9 Manfaat niacinamide untuk wajah, membantu menyamarkan noda hitam

9 Manfaat niacinamide untuk wajah, membantu menyamarkan noda hitam

Brilio.net - Niacinamide menjadi salah satu bahan yang tidak asing karena kerap digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai produk kecantikan wajah. Niacinamide atau nicotinamide merupakan bentuk lain dari vitamin B3 yang berperan penting untuk memenuhi nutrisi dalam kulit.

Nggak heran, jika niacinamide memang menjadi bahan andalan untuk berbagai brand kecantikan dan menjadi salah satu bahan favorit. Karena manfaat dari niacinamide adalah untuk mencerahkan kulit, mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, dan berguna untuk mengobati jerawat di wajah.

Berikut ini adalah manfaat niacinamide untuk wajah yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/02).

1. Menyamarkan noda hitam.

Manfaat niacinamide untuk wajah  2022 brilio.net

foto: Freepik/cookie_studio

Manfaat dari niacinamide yang pertama yaitu dapat membantu untuk menyamarkan noda hitam di wajah. Niacinamide dapat digunakan untuk mencerahkan kulit karena cara kerja niacinamide yang merangsang produksi kolagen kulit. Maka dari itu noda hitam yang ada di wajah karena bekas jerawat bisa disamarkan.

2. Mengurangi garis halus.

Manfaat niacinamide untuk wajah  2022 brilio.net

foto: Pexels/ronlach

Garis halus yang suka muncul di wajah memang meresahkan dan membuat tidak percaya diri. Namun munculnya garis halus di wajah menjadi sebuah hal yang normal terjadi. Untuk mengatasi permasalahan wajah yang satu ini niacinamide bisa menjadi pilihan utama. Karena memiliki kemampuan yang ampuh untuk mengurangi garis halus di wajah. Produk yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi garis halus di wajah adalah rangkaian skincare seperti pelembap dan penggunaan krim mata. Kedua skincare tersebut bisa membantu kamu untuk mengatasi garis halus yang berada di wilayah bawah mata.

3. Hiperpigmentasi teratasi.

Manfaat niacinamide untuk wajah  2022 brilio.net

foto: Pexels/annashvets

Penyebab utama dari adanya hiperpigmentasi karena produksi melanin yang melebihi jumlah normal. Produksi melanin akan bertambah lebih banyak pada saat terpapar sinar matahari. Dengan menggunakan skincare berbahan utama niacinamide, akan membuat proses produksi melanin di dalam kulit lebih terlambat. Maka dari itu menggunakan bahan skincare niacinamide akan mengurangi hiperpigmentasi.

4. Mengecilkan pori-pori yang membesar.

Manfaat niacinamide untuk wajah  2022 brilio.net

foto: Freepik/benzoix

Manfaat niacinamide selanjutnya yaitu dapat mengecilkan pori-pori yang membesar. Pori-pori membesar biasanya sering terjadi pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Dengan menggunakan produk skincare berbahan utama niacinamide secara rutin, pori-pori di wajah perlahan akan mengecil. Tidak hanya mengecilkan pori-pori yang membesar, kandungan niacinamide pada produk sebesar 20% akan membuat kulit menjadi halus.

5. Ampuh mengatasi jerawat.

Manfaat niacinamide untuk wajah  2022 brilio.net

foto: Freepik/Jpointstudio

Selain dapat mengecilkan pori-pori di wajah, niacinamide sangat ampuh untuk mengatasi jerawat. Tidak hanya itu saja, niacinamide juga bisa membantu untuk mengatasi permasalahan kulit seperti eksim dan rosacea. Dengan menggunakan niacinamide, jerawat parah yang muncul di wajah akan sembuh dan kulit wajah secara bersamaan akan diperbaiki oleh niacinamide.

6. Mengurangi eksim.

Manfaat niacinamide untuk wajah  2022 brilio.net

foto: Freepik/user18526052

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, niacinamide yang mengatasi permasalahan wajah seperti eksim. Eksim merupakan reaksi alergi kulit yang muncul dengan ditandai ruam kemerahan dan gatal. Eksim biasanya sering menyerang pada beberapa jenis kulit tertentu. Seperti kulit kering dan sensitif. Orang yang sudah pernah terkena eksim, besar kemungkinan bisa terkena sebanyak dua kali.

Dengan menggunakan niacinamide pada skincare kamu, eksim bisa berguna untuk memperbaiki lapisan kulit yang rusak. Selain memperbaiki lapisan kulit yang rusak, niacinamide juga akan mengatasi iritasi pada kulit yang disebabkan oleh eksim dan membuat kulit kembali jadi lembap.

7. Menunda penuaan dini.

Manfaat niacinamide untuk wajah  2022 brilio.net

foto: Pexels/ronlach

Dilansir brilio.net dari Healthline, Rabu (16/02) niacinamide berguna untuk meminimalisir garis halus dan kerutan. Niacinamide diformulasikan untuk membantu kerusakan yang disebabkan karena paparan sinar matahari sebagai penyebab utama dari penuaan dini. Niacinamide bekerja dengan cara memperbaiki kulit yang rusak dan kulit kering dengan cara mengembalikan kekenyalan kulit. Penggunaan bahan niacinamide ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai jenis kulit sensitif.

8. Mengencangkan kulit.

Manfaat niacinamide untuk wajah  2022 brilio.net

foto: Pexels/ronlach

Manfaat selanjutnya yaitu membantu kulit kamu semakin kencang. Kulit wajah kencang merupakan dambaan bagi setiap wanita. Niacinamide memiliki kinerja untuk membentuk keratin di dalam kulit. Keratin merupakan salah satu jenis protein, berguna untuk membuat wajah menjadi kencang. Sebelum menggunakan niacinamide untuk mengencangkan kulit, kamu harus perhatikan terlebih dahulu jenis kulit yang kamu miliki.

9. Menghambat produksi minyak.

Manfaat niacinamide untuk wajah  2022 brilio.net

foto: Pixabay/alexandrivanov

Kemampuan lain dari niacinamide yakni berguna untuk menghidrasi kulit. Jika hidrasi kulit terjaga dengan baik, maka akan membantu menghambat proses produksi minyak berlebih di wajah. Dan produksi minyak akan lebih terkontrol. Produksi minyak yang terkontrol akan membuat kulit wajah kamu lebih sehat dan wajah pun akan terhindari dari permasalahan seperti munculnya jerawat.

(brl/far)

tags

STORIES