9 Kandungan skincare untuk kulit kombinasi dan rekomendasi produknya ini jaga wajah tetap sehat

9 Kandungan skincare untuk kulit kombinasi dan rekomendasi produknya ini jaga wajah tetap sehat

Brilio.net - Kulit kombinasi adalah tipe kulit yang memiliki karakteristik unik, di mana beberapa bagian wajah cenderung berminyak, terutama di zona T (dahi, hidung, dan dagu). Sementara area lainnya mungkin kering atau normal. Merawat kulit kombinasi bisa menjadi tantangan karena memerlukan pendekatan yang seimbang untuk mengatasi dua masalah kulit yang berbeda sekaligus. Memilih produk skincare yang tepat adalah kunci untuk menjaga keseimbangan ini dan memastikan kulit tetap sehat dan terawat.

Pentingnya skincare kulit kombinasi tidak bisa diabaikan. Penggunaan produk yang salah dapat memperburuk kondisi kulit, menyebabkan area berminyak menjadi lebih berminyak dan area kering menjadi lebih kering. Oleh karena itu, memahami kandungan skincare untuk kulit kombinasi sangat penting.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui beberapa bahan skincare untuk kulit kombinasi, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/8).

1.Niacinamide (Vitamin B3).

Kandungan skincare untuk kulit kombinasi  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Menurut penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Dermatology, niacinamide efektif mengontrol produksi sebum sekaligus melembapkan kulit. Hal ini membuatnya ideal untuk kulit kombinasi.

Rekomendasi produk yang punya kandungan ini adalah Somethinc Niacinamide 10% + Moisture Sabi. Serum ini diklaim bisa mencerahkan wajah, melembapkan, dan mengurangi hiperpigmentasi. Serum ini punya kandungan niacinamide dan cocok untuk kulit berminyak. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 125 ribuan.

2. Salicylic Acid.

American Academy of Dermatology menyatakan bahwa salicylic acid efektif membersihkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih, cocok untuk area berminyak pada kulit kombinasi.

Kamu bisa menggunakan Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc 1% Daily Serum. Adanya kandungan salicylic diklaim bisa mengatasi jerawat dan komedo. Harga dari produk ini adalah Rp 148 ribuan.

3. Hyaluronic Acid.

Menurut studi di Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, hyaluronic acid bisa memberikan hidrasi tanpa membuat kulit berminyak, ideal untuk kulit kombinasi.

Produk yang punya kandungan hyaluronic acid salah satunya adalah Wardah Hyaluronic Serum. Maka dari itu, salah satu manfaat dari Wardah Hyaluronic Serum adalah mampu membuat wajah jadi cerah. Kamu bisa mendapatkan produk ini mulai dari harga Rp 100 ribuan.

4. Green Tea Extract.

Kandungan skincare untuk kulit kombinasi  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Penelitian di Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kulit kombinasi. Nah, rekomendasi produk yang bisa kamu gunakan yaitu The Bath Box Green Tea Water Bomb Cream. Produk tersebut bisa digunakan untuk kulit kering, berminyak, dan sensitif. Produk yang bisa melembapkan kulit ini dibanderol mulai dari harga Rp 200 ribuan.

5. Aloe vera.

Aloe vera dikenal memiliki sifat menenangkan dan melembapkan. Menurut Indian Journal of Dermatology, aloe vera efektif untuk berbagai kondisi kulit, termasuk kulit kombinasi.

Kali ini rekomendasi yang bisa kamu gunakan adalah Emina Aloe Vera Gel. Pelembap ini bisa bikin kulit terhidrasi tanpa terasa lengket. Harga dari Emina Aloe Vera Gel adalah Rp 23 ribuan.

6. Centella Asiatica

Centella asiatica atau yang juga dikenal sebagai gotu kola, memiliki sifat antiinflamasi dan memperkuat barrier kulit, menurut studi di Phytomedicine. Kamu bisa menggunakan produk dari Skin Game Cica Serum. Adanya kandungan cica bisa menghidrasi dan menenangkan kulit. Harga dari produk ini berkisar Rp 148 ribuan.

7. Vitamin C.

Kandungan skincare untuk kulit kombinasi  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Selain dikenal sebagai bahan dalam skincare pemutih wajah, vitamin C juga bermanfaat untuk kulit kombinasi. Menurut Nutrients, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas.

Nah, kamu bisa mencoba Lacoco Vitamin C Serum. Selain bisa bikin cerah, serum ini ampuh melembapkan wajah. Harganya dibanderol berkisar Rp 160 ribuan.

8. Ceramide.

Ceramide membantu memperkuat barrier kulit dan menjaga kelembapan. Menurut Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, ceramide penting untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kombinasi.

Sementara itu, produk lokal yang bisa kamu aplikasikan kali ini ada Elsheskin Ceramide Moisturizer. Produk ini diformulasikan untuk mengatasi skin barrier rusak dan menenangkan kulit iritasi. Nah, produk ini bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp 129 ribu.

9. Zinc PCA.

Zinc PCA membantu mengontrol produksi sebum tanpa mengeringkan kulit. Studi di International Journal of Cosmetic Science menunjukkan efektivitas zinc dalam mengurangi kilap pada kulit berminyak.

Kandungan Zinc PCA ini bisa kamu temukan dalam skincare Npure Cica Series Niacinamide + Zinc Serum. Produk ini diklaim bisa atasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, dan dilengkapi dengan teknologi dendrit clear TM. Kamu bisa mendapatkan produk Npure mulai dari harga Rp 170 ribu.

(brl/jad)

tags

STORIES