Auto 10 tahun lebih muda, ini trik bikin kulit kencang bebas kerutan pakai 1 jenis sayuran

Auto 10 tahun lebih muda, ini trik bikin kulit kencang bebas kerutan pakai 1 jenis sayuran

Brilio.net - Bertambahnya umur, maka proses penuaan pun terjadi. Fase penuaan ini tidak hanya dapat membuat tenaga berkurang, namun juga mengakibatkan perubahan fisikal pada tubuh seseorang. Pada area wajah, proses penuaan terlihat dengan kondisi kulit yang awalnya kencang menjadi kendur, sehingga memunculkan kerutan berupa garis-garis halus dan keriput.

Timbulnya tanda penuaan berupa kerutan, tak terlepas dari faktor produksi kolagen dan elastin di dalam kulit, dua komponen protein yang berfungsi untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Sejalan dengan bertambahnya usia, kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen dan elastin akan menurun. Akibatnya, kulit pun menjadi sulit mempertahankan kekuatan struktur dan kelembapan alaminya, yang kemudian berdampak pada hilangnya kekencangan kulit dan munculnya kerutan.

Penuaan dapat berlangsung dengan cepat, jika kerap terpapar sinar matahari, polusi udara, serta pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, akibatnya kesehatan kulit menurun termasuk elastisitasnya. Hal-hal ini secara langsung maupun tidak langsung juga merusak sel-sel di dalam kulit, bahkan menghambat proses regenerasi kulit itu sendiri. Akibatnya, munculnya kerutan pada kulit menjadi sulit dihindarkan.

Meski begitu, kamu nggak perlu bingung menghadapi masalah ini. Soalnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan sebagai solusi alternatif menghambat terjadinya problematika di atas. Hal ini sebagaimana diperagakan dalam unggahan akun Instagram @beauty.recipes.diylife, yang dilansir briliobeauty.net pada Rabu (29/11).

Pada unggahan itu, si pemilik akun memperlihatkan bagaiman cara meracik bahan alami, wortel dan aloe vera sebagai solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan kulit kendur.

10 tahun lebih kencang  Instagram

10 tahun lebih kencang
freepik.com

Wortel adalah sayuran yang terkenal kaya akan kandungan vitamin. Vitamin A dan C yang terkandung pada wortel berperan penting dalam menstimulasi proses regenerasi kulit dan melahirkan lapisan kulit yang baru. Wortel juga mengandung antioksidan dari vitamin E melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Plus, senyawa vitamin K dalam wortel juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area wajah sehingga akan membantu proses pemulihan kulit dari tanda-tanda penuaan yang muncul.

10 tahun lebih kencang  Instagram

10 tahun lebih kencang
freepik.com

Gel pada daun aloe vera sejatinya mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C, dan E, serta antioksidan yang efektif melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Kandungan polisakarida di dalam aloe vera dapat menstimulasi produksi kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi garis-garis halus serta kerutan. Sementara itu, senyawa enzim dan asam amino pada tanaman ini berperan penting dalam membentuk protein kolagen dan elastin serta meningkatkan proses regenerasi sel kulit yang lebih baik.

2 bahan di atas ini bisa kamu jadikan gel antiaging dengan mengikuti cara berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 buah wortel segar
2. 4 sendok makan gel aloe vera
3. Wadah kecil
4. Alat pemarut

Langkah pengerjaan:

10 tahun lebih kencang  Instagram

10 tahun lebih kencang
Instagram/@beauty.recipes.diylife

1. Kupas 1 buah wortel segar dan parutlah hingga halus
2. Peras bulir wortel tersebut untuk mendapatkan ekstraknya
3. Masukkan 4 sendok makan gel aloe vera dalam wadah kecil
4. Tambahkan 2 sendok teh ekstrak wortel, lalu aduk rata
5. Setelah membentuk gel, kamu bisa memindahkannya dalam jar kecil
6. Aplikasikan gel ini ke wajahmu secara merata, lalu usapkan hingga menyerap
7. Gunakan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/ola)

tags

STORIES