10 Bahan kandungan skincare untuk wajah kusam ini bisa bikin kulit auto glowing

10 Bahan kandungan skincare untuk wajah kusam ini bisa bikin kulit auto glowing

Brilio.net - Kulit kusam menjadi salah satu masalah umum yang dihadapi banyak orang. Kondisi ini ditandai dengan warna kulit yang tidak merata, tekstur kasar, dan hilangnya kecerahan alami. Penyebab kulit kusam beragam, mulai dari faktor internal hingga eksternal. Salah satu penyebab utama kulit kusam adalah penumpukan sel-sel kulit mati.

Proses alami pergantian sel kulit terkadang melambat, sehingga menyebabkan sel-sel mati menumpuk di permukaan kulit. Faktor lain seperti paparan sinar UV berlebihan, polusi udara, kurang tidur, stres, dan pola makan tidak seimbang, dehidrasi dan merokok juga berkontribusi pada munculnya kulit kusam.

Bahan kandungan skincare untuk wajah kusam freepik.com

foto: freepik.com

Untuk mengatasi masalah ini, industri skincare telah mengembangkan berbagai bahan aktif yang efektif. Salah satunya adalah vitamin C, antioksidan kuat yang mencerahkan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Niacinamide (vitamin B3) juga populer karena kemampuannya memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

Selain itu, masih banyak lagi bahan aktif yang belakangan kerap digunakan sebagai bahan utama dalam skincare untuk mengatasi kulit kusam. Apa saja bahan tersebut? Dilansir briliobeauty.net dari berbagai sumber pada Sabtu (27/7), berikut informasi lengkapnya.

1. Vitamin C (Ascorbic Acid).

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang membantu mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin. Mengutip dari Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, vitamin C mampu merangsang produksi kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Niacinamide (Vitamin B3).

Niacinamide juga biasa digunakan untuk mencerahkan kulit kusam dalam produk skincare. Pasalnya, niacinamide ini bekerja dengan cara membantu memperbaiki fungsi barier kulit. Dengan begitu, tak heran jika niacinamide dapat mengurangi produksi sebum, dan mencerahkan kulit dengan menghambat transfer melanin ke sel-sel kulit.


3. Alpha Arbutin.

Bahan kandungan skincare untuk wajah kusam freepik.com

foto: freepik.com

Bahan skincare yang bisa mencerahkan wajah kusam adalah alpha arbutin. Alpha arbutin ini bekerja dengan menghambat aktivitas enzim tyrosinase yang bertanggung jawab untuk produksi melanin. Nah perlu kamu ketahui, langkah tersebut membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit.

4. Alpha Hydroxy Acids (AHAs).

Alpha Hydroxy Acids (AHAs) seperti glycolic acid dan lactic acid berfungsi sebagai exfoliant kimia, membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat pembaharuan sel. Sementara itu, hyaluronic acid berperan penting dalam menghidrasi kulit, memberikan tampilan yang lebih segar dan bercahaya.

5. Retinol (Vitamin A).

Retinol, turunan vitamin A, telah terbukti efektif dalam meningkatkan pergantian sel kulit dan menstimulasi produksi kolagen, membantu mengembalikan kecerahan alami kulit. Peptida juga semakin populer dalam produk anti-aging karena kemampuannya merangsang produksi kolagen dan elastin.

6. Lactic Acid.

Bahan kandungan skincare untuk wajah kusam freepik.com

foto: freepik.com

Bahan lain yang biasanya digunakan untuk mencerahkan kulit kusam ada lactic acid. Bahan kandungan satu ini membantu eksfoliasi sel-sel kulit mati, meningkatkan hidrasi kulit, dan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tampak lebih cerah dan kenyal.

7. Kojic Acid.

Kojic Acid juga sering ditemukan di produk skincare, seperti serum dan toner. Kojic acid ini bekerja dengan cara menghambat produksi melanin dengan mencegah enzim tyrosinase. Langkah tersebut membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit kusam.

8. Hyaluronic Acid.

Asam hialuronat atau dikenal dengan hyaluronic acid adalah humektan yang menarik dan mempertahankan kelembapan dan meningkatkan kadar air dalam di kulit. Maka dari itu, asam hialuronat ini membuat kulit tampak lebih kenyal, terhidrasi, dan bercahaya. Perlu kamu ketahui, kulit yang lembap dan terhidrasi bisa mempercepat regenerasi sel kulit. Tak heran jika asam hialuronat bisa menghempaskan sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan baru.

9. Vitamin E (Tocopherol).

Vitamin E yang selalu diandalkan dalam moisturizer atau pelembap juga bisa mencerahkan kulit kusam. Pasalnya, vitamin E merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, memperbaiki tekstur kulit, dan membantu mempertahankan kelembapan, sehingga kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

10. Gliserin.

Tahukah kamu produk skincare yang mengandung gliserin juga bisa mengatasi wajah kusam. Pasalnya, kandungan gliserin ini mampu menjaga kelembapan kulit dan mendorong regenerasi kulit yang lebih sehat. Bahkan bisa mencegah terjadinya penumpukan sel kulit mati.

(brl/mal)

tags

STORIES