Cara atasi brush makeup yang berserabut ini cuma pakai 1 alat dapur, jadi kembali rapi bak produk baru

Cara atasi brush makeup yang berserabut ini cuma pakai 1 alat dapur, jadi kembali rapi bak produk baru

Brilio.net - Brush makeup merupakan alat yang digunakan untuk mengaplikasikan berbagai produk kosmetik seperti bedak, foundation, blush on, hingga eyeshadow ke area wajah. Alat makeup ini umumnya terbuat dari bulu sintetis atau bulu alami yang dipasang pada pegangan yang ergonomis.

Karena manfaatnya yang cukup penting, disarankan untuk merawat brush makeup secara teratur dengan membersihkannya setelah digunakan. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kualitas bulu-bulu brush.

Tak hanya itu, akibat terlalu sering digunakan dan jarang dibersihkan, bulu brush sering kali berserabut dan nggak rapi. Hal ini tidak hanya dapat mengurangi efektivitas pengaplikasian makeup, tetapi juga meningkatkan risiko peradangan kulit atau infeksi.

Guna menjaga brush makeup tetap dalam kondisi terbaik, langkah pertama yang penting adalah membersihkannya secara teratur. Setelah itu, kamu bisa melakukan trik atau cara tertentu agar brush makeup tidak berserabut dan tetap berbentuk rapi bak produk baru. Salah satunya adalah dengan meniru trik yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @aldelafinds.

Cara atasi brush makeup yang berserabut cuma pakai 1 alat dapur TikTok

foto: TikTok/@aldelafinds

Lewat unggahan tersebut, pemilik akun yang diketahui bernama Aldela, memanfaatkan 1 alat dapur untuk mengatasi brush makeup yang berserabut. Alat dapur yang dimaksud adalah tisu dapur. Yuk, simak caranya berikut ini yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aldelafinds, Senin (22/7).

Tahap pertama, cuci brush makeup menggunakan sabun yang gentle. Kamu bisa menggunakan sabun muka atau sabun mandi untuk membersihkan brush. Pastikan brush dalam kondisi bersih dan kotoran atau sisa makeup yang menempel benar-benar terangkat. Kamu juga bisa memanfaatkan alat pembersih brush dengan cara menggosok-gosokkannya secara lembut.

Cara atasi brush makeup yang berserabut cuma pakai 1 alat dapur TikTok

foto: TikTok/@aldelafinds

Setelah itu, keringkan brush makeup hingga tak ada air yang menetes. Lalu, bungkus atau lilit brush menggunakan tisu dapur. Tarik brush beberapa sentimeter ke arah luar. Ini dilakukan untuk membuat bulu brush lebih rapi. Letakkan dengan posisi bulu ke arah bawah, dan biarkan sampai kering.

Jika sudah kering, lepaskan lilitan tisu dapur dari brush dengan cara menarik brush ke arah luar secara perlahan. Cara ini akan membuat brush yang semula berserabut, jadi lebih rapi bak produk baru.

Cara atasi brush makeup yang berserabut cuma pakai 1 alat dapur TikTok

foto: TikTok/@aldelafinds

Untuk diketahui, tisu dapur bermanfaat untuk menyerap air pada bulu brush dan mempercepat pengeringan. Tak hanya itu, tisu dapur yang dililitkan juga akan membantu menekan bulu brush agar lebih rapi seperti bentuk semula tanpa merusak produk brush.

(brl/jad)

tags

STORIES