19 Cara glow up dalam 1 minggu tanpa skincare, bisa dilakukan di rumah dan bikin hemat pengeluaran

19 Cara glow up dalam 1 minggu tanpa skincare, bisa dilakukan di rumah dan bikin hemat pengeluaran

Brilio.net - Siapa bilang glow up hanya bisa dicapai dengan penggunaan skincare mahal? Ternyata, ada banyak cara alami dan sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit lebih sehat dan bercahaya tanpa harus mengandalkan produk skincare. Dengan perubahan gaya hidup yang tepat dan konsisten, kamu bisa merasakan hasilnya dalam waktu singkat. Artikel ini akan membahas berbagai cara glow up dalam 1 minggu tanpa skincare yang tidak hanya efektif, tetapi juga bisa menghemat pengeluaran.

Mengandalkan metode alami untuk glow up tidak hanya lebih ramah di kantong, tetapi juga lebih sehat bagi tubuh. Misalnya, memperbanyak minum air putih, hingga tidur yang cukup merupakan beberapa langkah sederhana yang bisa langsung kamu terapkan.

Selain itu, olahraga teratur membantu tubuh dan kulit untuk lebih rileks, mengurangi stres, dan memberikan efek glowing secara alami. Aktivitas ini tidak memerlukan biaya besar dan bisa dilakukan di rumah, menjadikannya solusi hemat untuk kamu yang ingin tampil memukau tanpa ribet.

Tertarik untuk mencoba cara glow up dalam 1 minggu tanpa skincare? Yuk ikuti beberapa langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (29/8).

1. Perbanyak minum air putih.

cara glow up tanpa skincare  2024 freepik.com

cara glow up tanpa skincare
freepik.com

Minum air putih adalah cara sederhana namun efektif untuk membuat kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya. Mengutip briliobeauty.net, Kamis (29/8) Healthline menyebutkan bahwa air membantu menjaga kelembapan kulit, menghilangkan racun, dan memperbaiki sirkulasi darah, yang semuanya berkontribusi pada kulit yang lebih segar dan glowing. Pastikan kamu minum setidaknya 8 gelas air putih sehari untuk hasil yang optimal.

2. Konsumsi makanan sehat dan bergizi.

Cara glow up dalam 1 minggu tanpa skincare selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Diet yang kaya akan sayuran, buah-buahan, dan protein dapat membantu kulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk regenerasi. Melansir dari WebMD, makanan yang mengandung antioksidan, seperti bayam, wortel, dan buah beri, dapat melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan membuat kulit tampak lebih cerah.

3. Tidur yang cukup dan berkualitas.

cara glow up tanpa skincare  2024 freepik.com

cara glow up tanpa skincare
freepik.com

Tidur adalah waktu di mana tubuh memperbaiki diri, termasuk kulit. Mengutip dari Mayo Clinic menyarankan tidur selama 7-9 jam per malam untuk mendapatkan manfaat penuh dari regenerasi sel-sel kulit. Tidur yang cukup juga mengurangi tampilan mata panda dan membuat wajah terlihat lebih segar.

4. Olahraga rutin setiap hari.

Berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga memberikan efek glowing pada kulit. Saat berolahraga, aliran darah meningkat dan membawa lebih banyak oksigen serta nutrisi ke kulit, sehingga memberikan efek cerah alami. Mengutip dari Harvard Health Publishing merekomendasikan olahraga ringan seperti jogging, yoga, atau bersepeda selama 30 menit sehari untuk mendapatkan manfaat ini.

5. Lakukan teknik relaksasi dan meditasi.

cara glow up tanpa skincare  2024 freepik.com

cara glow up tanpa skincare
freepik.com

Stres memengaruhi kondisi kulit, membuatnya kusam dan kurang bercahaya. Meditasi dan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan pada akhirnya membuat kulit tampak lebih sehat. Verywell Mind menjelaskan bahwa meditasi secara teratur meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

6. Menggunakan kompres dingin untuk mata.

Mata panda atau kantung mata bisa membuat wajah terlihat lelah. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengompres mata menggunakan sendok dingin atau kantong teh celup bekas yang didinginkan di lemari es. Menurut Healthline, kompres dingin ini dapat mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan membuatnya terlihat lebih segar.

7. Melakukan Pijatan Wajah Secara Rutin.

cara glow up tanpa skincare  2024 freepik.com

cara glow up tanpa skincare
freepik.com

Pijatan wajah membantu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang produksi kolagen, yang membuat kulit lebih kencang dan cerah. Kamu bisa menggunakan jari-jari tangan untuk memijat lembut area wajah dengan gerakan melingkar selama 5-10 menit setiap hari. Kamu bisa pakai teknik pijat gua sha yang juga dilakukan di rumah untuk efek lifting yang lebih baik.

8. Mengelola asupan gula dan garam.

Terlalu banyak gula dan garam dalam diet harian bisa membuat kulit tampak kusam dan bengkak. Gula dapat memecah kolagen, sedangkan garam dapat menyebabkan retensi air dan membuat wajah terlihat bengkak. Berdasarkan penjelasan yang dilansir dari Cleveland Clinic, menyarankan untuk mengurangi asupan gula dan garam serta memperbanyak makanan alami seperti sayuran dan protein tanpa lemak untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing.

9. Lakukan eksfoliasi alami dengan bahan dapur.

Cara glow up dalam 1 minggu tanpa skincare yang terakhir adalah dengan melakukan eksfoliasi alami menggunakan bahan dapur seperti oatmeal, kopi, atau gula pasir yang dicampur dengan madu atau minyak kelapa. Eksfoliasi ini membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel, sehingga kulit terlihat lebih cerah. Mengutip dari Allure merekomendasikan eksfoliasi 1-2 kali seminggu untuk menghindari iritasi.

(brl/ola)

tags

STORIES