Auto putih dan tak bau mulut, ini cara rontokkan karang gigi cuma pakai obat kumur dari 1 jenis rempah

Auto putih dan tak bau mulut, ini cara rontokkan karang gigi cuma pakai obat kumur dari 1 jenis rempah

Brilio.net - Kebersihan mulut yang buruk menjadi penyebab utama munculnya masalah pada gigi, seperti pembentukan plak dan karang gigi. Tak menjaga kebersihan mulut dengan cara menyikat juga bisa membuat bakteri menumpuk. Tak cuma itu, mengutip dari Fleeck, penyebab karang gigi juga bisa disebabkan oleh kebiasan buruk, salah satunya merokok.

Orang yang merokok lebih banyak mengalami plak, jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Pasalnya, rokok mengandung nikotin yang mudah menempel pada gigi. Hal tersebut membuat gigi menjadi kuning dan muncul karang. Tak cuma itu, merokok juga membuat mulut jadi kering.

Penyebab lainnya berasal dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari. Makanan dan minuman manis, serta bertepung meningkatkan risiko timbulnya plak dan karang gigi. Minuman asam juga membuat noda menumpuk pada enamel, sehingga tak hanya menyebabkan karang gigi, tapi juga bikin gigi berlubang.

Biasanya, keberadaan karang gigi bisa diatasi dengan bantuan dokter. Namun selain itu, ternyata keberadaan karang gigi biasa diatasi tanpa harus ke klinik gigi, lho. Melainkan ada cara lain yang lebih murah yaitu memanfaatkan bahan alami, seperti yang ditunjukkan pengguna TikTok bernama Betha.

Lewat unggahan video di akun TikTok @betha.beauty_health, ia tampak menggunakan obat kumur yang terbuat dari serai. Obat kumur tersebut diklaim bisa merontokkan karang gigi dan membuatnya terlihat lebih bersinar, serta bersih.

Nah, penasaran dengan cara membuat obat kumur dari bahan alami? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari TikTok/@betha.beauty_health, Senin (15/7).

Bahan:

cara rontokkan karang gigi  2024 TikTok

foto: TikTok/@betha.beauty_health

- 2 buah serai
- Air putih 200 ml

Cara membuat:

cara rontokkan karang gigi  2024 TikTok

foto: TikTok/@betha.beauty_health

1. Cuci serai sampai bersih
2. Iris tipis-tipis
3. Siapkan panci
4. Tuangkan air sebanyak 200 ml ke panci
5. Rebus hingga mendidih
6. Diamkan hingga dingin
7. Tuangkan ke dalam gelas
8. Kumur-kumur mulut dengan air rebusan serai, setelah menyikat gigi
9. Gunakan trik ini secara rutin, setidaknya dua kali dalam sehari.

Manfaat serai untuk hilangkan karang gigi

Melansir dari Rejuv Health, serai diklaim membantu merontokkan karang gigi. Berdasarkan penelitian pada 2015 menunjukkan, serai 0,24% memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan obat kumur klorheksidin 0.2% yang mengurangi plak gigi.

Sementara itu, adanya sifat antimikroba alam serai membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Sementara itu, adanya sifat antiinflamasi pada serai bisa mengurangi peradangan pada gusi dan memberikan nafas segar.

(brl/mal)

tags

STORIES