Bahan pembuat kue ini bisa rontokkan karang gigi membandel, nggak perlu scalling mahal

Bahan pembuat kue ini bisa rontokkan karang gigi membandel, nggak perlu scalling mahal

Brilio.net - Adanya karang gigi membuat seseorang jadi enggan untuk membuka mulut lebar-lebar. Pasalnya, masalah ini terkadang juga disertai gigi yang tampak menguning dan napas berbau tak sedap. Karang gigi biasanya disebabkan oleh plak yang dihasilkan dari makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat.

Bakteri yang terus menumpuk dari bekas makanan dan minuman tersebut akan berkembang biak di dalam mulut sampai menghasilkan asam. Jika dibiarkan lebih lama, asam yang dihasilkan akan merusak jaringan enamel gigi yang berujung pada infeksi hingga kerusakan gigi.

Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi yang biasanya berada di sela-sela gigi, sehingga akan sulit untuk dihilangkan. Tak heran jika kondisi ini cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

Untuk mengatasinya, kebanyakan orang akan melakukan scalling di dokter gigi. Namun sayangnya, perawatan giti tersebut membutuhkan biaya yang tak sedikit. Solusinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur yang lebih ekonomis namun tak kalah efektif dari scalling gigi.

Seperti unggahan dari seorang pengguna TikTok dengan nama akun @agus_andreas_sinaga, yang menggunakan bahan pembuat kue untuk merontokkan karang gigi membandel.

Bahan pembuat kue bisa rontokkan karang gigi membandel Berbagai sumber

foto: TikTok/@agus_andreas_sinaga

Bahan yang dimaksud adalah baking soda. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu garam. Berikut cara membuat dan menggunakannya, seperti yangbrilio.net lansir dari akun TikTok @agus_andreas_sinaga, Kamis (27/6).

Bahan:

- 1 sendok teh baking soda
- 1/4 sendok teh garam
- Air secukupnya

Bahan pembuat kue bisa rontokkan karang gigi membandel Berbagai sumber

foto: TikTok/@agus_andreas_sinaga

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Gunakan untuk menggosok gigi seperti pada umumnya
4. Lakukan selama 2-3 menit hingga ke seluruh bagian gigi dan sela-sela gigi
5. Kumur-kumur menggunakan air bersih
6. Ulangi metode ini dengan rutin sekali dalam seminggu untuk merontokkan karang gigi yang membandel.

Bahan pembuat kue bisa rontokkan karang gigi membandel Berbagai sumber

foto: TikTok/@agus_andreas_sinaga

Kandungan baking soda untuk merontokkan karang gigi.

Baking soda mengandung bahan aktif yang mampu memutihkan gigi dan menghilangkan noda kekuningan pada permukaan gigi. Selain memutihkan gigi, baking soda juga efektif untuk mencegah tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Ini berkat kemampuannya yang dapat menciptakan lingkungan basa di dalam mulut.

Tak hanya itu saja, bahan pengembang kue ini juga memiliki sifat abrasif ringan sehingga mampu menghilangkan noda seperti plak di permukaan gigi. Baking soda juga ampuh merontokkan karang gigi yang membandel berkat sifat pembersih alaminya.

Manfaat garam untuk menghilangkan karang gigi.

Garam dapur dikenal sebagai salah satu bahan yang mampu menghilangkan karang gigi. Garam merupakan antiseptik alami yang dapat membasmi bakteri. Bahan dapur ini bekerja dengan cara meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Selain itu, garam juga dapat membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi yang dapat menyebabkan plak serta karang gigi.

(brl/wen)

tags

STORIES