Atasi kusam dan belang akibat cuaca panas pakai 1 jenis biji topping minuman, kulit jadi cerah merona

Atasi kusam dan belang akibat cuaca panas pakai 1 jenis biji topping minuman, kulit jadi cerah merona

Brilio.net - Selain mendukung proses fotosintesis tanaman, sinar matahari juga berperan dalam membentuk oksigen yang sudah jelas diperlukan hampir semua makhluk hidup untuk bernafas, termasuk manusia. Selain itu, dari sisi kesehatan, sinar matahari berperan besar dalam membantu regenerasi vitamin D di kulit yang penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Dibalik semua manfaat itu, nyatanya panas matahari juga membawa risiko dan bahaya bagi kulit. Terpapar sinar matahari secara berlebihan tanpa perlindungan yang memadai dapat menyebabkan banyak masalah kulit, salah satunya adalah kondisi kulit yang menjadi kusam dan belangnya. Hal ini dikarenakan paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat memicu naiknya produksi melanin (komponen yang memberi pigmen warna pada kulit) sehingga mengakibatkan kulit menjadi lebih gelap atau kusam.

Paparan sinar UV juga merusak struktur kolagen dan elastin kulit sehingga bisa membuat kulit kehilangan kekencangannya dan rusak. Bahkan, paparan jangka panjang telah diteliti dapat merusak jaringan kulit, menyebabkan proses penuaan dini, dan meningkatkan risiko kanker kulit lho.

Akan tetapi, kamu nggak usah khawatir. Selain kamu harus rajin menggunakan sunscreen (tabir surya) sebagai pelindung utama, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif apabila masalah seperti kulit kusam dan belang muncul di kulit wajah kamu.

Caranya bisa kamu lakukan dengan meniru trik sederhana menggunakan biji chia, susu, dan buat bit sebagaimana ditunjukkan akun Instagram @popxobeauty dilansir briliobeauty.net pada Kamis (27/7).

belang akibat cuaca panas  Instagram

belang akibat cuaca panas
freepik.com

Kamu mungkin sering menemukan biji chia sebagai toping pada minuman. Biji ini rupanya kaya akan asam lemak omega-3, antioksidan, protein, dan serat lho. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit akibat paparan sinar UV, sementara zat antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Di sisi lain, kandungan protein dan serat di dalamnya bisa membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membantu membersihkan kotoran pada kulit.

belang akibat cuaca panas  Instagram

belang akibat cuaca panas
freepik.com

Susu sendiri adalah minuman yang kaya akan kandungan laktosa dan asam laktat. Selain bisa membantu menjaga kelembapan kulit, kandungan asam laktat juga berperan sebagai eksfolian alami yang membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi penampilan kusam pada kulit. Plus, kandungan protein dan vitamin dalam susu juga bagus dalam memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit wajah.

belang akibat cuaca panas  Instagram

belang akibat cuaca panas
freepik.com

Buah bit adalah sayuran dengan senyawa antioksidan kuat seperti betalain dan vitamin C yang dapat membantu mengatasi kerusakan akibat sinar UV dan mencegah terbentuknya bintik-bintik belang pada kulit. Selain itu, kandungan zat besi dan vitamin B dalam buah bit juga secara aktif bekerja meningkatkan sirkulasi darah ke kulit yang dapat mendukung regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih sehat.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu gunakan sebagai masker yang efektif dengan cara sederhana di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1/2 cangkir kecil biji chia
2. 1/2 cangkir kecil susu murni
3. 1 buah bit
4. Blender
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

belang akibat cuaca panas  Instagram

belang akibat cuaca panas
Instagram/@popxobeauty

1. Campurkan biji chia dan susu murni dengan takaran masing-masing 1/2 cangkir kecil ke dalam wadah
2. Rendamlah campuran tersebut selama 15 menit
3. Setelahnya, tambahkan beberapa potong buah bit ke dalam wadah tadi

belang akibat cuaca panas  Instagram

belang akibat cuaca panas
Instagram/@popxobeauty

4. Blenderlah seluruh bahan tadi hingga halus dan kental, lalu sisihkan ke wadah baru
5. Aplikasikan campuran ini sebagai masker wajah, dan diamkan selama 15 menit
6. Apabila waktunya sudah habis, bilas masker hingga bersih dan lanjutkan dengan pemakaian skincare lainnya.

View this post on Instagram

A post shared by #POPxoBeauty (@popxobeauty)

(brl/ola)

tags

STORIES