Bahan makanan ini bisa bikin wajah kusam dan berflek hitam auto cerah, ini cara mengolahnya

Bahan makanan ini bisa bikin wajah kusam dan berflek hitam auto cerah, ini cara mengolahnya

Brilio.net - Wajah kusam dan berflek hitam adalah dua masalah kulit yang sering dihadapi banyak orang, baik pria maupun wanita. Kulit wajah yang tampak kusam biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penumpukan sel-sel kulit mati, paparan sinar matahari yang berlebihan, atau polusi lingkungan.

Penumpukan sel kulit mati yang tidak terangkat dengan baik dapat membuat kulit terlihat kurang bercahaya dan tidak segar. Selain itu, paparan sinar UV dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan pigmentasi berlebih, sehingga menyebabkan munculnya flek hitam.

Flek hitam atau hiperpigmentasi sendiri merupakan kondisi di mana area kulit tertentu memproduksi melanin secara berlebihan, menghasilkan bintik-bintik gelap yang dapat membuat warna kulit tidak merata. Kedua kondisi tersebut memang cukup mengganggu penampilan, sehingga tak heran jika banyak orang mencari cara untuk mengatasi wajah kusam dan flek hitam di wajahnya.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi wajah kusam dan flek hitam di wajah. Di antaranya adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami untuk dijadikan masker wajah.

Bahan makanan bisa bikin wajah kusam dan berflek hitam auto cerah Berbagai sumber

foto: TikTok/@milkydew

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @milkydew. Lewat unggahannya tersebut, pemilik akun menggunakan bahan makanan untuk bikin wajah kusam dan berflek hitam jadi auto cerah. Bahan makanan yang dimaksud adalah beras. Yuk, simak cara mengolah dan menggunakannya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @milkydew, Kamis (15/8).

Bahan:

- 1/4 cup beras
- 1 cup air

Bahan makanan bisa bikin wajah kusam dan berflek hitam auto cerah Berbagai sumber

foto: TikTok/@milkydew

Cara mengolah dan menggunakan:

1. Cuci beras menggunakan air bersih sebanyak 2-3 kali
2. Masukkan beras kedalam rice cooker dan tambahkan air
3. Masak hingga beras melunak
4. Tuangkan ke dalam blender lalu haluskan hingga teksturnya seperti bubur
5. Pindahkan pada wadah bersih lalu diamkan sampai dingin
6. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
7. Diamkan selama 10-15 menit
8. Bilas menggunakan air sampai bersih
9. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah merata bebas kusam dan flek hitam.

Bahan makanan bisa bikin wajah kusam dan berflek hitam auto cerah Berbagai sumber

foto: TikTok/@milkydew

Kandungan dan manfaat beras untuk mengatasi wajah kusam dan flek hitam.

Beras, ternyata memiliki berbagai manfaat untuk perawatan kulit, khususnya untuk mengatasi wajah kusam dan flek hitam. Beras mengandung sejumlah nutrisi penting yang mendukung kesehatan kulit, seperti vitamin B, antioksidan, dan asam ferulic. Vitamin B, termasuk B1, B3, dan B6, berperan dalam regenerasi sel kulit dan membantu meratakan warna kulit, guna mencerahkan wajah yang tampak kusam.

Selain itu, beras juga kaya akan antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari serta polusi, yang dapat memperburuk flek hitam.

Asam ferulic, yang terdapat dalam lapisan luar butir beras, membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan memperbaiki tampilan flek hitam dengan mengurangi pigmentasi. Saponin dalam beras berfungsi sebagai pembersih alami yang efektif mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi tampilan kusam, dan memperbaiki tekstur kulit.

(brl/wen)

tags

STORIES