9 Rekomendasi skincare yang mengandung salicylic acid ini bantu hempaskan jerawat

9 Rekomendasi skincare yang mengandung salicylic acid ini bantu hempaskan jerawat

Brilio.net - Salicylic acid telah menjadi bahan andalan dalam dunia perawatan kulit. Senyawa ini termasuk dalam keluarga beta hydroxy acid (BHA), memiliki kemampuan unik untuk menembus pori-pori dan membersihkan kotoran secara mendalam.

Salicylic acid bekerja sebagai exfoliant kimia, membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori tersumbat. Proses ini sangat efektif untuk mengatasi jerawat, komedo, dan masalah kulit berminyak. Mengutip dari penelitian dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, Kamis (25/7), menunjukkan bahwa salicylic acid efektif mengurangi keparahan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru.

Konsentrasi salicylic acid dalam produk skincare bervariasi, umumnya antara 0,5% hingga 2%. Penggunaan pada konsentrasi yang tepat dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi peradangan, dan menyeimbangkan produksi sebum. Selain manfaat antijerawat, salicylic acid juga memiliki sifat antiinflamasi. Hal ini membuat salicylic acid berguna untuk mengatasi kondisi kulit kemerahan dan iritasi.

Meski efektif, penggunaan salicylic acid perlu hati-hati. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan kulit kering atau iritasi, terutama pada kulit sensitif. Penting untuk memulai dengan konsentrasi rendah dan meningkatkan secara bertahap sesuai toleransi kulit.

Salicylic acid juga dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya sangat dianjurkan saat menggunakan produk dengan bahan ini.

Berbagai bentuk skincare mengandung salicylic acid, termasuk pembersih wajah, toner, serum, dan pelembap. Pemilihan produk harus disesuaikan dengan jenis kulit dan masalah spesifik yang ingin diatasi.

Nah, berikut ini ada 9 rekomendasi skincare yang mengandung salicylic acid terbaru dengan harga di bawah Rp 200 ribu, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/7).

1. Acnes Sealing Jell.

skincare yang mengandung salicylic acid berbagai sumber

foto: rohto.co.id

Acnes Sealing Jell merupakan skincare salicylic acid yang bisa meredakan jerawat. Selain itu, Acnes Sealing Jell juga dibekali dengan kandungan isopropyl methylphenol dan sulfur. Kedua bahan kandungan itu bisa mengurangi peradangan dan kemerahan, mengeringkan jerawat dengan cepat, dan mencegah timbulnya jerawat baru. Hanya dengan harga Rp 16 ribu kamu sudah bisa mendapatkan produk ini.

2. Clean & Clear Active Clear Acne Clearing Cleanser.

Clean & Clear Active Clear Acne Clearing Cleanser merupakan pembersih wajah yang punya kandungan salicylic acid dan glycerin. Kombinasi dari kedua bahan ini bisa membersihkan kotoran dan minyak berlebih, membantu mencegah jerawat, dan melembapkan kulit. Harga dari Clean & Clear Active Clear Acne Clearing Cleanser bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 15 ribu.

3. Emina Ms Pimple Acne Solution Spot Gel.

Emina Ms Pimple Acne Solution Spot Gel memiliki kandungan utama berupa salicylic acid dan allantoin. Selain itu, adanya kandungan niacinamide dapat mengurangi jerawat dan bekas jerawat, menenangkan kulit yang iritasi, dan membantu mencerahkan kulit. Emina Ms Pimple Acne Solution Spot Gel dibanderol dengan harga Rp 37 ribuan.

4. Garnier Pure Active Anti-Acne White Acne & Oil Clearing Foam.

skincare yang mengandung salicylic acid berbagai sumber

foto: garnier.co.id

Garnier Pure Active Anti-Acne White Acne & Oil Clearing Foam diklaim bisa mengatasi wajah berjerawat. Pasalnya memiliki kandungan utama berupa salicylic acid dan herba repair. Garnier Pure Active Anti-Acne White Acne & Oil Clearing Foam juga dipercaya bisa membersihkan kotoran dan minyak berlebih, mencegah jerawat, dan mencerahkan bekas jerawat. Sementara itu, cuma dengan harga Rp 15 ribu kamu sudah bisa mendapatkan Garnier Pure Active Anti-Acne White Acne & Oil Clearing Foam.

5. The Body Shop Tea Tree Oil.

The Body Shop Tea Tree Oil merupakan produk yang digunakan untuk merawat wajah berjerawat. Dengan kandungan salicylic acid, The Body Shop Tea Tree Oil ampuh mengurangi jerawat dan bekasnya. Selain itu, adanya kandungan berupa tea tree oil mampu melembapkan dan menenangkan kulit iritasi. Sementara itu, harga dari The Body Shop Tea Tree Oil adalah Rp 150 ribuan.

6. Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash.

skincare yang mengandung salicylic acid berbagai sumber

foto: Shopee/Mimosa Cosmetic

Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash punya kandungan berupa salicylic acid, ekstrak daun neem, dan kunyit. Kombinasi beberapa bahan ini mampu mengontrol minyak berlebih dan membersihkan kotoran. Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash bisa mencegah munculnya jerawat dan menjaga kesegaran kulit. Nah, harga dari produk ini adalah Rp 25 ribuan.

7. Some By Mi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner.

Some By Mi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner dibekali dengan kandungan salicylic (BHA) yang berperan sebagai eksfoliasi ringan. Dengan adanya kemampuan tersebut, produk ini bisa membersihkan pori-pori kulit dan mencerahkan wajah. Toner yang merupakan produk asal Korea ini dijual dengan harga berkisar Rp 189 ribuan.

8. Acne Solution Moisturizer by Wardah.

Acne Solution Moisturizer by Wardah dilengkapi dengan salicylic acid, sehingga mampu mencegah dan mengatasi jerawat. Moisturizer lokal ini juga dibekali dengan derma cleanse actives dan aloe vera, sehingga bisa melembapkan kulit. Tertarik menggunakan Acne Solution Moisturizer by Wardah? Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 38 ribu untuk membelinya.

9. Mineral Botanica Acne Care Serum.

Mineral Botanica Acne Care Serum merupakan serum yang diformulasikan dengan kandungan niacinamide. Serum ini juga mengandung salicylic acid dan centella asiatica, sehingga secara langsung bisa mengurangi jerawat dan mempercepat proses penyembuhan. Nah, Mineral Botanica Acne Care Serum dibanderol mulai dari harga Rp 115 ribuan.

(brl/jad)

tags

STORIES