Alami breakout hingga merah karena faktor hormonal, cewek ini beri cara sembuhkan jerawat di wajahnya

Alami breakout hingga merah karena faktor hormonal, cewek ini beri cara sembuhkan jerawat di wajahnya

Brilio.net - Ada banyak permasalahan kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan. Salah satunya adalah breakout. Breakout adalah kondisi ketika kulit mengalami iritasi dan berjerawat. Bukan tanpa alasan, kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti hormonal, paparan produk kimia, hingga cuaca, dan kurangnya menjaga kebersihan wajah.

Mengalami breakout karena faktor hormonal memang cukup sering dialami oleh kebanyakan orang, khususnya remaja. Biasanya akan ditandai dengan munculnya banyak jerawat yang meradang hingga kemerahan. Nah, kondisi ini juga disebut dengan jerawat hormonal.

Sesuai dengan namanya, penyebab munculnya jerawat hormonal adalah hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon ini akan membuat kelenjar minyak memproduksi sebum secara berlebih, sehingga bakteri akan lebih mudah untuk berkembang biak. Nah, minyak berlebih, bakteri, dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit inilah yang akhirnya menyebabkan jerawat hormonal muncul.

Seperti halnya yang dialami oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @dreamorebeaute, yang membagikan kisahnya saat mengalami breakout akibat faktor hormonal dan salah pakai skincare. Tak hanya itu saja, melalui unggahannya tersebut, pemilik akun juga memberikan cara sembuhkan jerawat di wajahnya.

Cewek alami breakout karena faktor hormonal bagikan cara mengatasinya TikTok

foto: TikTok/@dreamorebeaute

"Ikutin perjalanan muka aku yuk. Dulu jerawatan begini karna hormonal dan salah pake skincare," tulis pemilik akun dalam unggahannya, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @dreamorebeaute, Selasa (9/7).

Unggahannya diawali dengan potret sang pemilik akun yang memiliki wajah kemerahan penuh jerawat. Kondisinya tersebut semakin parah hingga wajah terasa perih, gatal, dan sakit. Bahkan sang pemilik akun juga mengungkapkan jika jerawat di wajahnya membuatnya sulit tidur. Seiring waktu, bukannya sembuh, jerawatnya justru muncul lebih banyak.

"Perlahan mulai kering tapi hilang satu tumbuh seribu. Kadang sedih kok ga berhenti ya jerawatnya numbuh," kata pemilik akun.

Cewek alami breakout karena faktor hormonal bagikan cara mengatasinya TikTok

foto: TikTok/@dreamorebeaute

Meski begitu, cewek dalam unggahan tersebut tetap konsisten merawat wajahnya dengan menggunakan basic skincare. Hingga akhirnya, jerawat di wajahnya perlahan mulai kering dan tinggal bekas jerawatnya saja.

"Seneng bgt makin lama makin pudar tetap selalu nerapin basic skincare yah. Aku cuma pake sabun cuci muka, sunscreen, dan toner khusus jerawat," ungkap sang cewek.

Nah, karena jerawat meradang di wajahnya mulai berhenti tumbuh, cewek tersebut memutuskan untuk melakukan treatment PRP untuk menghilangkan bekas jerawat atau bopeng di wajahnya. Alhasil, kondisi wajahnya semakin membaik. Bahkan jerawat meradang dan bopeng di wajahnya mulai memudar dan wajahnya jadi kembali mulus.

Cewek alami breakout karena faktor hormonal bagikan cara mengatasinya TikTok

foto: TikTok/@dreamorebeaute

Kuncinya, cewek tersebut tetap konsisten merawat wajahnya menggunakan basic skincare, melakukan treatment penghilang bopeng, serta rajin memakai toner khusus jerawat. Toner khusus jerawat yang dimaksud adalah yang mengandung niacinamide, tea tree extract, hingga aloe vera gel.

"MasyaAllah ini kulit muka aku skrg. Masih dengan ikhtiar yg sama, aku selalu terapin basic skincare. Sabun sunscreen, toner khusus jerawat," celetuk pemilik akun.

Berkat kisahnya tersebut, video unggahannya langsung viral hingga ditonton sebanyak 146,4 ribu kali dan menuai berbagai komentar dari warganet.

"aku juga jerawat hormon kak. pingin. nyoba retinol kok jd takut yaa. mana udah beli lagii," kata akun @swannnlake._.

"ini beneran ga si kak, udh cape bngt sama jerawat dan bekasnya," celetuk akun @miegorengg803.

"org2 kok bisa ya ngilangin bekas jerawat . aku 2 tahun bekas gak ilang2 udh coba ganti2 skincare gak ada yg mempan," ungkap akun @pricillia991.

(brl/far)

tags

STORIES