Bikin cerah merata, begini cara samarkan noda hitam di wajah hanya pakai 1 jenis umbi-umbian

Bikin cerah merata, begini cara samarkan noda hitam di wajah hanya pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Noda hitam atau hiperpigmentasi adalah permasalahan kulit yang terjadi seiring proses penuaan pada kulit. Penyebabnya adalah produksi melanin dalam kulit yang tidak merata sehingga menimbulkan bintik-bintik hitam penuaan atau lentigo.

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat merangsang produksi melanin yang berlebih. Lalu, bekas jerawat yang meradang juga meninggalkan noda hitam. Hal ini terjadi karena proses penyembuhan kulit yang tidak sempurna sehingga menyebabkan penumpukkan melanin di area jerawat tersebut.

Namun tak perlu khawatir, hiperpigmentasi ini masih bisa kamu samarkan dengan menggunakan berbagai metode kecantikan. Perawatan yang paling ampuh dan cepat adalah treatment di klinik kecantikan dengan menggunakan terapi laser, IPL, dan mikrodermabrasi yang berguna untuk merangsang pertumbuhan kulit baru.

Tidak selalu mengandalkan perawatan di klinik kecantikan, kamu juga bisa menghilangkan noda hitam dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar. Bahan yang dimaksud adalah buah bit atau beetroot yang dijadikan sebagai krim antiaging.

Umbi-umbianyang satu ini memiliki sifat antiaging yang dapat mencegah penuaan dini, mencerahkan, meratakan warna kulit, dan menyamarkan noda hitam. Lalu, adanya kandungan air yang tinggi membuat umbi-umbian ini mampu menjaga kulit tetap terhidrasi. Kandungan antiinflamasi dapat mengurangi jerawat dan merawat kulit sensitif.

Tidak hanya menggunakan satu bahan, krim antiaging ini juga dikombinasikan dengan wortel yang memiliki kandungan vitamin A, betakaroten, dan vitamin E. Semua kandungan yang dimiliki oleh wortel itu dapat mencegah penuaan dini, mencerahkan noda hitam, dan mengatasi jerawat.

Bagi kamu yang belum mengetahui cara membuat krim antiaging dari kedua bahan ini yuk simak langkah-langkah yang dibagikan oleh pengguna YouTube Natrlich und Gesund, seperti dirangkum briliobeauty.net pada Senin (12/6).

Bahan-bahan:

cara samarkan noda hitam di wajah berbagai sumber

foto: YouTube/Natrlich und Gesund

1. 1 Buah bit.
2. 1 Buah wortel.
3. Bunga lavender kering,
4. Minyak zaitun.

Cara membuat:

cara samarkan noda hitam di wajah berbagai sumber

foto: YouTube/Natrlich und Gesund

1. Kupas buah bit lalu potong menjadi dua bagian.
2. Parut buah tersebut dan masukkan ke dalam toples kaca.
3. Kupas wortel, parut, lalu masukkan ke dalam wadah.
4. Tambahkan satu sendok bunga lavender kering.
5. Tuangkan 159 ml minyak zaitun.
6. Siapkan panci berisi kain dan air secukupnya. Masak campuran bahan tersebut kurang lebih 30 menit dengan api kecil.
7. Angkat dan biarkan dingin.
8. Tuangkan pada mangkuk bersih, sembari disaring.
9. Aduk kembali campuran bahan tersebut. Terakhir, masukkan ke dalam botol skincare.

Krim kolagen dari buah bit ini sudah bisa kamu gunakan untuk perawatan kecantikan kulit. Caranya cukup mudah, langkah pertama yaitu bersihkan wajah terlebih dahulu. Lalu, oleskan krim kolagen tersebut pada wajah. Diamkan kurang lebih 15 menit atau hingga meresap dan sembari dipijat-pijat. Agar noda hitam di wajah ini dapat disamarkan dalam waktu cepat, kamu bisa menggunakan krim ini setiap hari.

(brl/wen)

tags

STORIES