Bahan memasak ini bisa bikin gigi kuning jadi auto putih, begini cara membuat dan menggunakannya

Bahan memasak ini bisa bikin gigi kuning jadi auto putih, begini cara membuat dan menggunakannya

Brilio.net - Gigi kuning biasanya akan dialami oleh seseorang yang jarang menyikat gigi. Tak cuma itu saja, seseorang yang hobi minum kopi, makan makanan manis, tidak membersihkan gigi dengan baik, hingga suka merokok juga menjadi penyebab gigi jadi tampak lebih kuning.

Berbagai faktor tersebut biasanya juga rentan bikin mulut berbau tak sedap. Pasalnya, seseorang yang jarang menyikat gigi akan membuat sisa makanan menumpuk dan berubah menjadi plak serta karang gigi. Efeknya, gigi jadi mudah sakit hingga mengalami radang gusi dan caries gigi.

Jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, tak perlu khawatir. Karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah kamu. Selain harganya lebih ekonomis, bahan-bahan rumahan juga efektif untuk memutihkan gigi kuning, lho.

Bahan memasak bisa bikin gigi kuning jadi auto putih Berbagai sumber

foto: TikTok/@hani.inspirasi.sehat.ind

Seperti halnya yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @hani.inspirasi.sehat.ind, yang menggunakan bahan memasak untuk memutihkan gigi kuning. Bahan memasak yang dimaksud adalah garam. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu jeruk nipis dan pasta gigi pastinya. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @hani.inspirasi.sehat.ind, Selasa (25/6).

Bahan:

- 1 sendok makan perasan jeruk nipis
- Sepucuk sendok makan garam
- 1/2 sendok makan pasta gigi

Bahan memasak bisa bikin gigi kuning jadi auto putih Berbagai sumber

foto: TikTok/@hani.inspirasi.sehat.ind

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Gunakan untuk menyikat gigi seperti biasanya selama 2-3 menit
4. Lakukan hingga ke sela-sela gigi
5. Bilas dengan berkumur menggunakan air sampai bersih
6. Ulangi metode ini secara rutin 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan gigi yang auto putih secara alami.

Bahan memasak bisa bikin gigi kuning jadi auto putih Berbagai sumber

foto: TikTok/@hani.inspirasi.sehat.ind

Kandungan jeruk nipis untuk memutihkan gigi kuning.

Jeruk nipis memiliki rasa asam yang dipercaya mampu memutihkan gigi kuning. Kandungan asam atau vitamin C dalam buah ini mampu mengikis bakteri penyebab gigi kuning. Kandungan pH-nya yang asam juga efektif menjaga kesehatan mulut dan gigi, lho. Tak cuma itu saja, jeruk nipis juga dapat menyegarkan napas dan mencegah bau mulut yang tidak sedap.

Manfaat garam untuk mengikis noda kekuningan pada gigi.

Garam dapat meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut agar tetap dalam kondisi basa, sehingga efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Garam juga efektif mengikis noda kekuningan di permukaan gigi, yang dapat menyebabkan plak serta munculnya gigi kuning. Ini berkat teksturnya yang kasar dan bersifat abrasif.

Nah, untuk mencegah gigi berubah jadi kuning, kamu perlu menyikat gigi secara rutin setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan gigi di dokter gigi, seperti melakukan scalling hingga treatment whitening.

(brl/tin)

tags

STORIES