Ampuh atasi hiperpigmentasi, ini 9 manfaat ekstrak bunga sakura untuk kecantikan

Ampuh atasi hiperpigmentasi, ini 9 manfaat ekstrak bunga sakura untuk kecantikan

Brilio.net - Kulit wajah yang sehat dapat membuat kamu merasa lebih percaya diri dan nyaman dalam beraktivitas. Namun, mengingat banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan kulit wajah, seperti pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat serta polusi, menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan terawat membutuhkan perhatian khusus.

Sama seperti tubuh, kulit wajah juga membutuhkan asupan nutrisi untuk menjaganya agar tetap sehat dan terawat. Salah satu upaya untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat adalah dengan melakukan perawatan wajah.

Sayangnya, untuk merawat wajah agar tetap sehat, kebanyakan orang terjebak pada penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya. Padahal, penggunaan bahan alami untuk perawatan kulit wajah dapat memberikan banyak manfaat dan menjadi alternatif yang lebih aman dan sehat.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit wajah adalah ekstrak bunga sakura. Bunga ini punya warna pink yang jadi ciri khasnya. Simbol keindahan alam Jepang yang dihargai oleh banyak orang di seluruh dunia ini hanya mekar selama beberapa minggu setiap musim semi.

Selain sebagai bunga hias yang populer, ekstrak bunga sakura juga digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan dan kesehatan. Berikut beberapa manfaat ekstrak bunga sakura untuk kecantikan, sebagaimana briliobeauty.net kutip dari berbagai sumber, Rabu (3/5).

Mgg: Jessica Tosya

1. Melembapkan wajah.

manfaat ekstrak bunga sakura  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Bunga sakura mengandung Hyaluronic acid yang dapat menjaga kelembapan kulit dengan menarik air dari tubuh dan udara, sehingga sel-sel kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu, kandungan PHA pada bunga sakura dapat membantu mencerahkan kulit dan menyeimbangkan warna kulit yang tidak merata dengan menghambat produksi melanin.

Produk yang mengandung ekstrak bunga sakura ini juga dapat membersihkan kulit wajah dan leher serta menjaga kelembapan kulit sehingga kulit terlihat lebih sehat dan terawat.

2. Meratakan warna kulit.

manfaat ekstrak bunga sakura  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Ekstrak sakura mengandung BHA yang berperan dalam menjaga kelembapan wajah dan mengandung ekstrak tumbuhan sebagai antipolutan. Kandungan ini dapat membersihkan wajah secara efektif sehingga kulit terlihat lebih bersih, segar, dan terjaga.

Selain itu, BHA pada bunga ini juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di wajah. Proses pengangkatan sel-sel kulit mati tersebut membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersih. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih cerah dan merona.

3. Menjaga elastisitas dan kelembutan kulit.

manfaat ekstrak bunga sakura  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Bunga sakura tak hanya dapat menekan produksi melanin pada kulit, tetapi juga memiliki kandungan antiglycation agent dan asam lemak yang bermanfaat merangsang produksi kolagen pada kulit. Kolagen adalah protein yang sangat dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga elastisitas, kekenyalan, dan kelembutannya. Dengan menjaga produksi kolagen, bunga sakura dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terlihat lebih muda.

4. Antiaging.

manfaat ekstrak bunga sakura  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Bunga sakura tidak hanya membantu mencerahkan dan menjaga kekenyalan kulit, tetapi juga terbukti dapat memperlambat proses penuaan atau biasa disebut antiaging. Beberapa penelitian menunjukkan, bunga sakura mengandung senyawa antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat mempercepat penuaan kulit. Dengan demikian, penggunaan produk yang mengandung bunga sakura dapat membantu menjaga kulit agar terlihat awet muda dan sehat.

5. Meredakan iritasi.

manfaat ekstrak bunga sakura  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika kamu pernah mengalami iritasi kulit karena infeksi bakteri, paparan sinar UV, atau tidak cocok pada produk skincare, tidak perlu khawatir karena bunga sakura dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Kandungan antiinflamasi pada bunga sakura bisa menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi dan mencegah terjadinya peradangan pada kulit.

6. Mengecilkan pori-pori.

manfaat ekstrak bunga sakura  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Bunga sakura juga memiliki manfaat untuk menyamarkan pori-pori pada kulit wajah, sehingga tampilan kulit terlihat lebih halus dan sehat. Hal ini menjadi impian bagi banyak wanita, karena pori-pori yang kecil mampu membuat riasan makeup terlihat lebih sempurna dan flawless. Dengan kandungan BHA, ekstrak sakura dapat membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, sehingga tampak lebih rata dan bercahaya.

7. Mengurangi kemerahan.

manfaat ekstrak bunga sakura  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Bunga sakura memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah, salah satunya adalah dapat membantu mengurangi kemerahan. Hal ini disebabkan oleh kandungan antiinflamasi yang terdapat pada ekstrak bunga sakura yang dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit wajah.

Selain itu, ekstrak bunga sakura juga dipercaya dapat membantu memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ekstrak sakura telah lama digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan selama ribuan tahun.

8. Mengatasi jerawat.

manfaat ekstrak bunga sakura  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam ekstrak bunga sakura terkandung salicylic acid yang berperan dalam mengatasi jerawat pada wajah. Cara kerja salicylic acid untuk mengatasi jerawat adalah dengan menembus lapisan minyak pada permukaan kulit dan masuk ke dalam pori-pori, kemudian membersihkannya secara mendalam.

Tak hanya itu, kandungan asam ini juga memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu meredakan dan menenangkan jerawat yang sedang meradang pada kulit wajah. Seiring dengan kemampuannya mengatasi jerawat, ekstrak bunga sakura juga telah digunakan sebagai bahan alami dalam produk kecantikan selama ribuan tahun.

9. Menghilangkan beruntusan.

manfaat ekstrak bunga sakura  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Ekstrak bunga sakura juga dapat membantu menghilangkan beruntusan pada wajah. Hal ini karena ekstrak tersebut mengandung asam azelaic yang bersifat antimikroba dan antiinflamasi. Untuk diketahui, asam azelaic adalah asam alami yang dapat ditemukan pada biji-bijian seperti barley, gandum, dan gandum hitam.

Dalam pengobatan kondisi kulit yang beruntusan, zat ini dapat membantu mengatasi beruntusan dan menjaga kesehatan kulit. Dengan demikian, penggunaan produk dengan ekstrak bunga sakura dapat membantu mengatasi masalah beruntusan pada kulit wajah.

(brl/jad)

tags

STORIES