ataupun maskara dengan tisu atau kapas bersih
2. Kemudian barulah usap lipstik pakai tangan
3. Barulah dioles pada bibir dan begitu juga dengan maskara.

"Jangan pernah coba sample makeup tanpa lap dulu! tegasnya.

Tak cuma membagikan triknya saja, dr.Incognito juga memberikan informasi mengenai dampak jika kamu mencoba langsung sampel lipstik dan maskara. Menurutnya, tindakan asal mencoba sampel makeup bisa menyebabkan kamu terinfeksi penyakit seperti halnya herpes.

"Beda sama herpes menular dari kelamin ya, kalau kena genital ga bisa nyalahin lipstik sampel. Yang lipstik ini lebih ke cold sores," jelas dr.Incognito.

Tak cuma herpes, kamu juga bisa mengelami infeksi bakteri. Sedangkan pada penggunaan maskara bisa terkena konjungtivitis atau biasa dikenal dengan pinkeye. Kondisi ini merupakan selaput bening yang menutupi bagian putih mata (sklera) dan bagian dalam kelopak mata.

"Jangan pinjam lipstick teman atau minimal dibersihkan dulu bagian atas/aplikatornya," imbuhnya.

Gangguan peradangan pada konjungtiva ini dapat menyebabkan bagian putih pada mata terlihat kemerahan atau berwarna pink. Penyakit mata konjungtivitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus hingga reaksi alergi.

@doctor.incognito_99 Beda sama herpes menular dari kelamin ya, kalo kena genital herpes ga bisa nyalahin lipstick sample. Yang lipstik ini lebih ke cold sores. Selain itu bisa kena infeksi bakteri, dari maskara bisa kena konjungtivitis. Jangan pinjam lipstick teman atau minimal dibersihkan dulu bagian atas/aplikatornya #makeupsample #kebersihan #jagajaga #hygienic #infection #infeksi original sound - dr. Incognito

(brl/mal)

tags

STORIES