Apa itu panthenol dalam skincare? Ini manfaat, cara aplikasikan, dan rekomendasi produknya

Apa itu panthenol dalam skincare? Ini manfaat, cara aplikasikan, dan rekomendasi produknya

Brilio.net - Pentingnya menjaga kecantikan wajah membuat sejumlah orang kini sadar untuk menggunakan skincare. Berbagai produk skincare dari brand kecantikan di pasarkan. Mereka memformulasikan produk skincare dengan berbagai macam bahan yang disesuaikan dengan masalah setiap orang. Mulai dari centella asiatica yang terkenal merawat kulit jerawat, niacinamide untuk mencerahkan, serta ada AHA/BHA yang berperan sebagai eksfoliasi, dan ada panthenol.

Panthenol merupakan senyawa kimia yang merupakan turunan dari asam pantotenat atau vitamin B5. Perlu kamu ketahui, secara alami panthenol bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan, seperti daging-dagingan, susu, telur, alpukat, dan nasi merah.

Namun panthenol atau provitamin B5 merupakan bahan aktif yang juga ditemukan dalam produk perawatan kulit dan rambut. Mengutip dari Skin moisturizing effects of panthenol-based formulations. Journal of Cosmetic Science, Rabu (24/7) panthenol merupakan prekursor vitamin B5 (asam pantotenat) ketika diaplikasikan pada kulit, diubah menjadi asam pantotenat. Panthenol dikenal karena sifat pelembabnya yang kuat dan kemampuannya untuk meningkatkan hidrasi kulit.

Apa itu panthenol dalam skincare berbagai sumber

foto: freepik.com

Perlu kamu ketahui, panthenol yang ada di dalam produk perawatan kulit, rambut, dan kuku termasuk zat yang aman. Diklaim aman, panthenol punya sejumlah manfaat bagi kulit. Melansir dari Dermatology and Therapy, panthenol merupakan humektan yang menarik dan mengikat kelembaban ke kulit. Penelitian menunjukkan bahwa panthenol dapat meningkatkan hidrasi kulit secara signifikan, membantu menjaga kulit tetap lembab dan kenyal.

Manfaat yang kedua yaitu, panthenol meningkatkan fungsi penghalang kulit. Mengutip dari The skin: an indispensable barrier. Experimental Dermatology,
panthenol membantu memperkuat penghalang alami kulit, membuatnya lebih tahan terhadap iritasi dan kerusakan lingkungan.

Ketiga yaitu panthenol dalam skincare bisa menenangkan kulit iritasi. Adanya sifat antiinflamasi pada panthenol membuatnya efektif untuk menenangkan kulit yang kemerahan.

Sementara itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa panthenol dapat membantu mempercepat penyembuhan luka kecil dan membantu regenerasi sel kulit. Manfaat berikutnya panthenol mampu meningkatkan elastisitas kulit. Mengutip dari Postepy Dermatologii I Alergologii, penggunaan rutin panthenol pada wajah dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, memberikan tampilan yang lebih muda dan kencang.

Cara menggunakan skincare dengan kandungan panthenol.

Apa itu panthenol dalam skincare berbagai sumber

foto: freepik.com

Panthenol memang memiliki sejumlah manfaat bagi wajah. Namun sebelum menggunakan skincare kandungan panthenol, kamu perlu mengetahui cara mengaplikasikannya pada wajah. Pastikan produk yang kamu pilih mengandung panthenol dalam konsentrasi yang sesuai (biasanya antara 1-5%).

Nah, berikut ini cara menggunakan skincare panthenol sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/7).

Membersihkan Wajah.

1. Mulailah dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih yang lembut. Langkah ini menghilangkan kotoran, minyak, dan makeup dari kulit kamu, mempersiapkan kulit untuk penyerapan produk berikutnya.
2. Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk bersih.

Menggunakan toner.

1. Jika Anda menggunakan toner, aplikasikan toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Toner membantu menyeimbangkan pH kulit dan menyiapkan kulit untuk penyerapan produk selanjutnya.

Serum Panthenol

1. Jika kamu menggunakan serum panthenol, aplikasikan beberapa tetes serum pada wajah dan leher. Pijat lembut serum ke dalam kulit dengan gerakan memutar hingga serum meresap sepenuhnya.
2. Biarkan serum meresap selama beberapa menit sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Pelembap Panthenol.

1. Jika produk panthenol kamu berbentuk pelembap, aplikasikan pelembap secara merata pada wajah dan leher. Pijat lembut dengan gerakan memutar.
2. Fokuskan pada area yang lebih kering atau yang membutuhkan perhatian ekstra, seperti pipi, dahi, dan dagu.

Krim atau Masker Panthenol.

1. Aplikasikan secara tipis pada seluruh wajah atau area yang membutuhkan perawatan ekstra.
2. Jika menggunakan masker panthenol, aplikasikan masker sesuai dengan instruksi pada kemasan. Biarkan selama waktu yang dianjurkan sebelum dibilas atau dibersihkan.

Rekomendasi skincare dengan kandungan panthenol.

1. Avoskin Your Skin Bae Panthenol 5% + Mugwort + Cica Barrier Hero Serum.

Apa itu panthenol dalam skincare berbagai sumber

foto: avoskinbeauty.com

Avoskin Your Skin Bae Panthenol 5% + Mugwort + Cica Barrier Hero Serum, diformulasikan untuk melindungi skin barrier. Perpaduan panthenol 5%, ekstrak mugwort, dan ekstrak cica memperhalus tekstur kulit, mengurangi kerutan, dan sebagai antioksidan sehingga kulit lebih terhidrasi.

Digunakan pada pagi dan malam hari, membuat kinerja serum akan lebih efektif menyerap pada kulit. Serum ini dapat dipakai oleh semua jenis kulit dengan usia mulai dari 15 tahun. Dibanderol dengan harga Rp 118 ribu, kamu bisa mendapatkan serum ini dengan isi 30 ml.

2. SKINTIFIC 5% Panthenol Acne Calming Water Gel.

Apa itu panthenol dalam skincare berbagai sumber

foto: skintific.com

SKINTIFIC 5% Panthenol Acne Calming Water Gel. Moisturizer dengan tekstur halus ini terasa ringan seperti air ketika dipakai. Memberikan sensasi rasa cooling yang menenangkan kulit, moisturizer ini mengandung 5% panthenol dan ecotin yang bermanfaat untuk meredakan kemerahan.

Pemakaian secara rutin, produk ini membantu dalam mengontrol minyak di wajah. Direkomendasikan untuk kulit acne prone dan berminyak, produk ini bisa membuat kulit lebih sehat. Selain itu, tekstur gel yang bening membuat tampilan moisturizer ini semakin menarik. Jika tertarik, kamu bisa mendapatkan produk ini di harga Rp 139 ribu.

(brl/far)

tags

STORIES