9 Cara menghilangkan jerawat tanpa skincare, andalkan bahan alami ini untuk kulit halus

9 Cara menghilangkan jerawat tanpa skincare, andalkan bahan alami ini untuk kulit halus

Brilio.net - Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami banyak orang, tidak hanya remaja tetapi juga orang dewasa. Munculnya jerawat dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti hormon, stres, pola makan, hingga penggunaan produk skincare yang kurang sesuai. Namun bagi sebagian orang, penggunaan produk skincare justru menimbulkan kekhawatiran akan munculnya iritasi atau ketergantungan. Pertanyaan yang sering muncul adalah, cara menghilangkan jerawat tanpa skincare apakah bisa?

Pertanyaan ini penting untuk dijawab, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau ingin menghindari bahan kimia dalam produk skincare. Meski skincare sering dianggap sebagai solusi utama dalam mengatasi jerawat, sebenarnya ada cara lain yang dapat ditempuh tanpa melibatkan penggunaan produk tersebut. Mulai dari perubahan gaya hidup, menjaga kebersihan, hingga mengatur pola makan, dan melakukan perawatan menggunakan bahan alami. Berbagai metode alami membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan jerawat.

Tentu saja, efektivitas metode ini bisa bervariasi tergantung pada jenis kulit dan penyebab jerawat yang dialami. Meskipun ada orang yang berhasil mengatasi jerawat tanpa skincare, beberapa orang mungkin tetap memerlukan bantuan medis atau produk perawatan khusus.

Nah, bagi kamu yang ingin mengatasi jerawat di wajah tanpa menggunakan skincare, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin(2/9).

1. Putih telur.

Cara menghilangkan jerawat tanpa skincare  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Putih telur mengandung enzim lysozyme yang membantu menghilangkan jerawat dan mengangkat komedo. Campurkan putih telur dengan sedikit air lemon, aplikasikan pada wajah seperti masker, dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Lidah buaya (Aloe vera).

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi alami yang membantu mengurangi dan mencegah munculnya jerawat. Gunakan gel lidah buaya sebagai masker pada wajah, biarkan selama 30 menit, dan bilas dengan air bersih.

3. Air perasan lemon.

Cara menghilangkan jerawat tanpa skincare  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Air perasan lemon mengandung asam askorbat yang efektif untuk menghilangkan jerawat. Gunakan air lemon sebagai masker wajah selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4. Madu.

Madu memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Oleskan madu pada wajah selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Mentimun.

Mentimun kaya akan antioksidan, asam amino, dan vitamin yang mengurangi peradangan pada kulit dan pembengkakan akibat jerawat. Gunakan mentimun sebagai masker wajah untuk membantu menghilangkan jerawat. Cara menggunakannya yaitu cuci mentimun dan iris tipis. Letakkan irisan mentimun pada area wajah yang berjerawat selama 10 hingga 15 menit dan bilas menggunakan air biasa.

6. Bawang putih.

Cara menghilangkan jerawat tanpa skincare  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih mengandung zat sulfur yang memiliki sifat antiinflamasi. Oleskan bawang putih pada area berjerawat untuk meredakan peradangan.

7. Cuka apel.

Cuka apel mengandung asam malat yang membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi peradangan. Campurkan cuka apel dengan air dan gunakan sebagai toner.

8. Masker madu dan kayu manis.

Cara menghilangkan jerawat tanpa skincare  2024 freepik.com

foto: freepik.com

kedua bahan ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Madu, khususnya madu mentah kaya akan enzim alami, antioksidan, dan sifat antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Kayu manis memiliki sifat antimikroba yang kuat dan dapat meningkatkan sirkulasi darah, mempercepat penyembuhan kulit berjerawat, dan mengurangi peradangan.

Campurkan madu dengan bubuk kayu manis hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas.

9. Teh hijau.

Teh hijau mengandung antioksidan dan memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Seduh 1 kantong teh hijau dalam air panas selama 3-4 menit. Lalu gunakan kantong teh hijau basah itu sebagai kompres pada area berjerawat.

Dengan konsistensi dan penggunaan rutin, bahan-bahan alami ini dapat membantu kulit kamu menjadi lebih halus dan bebas dari jerawat. Ingatlah untuk selalu melakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan baru pada kulit.

(brl/jad)

tags

STORIES