11 Kandungan skincare penghilang bekas jerawat ini bisa bikin wajah cerah bebas noda

11 Kandungan skincare penghilang bekas jerawat ini bisa bikin wajah cerah bebas noda

Brilio.net - Bekas jerawat merupakan masalah kulit yang sering dihadapi oleh banyak orang, terutama mereka yang pernah atau sedang mengalami masalah jerawat. Meskipun jerawat itu sendiri sudah sembuh, bekas yang ditinggalkan dapat bertahan lama dan mengganggu penampilan, bahkan terkadang memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Bekas jerawat dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari perubahan warna kulit (hiperpigmentasi atau hipopigmentasi), tekstur yang tidak rata, hingga lubang atau cekungan pada kulit (pitted scars). Jenis dan tingkat keparahan bekas jerawat dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti tipe kulit, keparahan jerawat, dan cara penanganan jerawat sebelumnya.

Hiperpigmentasi post-inflamasi (PIH) adalah jenis bekas jerawat yang paling umum, terutama pada individu dengan warna kulit yang lebih gelap. PIH muncul sebagai noda gelap di area bekas jerawat dan biasanya akan memudar seiring waktu, meskipun prosesnya dapat memakan waktu beberapa bulan hingga tahun.

Meski begitu kamu tak perlu khawatir, kini sudah ada skincare yang diformulasikan untuk menghilangkan bekas jerawat. Skincare penghilang bekas jerawat ini memiliki sejumlah bahan aktif. Nah, penasaran dengan kandungan skincare penghilang bekas jerawat? Berikut ini 11 kandungan yang bisa kamu gunakan sebagai mana briliobeauty.net lansir dari berbagai sumber, Selasa (23/7).

skincare penghilang bekas jerawat berbagai sumber

skincare penghilang bekas jerawat
freepik.com

1. Asam Salisilat (Salicylic Acid).

Kandungan yang bisa menghilangkan bekas jerawat adalah Asam Salisilat (Salicylic Acid). Melansir dari Mayo Clinic, Selasa (23/7) kandungan asam salisilat ini bekerja dengan cara mengelupas sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori tersumbat. Dengan begitu kandungan asam salisilat ini efektif untuk mengatasi jerawat dan bekasnya.

2. Benzoil Peroksida (Benzoyl Peroxide).

Benzoil Peroksida (Benzoyl Peroxide) mampu mencegah munculnya bekas jerawat. Tak cuma itu, benzoil peroksida mempunyai kemampuan membunuh bakteri penyebab jerawat yaitu propionibacterium acnes. Kandungan benzoil peroksida juga bisa mengurangi peradangan dan mengurangi produksi minyak berlebih.

3. Asam Laktat (Lactic Acid).

Berbeda dengan benzoil peroksida, asam laktat yang termasuk ke dalam jenis alpha hydroxy (AHA) menjadi eksfoliasi. Efeknya saat menggunakan asam laktat adalah mengelupaskan sel kulit mati dan meningkatkan kelembapan kulit. Tidak hanya itu, AHA juga bisa mengurangi tekstur kulit dan bintik hitam.

4. Retinoid (Retinol, Tretinoin).

Melansir dari DermNet, retinoic ini bisa memudarkan bekas jerawat. Retinoid juga bisa mengurangi produksi sebum, mencegah penyumbatan pori, dan mempercepat pergantian sel kulit. Retinoid membantu meratakan warna kulit dan mengurangi bekas jerawat.

5. Niacinamide atau vitamin B3.

Niacinamide atau yang punya nama lain vitamin B3 diklaim bisa memudarkan bekas jerawat. Penggunaan niacinamide pada wajah bisa mengurangi peradangan, mengatur produksi sebum, dan mencerahkan kulit. Bahkan bisa memperbaiki skin barrier.

skincare penghilang bekas jerawat berbagai sumber

skincare penghilang bekas jerawat
freepik.com

6. Sulfur.

Kandungan yang biasanya digunakan dalam skincare untuk menghilangkan bekas jerawat adalah sulfur. Melansir dari American Academy of Dermatology, kandungan sulfur ini mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan sulfur juga diklaim mengurangi produksi sebum.

7. Tea Tree oil.

Selain bahan aktif, biasanya skincare untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan tea tree oil. Kandungan ini memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang bisa mengatasi jerawat dan pembengkakan pada wajah.

8. Klorheksidin (Chlorhexidine).

Klorheksidin (Chlorhexidine) merupakan antioksidan yang tersedia dalam berbagai bentuk, seperti klorheksidin glukonat yang larut dalam air. Dilansir dari Clinical Microbiology Reviews menjelaskan bahan kandungan ini digunakan sebagai antiseptik untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat dan mencegah infeksi.

9. Asam Azelaic (Azelaic Acid).

Asam Azelaic (Azelaic Acid) merupakan bagian dari asam karboksilat yang biasa digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, salah satunya adalah memudarkan bekas jerawat. Perlu kamu ketahui, senyawa ini cukup terkenal dikalangan beauty vlogger lantaran bisa mencerahkan wajah. Melansir dari American Academy of Dermatology, asam azelaic ini mengurangi peradangan dan mengurangi produksi sebum.

10. Asam Hialuronat (Hyaluronic Acid).

Tak hanya asam azelaic, asam hialuronat juga menjadi salah satu kandungan yang populer lantaran bisa melembapkan kulit. Melansir dari Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, asam hialuronat ini diklaim memperbaiki barrier kulit. Berguna untuk kulit yang iritasi akibat penggunaan produk anti-jerawat yang kering.

11. Vitamin C.

Bahan kandungan yang biasanya digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat ada vitamin C. Mengutip dari Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, vitamin C mampu mencerahkan wajah dan mengurangi bekas jerawat. Adanya antioksidan dalam vitamin C mampu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan dari paparan radikal bebas dan sinar matahari.

(brl/ola)

tags

STORIES