9 Manfaat daun bidara untuk wajah, bantu meremajakan kulit

9 Manfaat daun bidara untuk wajah, bantu meremajakan kulit

Brilio.net - Manfaat daun bidara untuk wajah perlu kamu ketahui sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Daun bidara atau ziziphus ini merupakan tanaman yang biasa ditemukan di halaman rumah. Siapa sangka, tanaman tersebut memiliki banyak manfaat khususnya untuk kecantikan.

Dilansir dari African Journal of Biotechnology, dalam daun bidara terdapat kandungan flavonoid, alkaloid, saponin, glikosida, dan minyak atsiri yang bagus untuk kesehatan dan juga kecantikan. Ekstra akar daun bidara ternyata juga sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk obat diare.

Selain itu, menurut African Journal of Pharmacy and Pharmacology, ekstrak daun bidara berfungsi sebagai obat kemoterapi untuk mengatasi berbagai masalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Melihat banyaknya manfaat daun bidara untuk kesehatan, yuk intip manfaat daun bidara untuk wajah. Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (5/2).

1. Melembapkan kulit.

Manfaat daun bidara untuk wajah

foto: Pexels/Ali Pazani

Manfaat daun bidara untuk wajah yang pertama adalah untuk melembapkan kulit. Pasalnya daun ini mengandung lemak dan mineral yang bagus untuk menghidrasi kulit. Kamu bisa memanfaatkan daun bidara dengan cara dibuat masker.

Siapkan beberapa lembar daun bidara dan air, lalu haluskan hingga memiliki tekstur seperti pasta. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

2. Menenangkan kulit yang meradang.

Manfaat daun bidara untuk wajah

foto: Pexels/Andrienne Andersen

Kulit yang meradang biasanya disebabkan oleh jerawat yang sudah parah. Selain ditangani di bawah pengawasan dokter, kamu juga bisa mengatasi masalah itu dengan menggunakan daun bidara. Sebab daun bidara memiliki sifat anti inflamasi yang bagus untuk kulit.

Cara penggunaannya cukup mudah, haluskan beberapa lembar daun bidara kemudian oleskan ke wajah yang memiliki jerawat atau iritasi. Diamkan hingga 15 menit, bilas dengan air biasa.

3. Menyembuhkan luka.

Manfaat daun bidara untuk wajah

foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Kandungan anti inflamasi dan antibakteri pada daun bidara juga efektif menyembuhkan luka, salah satunya luka jerawat. Caranya cukup haluskan daun bidara kemudian tempelkan ke area yang luka. Diamkan 5 menit dan bilas dengan air. Daun bidara ini dapat membuat luka cepat mengering.

4. Meremajakan kulit.

Manfaat daun bidara untuk wajah

foto: Pexels/KoolShooters

Manfaat daun bidara untuk wajah selanjutnya adalah dapat meremajakan kulit. Kamu bisa memanfaatkan daun bidara. Sebab dalam daun tersebut mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan. Selain itu, daun tersebut juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengencangkan kulit.

Caranya siapkan segenggam daun bidara lalu haluskan dan campur dengan satu sendok makan madu, lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

5. Mencegah penuaan dini.

Manfaat daun bidara untuk wajah

foto: Pexels/Sora Shimazaki

Masalah kulit kendur dan hiperpigmentasi salah satu tanda penuaan dini. Kamu Bisa memanfaatkan daun bidara untuk mencegah penuaan di wajah. Kandungan vitamin C dalam daun bidara sangat bagus untuk mengencangkan kulit dan membuat kulit lebih segar.

Caranya campurkan pasta daun bidara dengan air lemon, aduk hingga rata dan oleskan pada wajah secara merata, lalu diamkan 15 menit dan bilas dengan air biasa.

6.Mampu mencerahkan kulit.

Manfaat daun bidara untuk wajah

foto: Pexels/Sora Shimazaki

Memiliki kulit yang cerah merupakan dambaan setiap orang. Untuk itu, kamu perlu rutin menggunakan skincare untuk membuat wajah tetap cerah. Salah satunya dengan menggunakan daun bidara. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada daun bidara mampu mengatasi kerusakan sel akibat radikal bebas. Caranya siapkan pasta daun bidara kemudian oleskan ke wajah secara merata. Lakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu.

7. Menghaluskan kulit.

Manfaat daun bidara untuk wajah

foto: Freepik/lifeforstock

Masalah kulit seperti kusam dan kasar kadang dialami oleh sebagian orang. Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa membuat wajah kamu cerah dan halus dengan daun bidara. Perawatan kecantikan ini cukup efektif untuk mengembalikan kehalusan kulit kamu yang sempat memburuk karena gaya hidup.

Kamu bisa menggunakan pasta daun bidara yang dicampur dengan perasan jeruk lemon. Kemudian oleskan ke wajah secara merata, diamkan 10 menit dan bilas dengan air biasa.

8. Mengatasi bibir pecah-pecah.

Manfaat daun bidara untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Bibir memiliki kulit yang sangat tipis, tak jarang kulit bibir sering mengalami masalah seperti kering, pecah-pecah, keriput, hingga mengalami perubahan warna. Kamu bisa mengatasi bibir pecah-pecah dengan daun bidara. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mengembalikan kesehatan kulit bibir.

Caranya, oleskan pasta daun bidara dengan madu, diamkan 10 menit dan bilas dengan air biasa. Kamu bisa lakukan perawatan ini saat malam hari sebelum tidur.

9. Mengatasi jerawat.

Manfaat daun bidara untuk wajah

foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Jerawat jadi salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Jerawat terjadi karena kelenjar minyak atau sebum tersumbat oleh kotoran di pori-pori sehingga menyebabkan peradangan dan jerawat. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada daun bidara dapat meredakan jerawat.

Caranya, siapkan pasta daun bidara kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

(brl/tin)

tags

STORIES