Sesuaikan dengan jenis kulit, ini beda sheer, satin, dewy, dan matte finish pada foundation

Sesuaikan dengan jenis kulit, ini beda sheer, satin, dewy, dan matte finish pada foundation

Brilio.net - Foundation kini sudah menjadi produk wajib yang dimiliki oleh para pecinta makeup. Sesuai dengan namanya, alas bedak ini akan menjadi 'fondasi' makeup, yang membantu meratakan warna kulit sekaligus menyamarkan noda di wajah.

Namun sayangnya, tak sedikit orang masih kesulitan memilih produk foundation yang sesuai dengan jenis kulitnya. Padahal memilih foundation yang tepat dapat membuat riasan lebih optimal, tahan lama, dan antidempul.

Oleh karena itu, kamu harus lebih cermat lagi ketika memilih foundation. Pastikan kamu benar-benar paham jenis foundation apa yang akan kamu pilih agar sesuai dengan kulit dan kebutuhanmu. Perlu diketahui bahwa ada 4 jenis foundation dengan hasil akhir yang berbeda-beda, seperti sheer finish, dewy finish, matte finish, dan satin finish.

Lantas, apa sih yang membedakan keempat jenis foundation tersebut? Yuk, simak perbedaannya berikut ini, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari berbagai sumber, Selasa (21/5).

1. Sheer finish, cocok untuk kamu yang ingin tampil natural.

Beda sheer, satin, dewy, dan matte finish pada foundation freepik.com

Beda sheer, satin, dewy, dan matte finish pada foundation
freepik.com

Sheer finish merupakan hasil akhir foundation yang nyaris transparan. Formulanya juga sering disebut sebagai tinted moisturizer atau pelembap berwarna. Pasalnya formula sheer finish foundation sangat menyatu dengan kulit namun tetap bisa membantu memperbaiki tampilan tekstur kulit. Umumnya foundation jenis ini hadir dalam bentuk cair atau compact.

Foundation jenis ini cocok untuk semua jenis kulit, apalagi bagi kamu yang memiliki kulit yang mulus alami dan ingin tampil secara natural. Teksturnya ringan dan tidak menutup pori sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Meski begitu, foundation dengan sheer finish ini tidak bertahan lama, formulanya mudah luntur ketika berkeringat.

2. Matte finish, cocok untuk kamu yang ingin tampil dengan riasan mulus bebas kilap.

Foundation dengan hasil akhir matte memberikan kesan kulit mulus dan bebas kilap. Formulanya bisa menyamarkan tampilan pori-pori di wajah sehingga kulit terlihat sangat halus dengan full-coverage dan lebih tahan lama. Tak heran jika foundation ini sangat cocok bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Namun, jika kamu memiliki jenis kulit kering sebaiknya hindari memakai foundation jenis ini karena bisa membuat wajah terlihat semakin kering. Kamu juga perlu menggunakan pelembap sebelum mengaplikasikan foundation dengan matte finish ini agar kulit tetap terjaga hidrasinya. Foundation dengan tampilan matte finish umumnya hadir dalam bentuk cream atau compact powder.

3. Dewy finish, cocok untuk kamu yang ingin tampil glowing.

Beda sheer, satin, dewy, dan matte finish pada foundation freepik.com

Beda sheer, satin, dewy, dan matte finish pada foundation
freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa akhir-akhir ini foundation dengan tampilan akhir dewy finish sedang booming di pasaran. Ini dipengaruhi oleh tren kecantikan wanita Korea yang memiliki kesan kulit fresh dan glowing. Foundation jenis ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering dan kerutan. Pasalnya, formulanya bisa mengisi dan menyamarkan tampilan kerutan di kulit sekaligus melembapkan kulit.

Foundation dewy finish umumnya berbentuk cair dan water-based atau oil-based yang bisa membantu kulit tetap lembap dan kenyal. Namun sayangnya, produk foundation yang memiliki dewy finish akan mudah luntur saat cuaca panas atau di daerah yang memiliki tingkat kelembapan tinggi. Dewy finish juga tidak cocok untuk kamu pemilik kulit berminyak, karena akan membuatnya semakin berminyak dan malah tampak kusam.

4. Satin finish, gabungan antara dewy dan matte finish yang cocok untuk sehari-hari.

Satin finish foundation adalah gabungan antara dewy finish dan matte finish, yang cocok untuk semua jenis kulit. Foundation satin finish biasanya medium coverage, mampu menutupi kekurangan di kulit wajah tapi tidak terlihat tebal. Teksturnya yang sangat ringan dan tidak menutupi pori-pori secara berlebihan cocok digunakan sehari-hari. Foundation satin biasanya hadir dalam bentuk liquid atau cream.

(brl/ola)

tags

STORIES