Bebas kerutan dan noda hitam, begini cara membuat spray antiaging dari 1 jenis rempah

Bebas kerutan dan noda hitam, begini cara membuat spray antiaging dari 1 jenis rempah

Brilio.net - Proses penuaan pasti akan terjadi pada setiap orang yang berusia diatas 30 tahun. Tentunya tidak ada seorangpun yang menginginkan terjadinya penuaan, terutama secara dini pada kulit wajah. Bila kondisi tersebut terjadi pada seseorang dengan usia muda, bisa saja dia terlihat jauh lebih tua dari umur aslinya. Alhasil, kepercayaan diri pun dapat menurun akibat kecantikan kulit yang memudar.

Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin tubuh akan melemah. Akibatnya, elastisitas kulit berkurang sehingga tanda-tanda penuaan, seperti keriput atau kerutan, serta flek dan noda hitam mulai muncul. Akan tetapi, proses ini bisa saja terjadi lebih awal yang dikenal dengan istilah penuaan dini.

Beberapa faktor yang berperan dalam mendorong proses penuaan menjadi lebih cepat adalah adanya faktor lingkungan yang kurang sehat, kondisi tubuh, gaya hidup, hingga pola makan. Oleh karena itu, sebelum terjadinya penuaan pada kulit wajah, sebaiknya kita harus rajin-rajin merawatnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan skincare antiaging.

Mungkin kamu bisa membeli produk antiaging di pasaran dengan berbagai klaim dan kandungannya. Namun sayangnya, tak semua orang cocok dengan produk pasaran yang mengandung bahan kimia. Nah, sebagai solusinya kamu bisa lho membuat produk antiaging sendiri hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti video yang di-upload pemilik akun TikTok @hapess1 pada 27 Januari 2023. Dalam unggahan berdurasi 1 menit 2 detik tersebut dia membagikan tentang cara membuat spray antiaging dari 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah cengkeh. Selain cengkeh dia juga menambahkan bahan lain yaitu minyak zaitun atau minyak kelapa, dan pelembap.

"Forever young (Muda selamanya)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @hapess1, Minggu (23/7).

Cara membuat spray antiaging dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

Cara membuat spray antiaging dari 1 jenis rempah
freepik.com

Cengkeh memang punya banyak banget manfaat untuk kesehatan, termasuk minyak cengkeh. Cengkeh memiliki antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, serta memperlambat tanda-tanda penuaan. Cengkeh juga mengandung eugenol yang memiliki beragam manfaat untuk kulit. Eugenol merupakan zat antiseptik pelembap kulit yang alami dan dapat mengangkat flek-flek atau noda hitam pada kulit.

Sedangkan manfaat minyak zaitun untuk kulit diperoleh dari efek antioksidan yang berasal dari kandungan squalene, oleocanthal, dan vitamin E. Minyak zaitun diklaim dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan flek hitam pada kulit.

Manfaat ini didapatkan dari senyawa antioksidan di dalamnya yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat efek radikal bebas. Selain itu, minyak zaitun juga dapat merangsang produksi kolagen di kulit sehingga kulit tampak lebih kencang dan kenyal.

Begitupun dengan minyak kelapa yang juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat wajahmu tampak awet muda. Dalam minyak kelapa terdapat kandungan asam laurat yang bisa merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dapat diproduksi tubuh secara alami dan berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit.

Seperti yang sudah diketahui bahwa pelembap merupakan salah satu skincare penting yang wajib digunakan guna menjaga kulit tetap terhidrasi. Jadi, jika kulit terhidrasi secara optimal, maka kerutan dan garis halus, bahkan noda di wajah bisa dicegah.

Cara membuat spray antiaging dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

Cara membuat spray antiaging dari 1 jenis rempah
TikTok/@hapess1

Nah, setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang sudah disebutkan, yuk simak cara membuat spray antiaging berikut ini.

Bahan:

1. 1 sendok makan cengkeh
2. 1 gelas air
3. 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa
4. 1 sendok makan pelembap

Cara membuat spray antiaging dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

Cara membuat spray antiaging dari 1 jenis rempah
TikTok/@hapess1

Cara membuat:

1. Tuangkan air pada panci lalu tambahkan bahan-bahan yang lainnya
2. Aduk sampai merata dan masak hingga mendidih atau sekitar 3 menit dengan api kecil
3. Matikan kompor lalu saring dan ambil airnya
4. Tunggu sampai dingin lalu pindahkan pada botol spray
5. Semprotkan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
6. Gunakan secara rutin setiap hari sebelum tidur untuk hasil yang optimal.

@hapess1 Forever young #beauty #beautyhacks #flawlessskin #ghanatiktok #foruyoupage #fypviral #trend original sound - Hapess

(brl/ola)

tags

STORIES