Bantu cegah kulit keriput, ini trik menghaluskan tangan kering dan kasar pakai 1 jenis buah

Bantu cegah kulit keriput, ini trik menghaluskan tangan kering dan kasar pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling banyak digunakan untuk beraktivitas. Karena itulah tangan jadi gampang kering dan kasar. Memiliki telapak tangan yang kasar memang termasuk kondisi yang wajar, tetapi terkadang kondisi ini membuat sebagian orang merasa tak nyaman.

Telapak tangan yang kering dan kasar biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Sebagian besar penyebabnya adalah karena sering terpapar panas, misalnya saat memasak atau melakukan pekerjaan lain. Cuaca dingin juga bisa berpengaruh dan membuat tangan jadi kering.

Selain itu, kebiasaan terlalu sering mencuci dan menggosok tangan, serta tidak cocok produk sabun atau deterjen bisa membuat tangan kasar. Jika terus dibiarkan, telapak tangan juga bisa kapalan dan kulitnya mengelupas. Bahkan, jika tangan terus-terusan dibiarkan kering, maka kulit tangan juga rentan mengalami dehidrasi.

Jika kulit tangan sudah mengalami kekeringan, maka kulit akan kehilangan elastisitasnya, sehingga kulit akan rentan mengalami keriput. Masalah ini juga dapat diperparah jika sudah berusia lanjut. Pasalnya, produksi sebum seiring bertambahnya usia juga menurun. Jadi, tanganmu akan mudah mengalami penuaan seperti tampak keriput, kering, kasar, bahkan mengelupas.

Wajar saja jika seseorang mencari cara menghaluskan telapak tangan supaya lebih percaya diri ketika berjabat tangan. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah keriput pada kulit tangan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker tangan yang dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @ashford_college pada (26/3/2021) lalu. Dalam video itu, pemilik akun memberikan trik menghaluskan tangan kering dan kasar pakai satu jenis buah, yakni raspberry. Tak hanya itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu gula pasir dan minyak zaitun.

"Dry skin? This super easy, natural hand mask can mositurise your skin! (Kulit kering? Masker tangan alami yang super mudah ini dapat melembapkan kulit kamu!)," katanya dalam keterangan video yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ashford_college, Jumat (30/6).

Raspberry merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi, protein, mineral, vitamin, dan antioksidan tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Raspberry juga mengandung asam lemak esensial, seperti omega-3 dan omega-6 untuk menjaga kelembapan kulit dan menjaga kekenyalan dengan meningkatkan kadar kolagen pada kulit.

Trik menghaluskan tangan kering dan kasar pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sedangkan gula pasir, bisa digunakan sebagai scrub untuk menghaluskan telapak tangan yang kasar. Melakukan eksfoliasi pada kulit tangan dengan scrub gula bisa membantu melembapkan, menghaluskan, sekaligus mengangkat kulit kering dan mengelupas. Gula memiliki efek antipenuaan alami pada kulit.

Pasalnya, gula dapat mencegah racun atau radikal bebas yang menyerang sel-sel kulit, sehingga dapat menghambat proses penuaan, termasuk mengurangi garis halus dan kerutan pada kulit tangan. Tak terkecuali dengan minyak zaitun yang bisa kamu manfaatkan untuk menghaluskan tangan kering dan mengelupas.

Minyak zaitun mengandung vitamin C, D, dan antioksidan yang dapat membantu meremajakan kulit. Kemudian kandungan vitamin E pada minyak zaitun akan memberikan minyak alami yang menjaga kelembapkan kulit, sehingga kulit telapak tangan akan terhindar dari kekeringan yang membuat kulit menjadi kasar.

Dengan ketiga bahan yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa membuat masker tangan yang bermanfaat untuk menghaluskan tangan yang kering dan kasar. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan:

Trik menghaluskan tangan kering dan kasar pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@ashford_college

1. 5 buah raspberry
2. 3 sendok makan gula pasir
3. 1 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat:

Trik menghaluskan tangan kering dan kasar pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@ashford_college

1. Cuci buah raspberry sampai bersih
2. Letakkan pada wadah lalu tambahkan gula pasir
3. Haluskan buah raspberry bersamaan dengan gula pasir
4. Tambahkan minyak zaitun, kemudian aduk ketiganya sampai tercampur merata
5. Aplikasikan pada tangan yang sudah bersih secara menyeluruh
6. Gosok-gosok dengan lembut dan diamkan selama 5 menit
7. Bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lanjutkan dengan penggunaan hand cream
9. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@ashford_college Dry skin? This super easy, natural hand mask can mositurise your skin! #beautytips #beautytiktok #handmask #natural #fyp #foryoupage Sunrise - Official Sound Studio

(brl/mal)

tags

STORIES