7 Ciri-ciri jerawat karena tidak cocok skincare dan cara mengatasinya auto kulit tenang kembali

7 Ciri-ciri jerawat karena tidak cocok skincare dan cara mengatasinya auto kulit tenang kembali

Brilio.net - Salah satu penyebab munculnya jerawat tidak hanya bakteri saja. Namun bisa muncul dari faktor lain, seperti halnya ketidakcocokan dengan produk skincare. Penggunaan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau bahan yang terkandung di dalamnya menyebabkan reaksi yang tidak diinginkan, seperti munculnya jerawat. Mengenali ciri-ciri jerawat karena tidak cocok skincare sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit lebih lanjut dan memastikan bahwa kulit mendapatkan perawatan yang tepat.

Mengetahui ciri-ciri jerawat membantu kamu untuk lebih waspada dalam memilih produk skincare. Sebelum mencoba produk baru, penting untuk melakukan patch test untuk melihat apakah ada reaksi negatif pada kulit. Jika sudah terlanjur mengalami masalah, hentikan penggunaan produk yang dicurigai dan fokus pada produk yang memiliki bahan-bahan yang lebih lembut dan menenangkan kulit.

Nah, berikut ini ada tujuh ciri-ciri jerawat yang tidak cocok dengan skincare, sebagaimana briliobeauty.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (7/8).

1. Jerawat muncul di tempat yang tidak biasa

ciri jerawat karena tidak cocok skincare  2024 freepik.com

ciri jerawat karena tidak cocok skincare
freepik.com

Jika jerawat muncul di area wajah yang biasanya bersih dari jerawat, hal ini bisa menjadi tanda bahwa skincare yang kamu gunakan tidak cocok. Misalnya, jika biasanya jerawat muncul di dagu, tetapi tiba-tiba muncul di dahi atau pipi, bisa menjadi indikator adanya iritasi atau alergi terhadap produk tertentu.

Cara mengatasinya yaitu hentikan penggunaan produk yang dicurigai dan beri waktu kulit kamu untuk pulih. Coba gunakan produk dengan bahan yang lebih lembut dan hypoallergenic. kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk yang sesuai.

2. Jerawat berwarna merah dan meradang.

Jerawat yang muncul akibat ketidakcocokan skincare biasanya berwarna merah, meradang, dan terasa sakit saat disentuh. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh reaksi kulit terhadap bahan-bahan yang tidak sesuai.

Agar jerawat tak meradang lagi, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan antiinflamasi seperti niacinamide atau aloe vera untuk meredakan peradangan. Hindari produk yang mengandung alkohol atau parfum karena dapat memperburuk kondisi kulit.

3. Munculnya jerawat kecil-kecil yang banyak.

ciri jerawat karena tidak cocok skincare  2024 freepik.com

ciri jerawat karena tidak cocok skincare
freepik.com

Kamu pernah mengalami jerawat kecil-kecil yang tiba-tiba muncul di area luas? Perlu kamu waspadai, hal tersebut bisa menjadi tanda reaksi alergi atau iritasi terhadap skincare. Jerawat jenis ini sering disebut sebagai 'purging' namun perlu diwaspadai jika berlangsung terlalu lama.

Menghindari masalah purging, kamu perlu melakukan patch test sebelum mencoba produk baru untuk menghindari reaksi negatif. Jika sudah terlanjur terjadi, hentikan penggunaan dan biarkan kulit beristirahat. Kamu juga bisa mencoba produk dengan bahan alami dan tanpa tambahan bahan kimia keras.

4. Kulit Terasa Gatal dan Perih

Selain jerawat, kulit yang tidak cocok dengan skincare seringkali terasa gatal dan perih. Sensasi ini muncul karena adanya reaksi iritasi terhadap bahan-bahan dalam produk yang digunakan.

Sementara itu, cara mengatasinya yaitu cukup menghindari menggaruk area yang gatal karena dapat memperburuk kondisi kulit dan menyebabkan infeksi. Gunakan kompres dingin untuk meredakan rasa gatal dan perih. Pilih produk dengan kandungan yang menenangkan seperti chamomile atau green tea.

5. Kulit menjadi lebih kering atau berminyak.

ciri jerawat karena tidak cocok skincare  2024 freepik.com

ciri jerawat karena tidak cocok skincare
freepik.com

Mengutip dari American Academy of Dermatology Association, Rabu (7/8) ketidakcocokan skincare bisa menyebabkan ketidakseimbangan produksi minyak pada kulit. Kulit yang biasanya normal bisa menjadi sangat kering atau sangat berminyak, yang keduanya dapat memicu timbulnya jerawat.

Nah, kamu bisa mengatasi kulit kering dan berminyak dengan menggunakan produk yang menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Perlu kamu ketahui, kulit terlalu kering bisa memakai pelembap mengandung humektan seperti hyaluronic acid. Sedangkan kulit berminyak, gunakan produk yang mengontrol minyak berlebih seperti clay mask.

6. Jerawat disertai dengan bruntusan.

Jerawat yang disertai dengan bruntusan kecil-kecil dengan jumlah banyak adalah tanda iritasi atau alergi terhadap skincare. Bruntusan ini biasanya terasa kasar saat diraba.

Agar bruntusan bisa hilang dan kulit kembali halus, hentikan penggunaan skincare yang memicu. Kamu hanya perlu fokus pada produk yang memiliki sifat menenangkan dan memperbaiki barier kulit. Bahan-bahan seperti ceramide dan centella asiatica bisa membantu mengatasi masalah ini.

7. Jerawat Tidak Kunjung Sembuh

Jika jerawat tidak kunjung sembuh meskipun sudah menggunakan produk skincare yang biasanya efektif, hal ini bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut tidak cocok dengan kulit kamu.

Kamu bisa melakukan evaluasi kembali rutinitas skincare. Hentikan penggunaan produk yang dicurigai dan fokus pada produk yang sudah terbukti aman dan efektif bagi kulit kamu. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran yang tepat.

(brl/ola)

tags

STORIES