Tanpa minyak zaitun, ini trik bersihkan spoolie brush makeup kotor pakai 2 jenis produk skincare

Tanpa minyak zaitun, ini trik bersihkan spoolie brush makeup kotor pakai 2 jenis produk skincare

Brilio.net - Membersihkan alat makeup sebaiknya dilakukan secara rutin. Cara ini sebagai upaya untuk mencegah perkembangan bakteri sekaligus membersihkan kotoran yang menjadi residu pada alat makeup.

Kotoran atau residu dari produk makeup ini akan membuat riasan jadi tak sempurna. Tak hanya itu saja, bakteri yang menempel pada alat makeup juga rentan membuat kulit wajah jadi mudah iritasi dan berjerawat.

Karena memiliki berbagai macam jenis dan fungsinya masing-masing, setiap alat makeup ada cara tersendiri untuk membersihkannya. Salah satunya adalah spoolie brush makeup.

Spoolie brush makeup adalah rangkaian kuas yang digunakan untuk mengaplikasikan maskara dan eyebrow pomade. Spoolie brush ini akan membantu memisahkan dan meratakan produk maskara atau brow pomade agar tak menggumpal dan tampak natural.

Spoolie brush makeup ini memiliki bentuk yang berbeda dari brush makeup lainnya. Pasalnya alat makeup ini punya bulu lebih tebal, kaku, dan bentuknya melingkar.

Sehingga residu produk makeup seperti maskara, eyebrow gel dan eyebrow pomade, serta bulu mata atau bulu alis yang rontok akan rentan menempel. Nah, jika terus dibiarkan, penggunaan alat makeup ini jadi kurang maksimal.

Oleh karena itu, kamu perlu membersihkannya secara rutin. Tanpa minyak zaitun, karena pemilik akun TikTok @kpaletteph pada 11 Juli 2023, justru memakai 2 jenis produk skincare untuk membersihkan spoolie brush makeup kotor.

"How to clean your spoolie brush (Cara membersihkan sikat spoolie kamu)," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @kpaletteph, Jumat (19/1).

Bersihkan spoolie brush makeup kotor Berbagai sumber

foto: freepik.com

Produk skincare yang dimaksud adalah cleansing oil dan cleansing foam. Dikenal sebagai pembersih wajah, ternyata cleansing oil juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan berbagai alat makeup lho. Salah satunya adalah spoolie brush makeup.

Umumnya cleansing oil memiliki kandungan berbagai minyak esensial alami seperti olive, sunflower, grapeseed, dan almond. Berkat kandungan tersebut, cleansing oil diklaim bisa membersihkan spoolie brush makeup secara menyeluruh tanpa perlu tenaga ekstra untuk mengangkat kotoran dan residu sisa produk makeup.

Tak kalah ampuh dari cleansing oil, cleansing foam juga bisa kamu jadikan bahan untuk membersihkan spoolie brush makeup. Ini berkat kandungan pembersih di dalamnya.

Pasalnya cleansing foam memiliki formulasi yang gentle dan lembut, namun tetap mampu membersihkan kotoran seperti minyak dan residu makeup yang menempel pada spoolie. Kandungan antibakteri di dalamnya juga efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada spoolie.

Bersihkan spoolie brush makeup kotor Berbagai sumber

foto: TikTok/@kpaletteph

Cukup dengan kedua produk skincare tersebut, kamu bisa membersihkan spoolie brush makeup yang kotor agar kembali steril dan bersih. Sehingga proses merias wajah jadi lebih nyaman dan hasilnya memuaskan. Begini cara membersihkannya.

Bahan:

1. Spoolie brush makeup yang kotor
2. Cleansing oil secukupnya
3. Cleansing foam secukupnya
4. Air hangat
5. Handuk halus

Bersihkan spoolie brush makeup kotor Berbagai sumber

foto: TikTok/@kpaletteph

Cara membersihkan:

1. Cuci spoolie menggunakan air hangat terlebih dahulu
2. Gosok-gosok spoolie agar bulunya lebih lunak dan mudah dibersihkan
3. Gosokkan pada handuk untuk mengangkat kotoran yang menempel
4. Tuangkan cleansing oil pada telapak tangan
5. Gosok-gosokkan bulu spoolie pada cleansing oil hingga residu seperti sisa maskara atau eyebrow pomade bisa luruh
6. Tuangkan cleansing foam pada telapak tangan dan tambahkan sedikit air
7. Lakukan cara yang sama yaitu dengan menggosok-gosokkan spoolie pada telapak tangan
8. Bilas kembali menggunakan air hangat dan pastikan benar-benar bersih dari kotoran
9. Kamu bisa mengeringkannya menggunakan handuk
10. Bersihkan spoolie brush makeup secara rutin 2 kali seminggu untuk menjaganya tetap bersih dan steril.

@kpaletteph Your brows and their tools need to be taken care of too. Here's how you can clean your spoolie brush: 1 - Run lukewarm water on the brush 2 - Remove excess water with a towel 3 - Put cleansing oil on your palm 4 - Rub the brush on your palm 5 - Double wash with a foam cleanser 6 - Air dry! #KPalettePH #KPaletteGirls #1DayTattoo #MakeupBrushCleaning #CleanYourBrush original sound - K-Palette Ph

(brl/lea)

tags

STORIES