5 Cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi, pakai minyak kelapa

5 Cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi, pakai minyak kelapa

Brilio.net - Seperti yang diketahui bahwa bayi memiliki kulit sensitif. Kulit bayi begitu sensitif terhadap cuaca, alergi, iritasi, dan infeksi ini membuat bayi rentan mengalami ruam atau bintik merah pada wajah bayi.

Biasanya, bintik itu juga memiliki permukaan yang mengkilap, dan kadang melepuh, serta mengeluarkan air. Bintik merah pada pipi bayi atau kadang di hidung dan dahi bayi di usia pertama kelahirannya, bisa memburuk sebelum hilang sepenuhnya dalam hitungan minggu atau bulan.

Dilansir National Health Services bintik merah pada bayi dapat disebabkan karena ruam dengan suhu tinggi atau heat rush, campak, aleri, cacar air, milia, hingga jerawat bayi. Tak hanya orang dewasa, bayi juga dapat mengalami jerawat pada wajahnya. Jerawat ini bisa muncul di pipi, hidung dan dahi.

Jerawat bayi dapat muncul dalam waktu satu bulan setelah lahir tetapi biasanya akan membaik setelah beberapa minggu atau bulan. Menurut American Academy of Dermatology, jerawat bayi ini akan mempengaruhi sekitar 20 persen bayi baru lahir,

Banyak hal dapat menjadi penyebab bintik merah pada bayi ini. Namun kebanyakan dari hal ini tak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Meski begitu ada juga bintik merah atau ruam yang dapat mengindikasikan penyakit yang lebih serius. Jenis bintik merah pada bayi beraneka ragam, sehingga cara mengatasinya harus sesuai dengan jenisnya.

Bintik merah pada bayi bisa disebabkan oleh hal yang tidak begitu mengkhawatirkan, seperti biang keringat. Di sisi lain penyebabnya bisa mengkhawatirkan, seperti meningitis.

Untuk mengatasi bintik merah pada bayi, orang tua harus paham betul dengan jenisnya. Dengan begitu, penanganan bisa lebih tepat dan proses penyembuhannya optimal. Seperti yang akan brilio.net rangkum dari berbagai sumber, berikut lima cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi, Senin (4/4).

1. Kompres dengan air dingin.

Cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi freepik.com

foto: freepik.com

Jika bayi memiliki bintik-bintik merah pada wajahnya, jelas akan membuat bayi merasakan gatal dan tidak nyaman sehingga akan mudah menangis. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengompresnya dengan air dingin. Air dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan bintik merah pada kulit si kecil.

Gunakan kain kompres yang bersih dan lembut, kemudian rendam ke air dingin. Jangan letakkan es langsung ke kulit si kecil karena dapat menyebabkan radang dingin dan merusak kulitnya.

2. Gunakan minyak kelapa murni.

Cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi freepik.com

foto: freepik.com

Minyak kelapa murni kaya akan asam lemak monolaurin yang dapat melembapkan sekaligus menghilangkan bakteri penyebab ruam atau eksim pada wajah bayi. Mengutip dari National Eczema, minyak kelapa memiliki kemampuan untuk menembus kulit secara cepat.

Tidak hanya itu, minyak kelapa juga efektif mengurangi bakteri, jamur, dan virus. Minyak kelapa juga memiliki manfaat sebagai antiradang yang melindungi kulit bayi. Mengoleskan minyak kelapa murni selama delapan minggu juga meningkatkan hidrasi kulit pada anak dan bayi baru lahir yang menderita eksim atau dermatitis atopik.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada kapas lalu usapkan secara perlahan pada wajah bayi yang mengalami ruam tunggu beberapa saat kemudian bersihkan dengan air dingin.

3. Oleskan minyak zaitun ekstra virgin.

Cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi freepik.com

foto: freepik.com

Minyak zaitun dikenal sebagai pembersih alami yang dapat mengatasi masalah kulit. Minyak zaitun mengandung oleocanthal yang bersifat anti-inflamasi pada kulit. Kandungan antioksidan dan Vitamin E nya juga dapat membantu pembaruan dan penyembuhan bintik pada wajah si kecil.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan air bersih. Ambil cairan ini menggunakan kapas lalu oleskan pada wajah bari yang mengalami bintik merah. Setelah itu diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

4. Pilih produk bayi yang mengandung Shea Butter.

Cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa shea butter adalah salah satu bahan skincare yang dapat membantu melembapkan kulit. Shea butter diperkaya dengan kandungan vitamin A dan E yang dapat membantu pembentukan kolagen pada kulit dan juga anti-inflamasi. Selain mengatasi iritasi dan bintik, shea butter juga membantu memperkuat lapisan pelindung pada kulit bayi dari sinar matahari.

Kamu bisa menggunakan cream khusus untuk bayi agar ruam tersebut bisa segera hilang, bahkan bisa menjaga kulit bayi tetap lembut dan sehat. Namun kamu juga harus lebih teliti dalam memilih produk untuk bayi, sebaiknya pilih produk yang tidak mengandung pewarna, pewangi, dan bahan kimia dapat mengiritasi kulit dan pernapasan bayi. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bio oil untuk meredam rasa gatal pada kulit bayi.

5. Oleskan beberapa tetes ASI.

Cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi freepik.com

foto: freepik.com

ASI memang kaya akan nutrisi, tapi tahukah ternyata ASI juga dapat menyembuhkan bintik merah di wajah si kecil. ASI mengandung imunoglobin yang bagus untuk melawan segala infeksi. Dilansir dari situs Firstcry Parenting kandungan lemak dalam ASI termasuk lemak yang merupakan bahan utama perawatan kulit seperti pelembap.

Lemak ini sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut bayi. Tak hanya itu, ASI mengandung asam palmitat, asam lemak jenuh, yang merupakan pelembap yang sangat baik. Ini juga mengandung asam lemak omega yang disebut asam oleat yang ditemukan dalam jaringan manusia.

Jadi, manfaat mandi ASI dapat menyembuhkan kulit kering dan mengurangi gatal pada bayi, serta mengatasi bintik merah pada bayi. Kamu cukup mengoleskan beberapa tetes ASI pada bintik merah dan ruam pada bayi. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air dingin.

(brl/lea)

tags

STORIES