9 Cara menghilangkan papiloma di wajah

9 Cara menghilangkan papiloma di wajah

Brilio.net - Papiloma atau kutil terkadang muncul di area wajah. Munculnya papiloma di wajah pasti akan sangat mengganggung penampilan kita dan membuat kita tidak percaya diri.

Tidak hanya mengganggu penampilan saja, tetapi munculnya papiloma di wajah terkadang membuat risih. Papiloma sebenarnya tidak hanya muncul di area wajah. Papiloma bisa muncul di bagian seperti leher, tangan, atau bagian tubuh lainnya.

Papiloma sering disebut dengan kutil merupakan sebuah benjolan yang muncul di bagian kulit tubuh tertentu dan termasuk ke dalam non-kanker atau tumor jinak. Papiloma muncul disebabkan karena adanya perkembangan Human Papillomavirus (HPV) dan adanya luka yang memungkinkan untuk terjadi infeksi pada kulit.

Papiloma ini bisa dialami oleh siapa saja, namun yang rentan terkena papiloma sebagaian besar adalah anak kecil. Tetapi tidak memungkiri orang yang memiliki autoimun rendah juga bisa terkena papiloma.

Jenis-jenis papiloma

Papiloma yang tumbuh di wajah memiliki berbagai jenis. Dilansir brilio.net dari Healthline, Minggu (20/2) ada dua jenis papiloma yang biasa muncul di wajah, antara lain:

- Pertama ada papiloma datar. Papiloma ini sering muncul di bagian pipi dan dahi. Papiloma yang satu ini memiliki tekstur yang berbeda dengan jenis papiloma yang lainnya yaitu lebih halus dan tidak begitu menempel di kulit. Selain memiliki tekstur yang halus, jenis ini memiliki warna yang agak kecoklatan.

- Dan yang kedua ada jenis papiloma filiformis (kutil filiformis). Bentuk yang satu ini leih menonjol keluar dengan bentuk runcing dan agak berbulu. Memiliki warna seprti daging yakni merah muda dan sedikit agak gelap. Kutil yang satu ini biasanya sering ditemukan di bagian wajah seperti mulut, hidung dan mata.

Cara menghilangkan papiloma di wajah

Papiloma yang muncul di wajah memang harus segera dihilangkan. Kamu bisa mencoba berbagai cara seperti menggunakan bahan alami atau menghilangkannya melalui langkah medis. Namun saat kamu ingin menghilankan papiloma di wajah sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter spesialis. Karena jika menghilangkan papiloma dengan cara yang salah dapat mengakibatkan dampak negatif.

Saat mengobati papiloma di wajah terutama yang dekat dengan area mata ataupun hidung, harus dilakukan dengan hati-hati. Ada point penting yang harus kamu ketahui sebelum menghilangkan papiloma dengan menggunakan bahan alami.

Terdapat bahan dengan kandunga seperti asam salisilat yang tidak direkomendasikan untuk digunakan. Terutama pada bagian wajah, karena hal ini membuat kulit sensitif kamu terbakar.

Lantas bagaimana cara menghilangkan papiloma di wajah yang aman? Berikut ini cara menghilangkan papiloma yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/2).

1. Cuka sari apel

Cara menghilangkan papiloma Berbagai sumber

foto: Freepik/racool_studio

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel memiliki kandungan asam asetat. Asam asetat yang terkandung dalam cuka sari apel, memiliki sifat antivirus.

Sifat antivirus dapat membantu menghilangkan virus Human Papillomavirus (HPV). Tidak hanya membantu untuk menghilangkan papiloma, tetapi cuka sari apel juga dapat membantu menghilangkan jaringan kulit berlebih.

Cara penggunaanya yaitu dengan cara mencampurkan 2 sdm cuka apel dengan segelas air. Lalu gunakan tisu atau kapas untuk menempelkan cuka apel. Jika sudah, tutup papiloma dengan kain kasa dan diamkan selama satu malam.

2. Bawang putih

Cara menghilangkan papiloma Berbagai sumber

foto: Pixabay/steve buissinne

Bahan dapur yang satu ini membantu kamu untuk menghilangkan papiloma di wajah. Adanya kandungan allicin membuat bawang memiliki kinerja untuk menghancurkan enzim dan patogen.

Untuk cara pengobatan dengan menggunakan bawang, caranya mudah. Haluskan satu siung bawang putih campurkan dengan sedikit air. Dan oleskan ke bagian wajah yang terdapat papiloma. Lakukan cara pengobatan dengan bawang putih secara rutin.

3. Kulit pisang

Cara menghilangkan papiloma Berbagai sumber

foto: Pixabay/alexafotos

Kulit pisang ternyata bisa loh untuk menghilangkan papiloma di wajah. Memang sampai saat ini belum banyak yang tahu kalau kulit pisang memiliki manfaat seperti salah satunya yaitu menghilangkan papiloma. Adanya kandungan encim proteolitik, membuat pisang ampuh untuk menghilangkan papiloma.

Caranya mudah, kamu hanya perlu menggosokan kulit pisang secara langsung ke bagian wajah yang ada papiloma. Namun sebelum melakukan cara ini, tangan harus dalam keadaan bersih. Kamu bisa menggunakan cara ini 2 kali sehari.

4. Kemangi

Cara menghilangkan papiloma Berbagai sumber

foto: Pixabay/konstantinkolosov

Selain sering digunakan untuk dikonsumsi, kemangi mempunyai sifat antivirus. Maka dari itu kemangi berguna untuk menghilangkan Human Papillomavirus.

Caranya, sediakan kemangi beberapa lembar, kemudian haluskan. Setelah dihaluskan tempelkan daun kemangi ke bagian papiloma dan tutup dengan kain kasa. Untuk hasil maksimal lakukan cara ini hingga satu atau dua minggu kedepan secara rutin.

5. Nanas

Cara menghilangkan papiloma Berbagai sumber

foto: Pixabay/security

Cara selanjutnya kamu bisa menggunakan buah nanas. Adanya kandungan zat asam dan enzim dalam buah nanas. Membuat yang satu ini berguna untuk menghilangkan jaringan papiloma pada wajah. Selain itu adanya enzim proteolitik, membantu untuk melarutkan papiloma di wajah. Caranya cukup mengoleskan sari nanas secara rutin ke wajah.

6. Cantharidin

Cara selanjut yaitu dengan menggunakan cara medis. Cara media yang pertama dengan metode cantharidin.

Cantharidin merupakan cara pengobatan yang dilakukan dengan pendampinagan dokter ahli dengan menggunakan bahan kimia. Namun pengobatan ini akan menimbulkan rasa sakit pada bagian wajah yang terdapat papiloma dan tidak semua orang cocok dengan metode pengobatan ini.

7. Krioterapi

Pengobatan secara medis berikut yaitu dengan metode krioterapi atau cryosurgery. Metode ini menggunakan metode penyuntikan atau mengoleskan nitrogen cair ke dalam papiloma. Metode ini dilakukan selama kurang leboh dua sampai tiga minggu.

8. Menggunakan operasi pengangkatan

Menggunakan metode operasi atau pengangkatan sering merupakan metode yang sering digunakan untuk menghilangkan papiloma. Metode ini akan menggunakan pisau bedah untuk mengangkat papiloma.

9. Menggunakan bedah listrik dan kuretase

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan bedah listrik dan kuretase. Cara menghilangkannya yaitu dengan melakukan pembakaran pada papiloma melalui elektrokautersasi. Selain menggunakan metode elektrokauterasisi, juga menggunakan metode pengikisan.

Nah itu lah cara untuk menghilangkan papailoma di wajah yang bisa kamu lakukan. Dilansir brilio.net dari clevelandclinic.org,Minggu (20/2) munculnya papiloma bisa dicegah, yakni dengan cara menghindari mencukur di atas papiloma. Kedua jangan menggigit kuku. Ketiga jangan berbagi barang pribadi seperti handuk, dan pakaian. Ketiga mendapatkan vaksin HPV. Dan keempat jaga kebersihan tubuh.

(brl/lea)

tags

STORIES