Bikin kulit auto halus dan cerah, begini cara atasi kulit kasar dan kering hanya pakai 4 bahan dapur

Bikin kulit auto halus dan cerah, begini cara atasi kulit kasar dan kering hanya pakai 4 bahan dapur

Brilio.net - Kulit kasar dan kering merupakan kondisi yang sering dialami oleh sejumlah orang. Penyebab utama dari kondisi ini adalah kurangnya kelembapan pada kulit. Hal ini bisa terjadi karena kulit yang terlalu lama terpapar sinar AC dan sinar matahari. Selain itu, terjadinya penuaan dini, penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok, dan penyakit kulit dapat memperparah kondisi tersebut.

Cara umum untuk mengatasi kondisi kulit ini adalah dengan memperbanyak minum air dan menggunakan produk pelembap. Selain menggunakan cara-cara tersebut, penggunaan produk skincare lain juga bisa membantu mengatasi kulit kasar dan kering.

Salah satu produk skincare selain pelembap yang bisa digunakan rutin untuk menghaluskan dan melembapkan kulit adalah scrub wajah. Selain membeli di pasaran, scrub wajah ini bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satu pengguna TikTok dengan akun @vikimre membagikan cara membuat scrub wajah dari bahan dapur.

Dalam videonya, pemilik akun tersebut menggunakan bahan-bahan seperti kopi, gula merah, cinnamon, dan minyak kelapa. Siapa sangka, kalau bahan-bahan yang sering digunakan untuk makanan tersebut mengandung manfaat untuk kesehatan kulit.

Kopi mengandung antioksidan yang bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang produksi kolagen yang membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Kandungan kafein dalam kopi juga membantu memperbaiki sirkulasi darah ke kulit.

Sedangkan, gula merah mengandung asam glikolat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori kulit sehingga lebih halus. Sementara itu, adanya kandungan antioksidan dan antiinflamasi dapat mencegah iritasi pada kulit. Di sisi lain, minyak kelapa dapat melembapkan dan menjaga kelembapan selama sehari karena terdapat kandungan asam laurat, asam kaprilat, dan asam kaprat.

Cara membuat keempat bahan tersebut jadi scrub wajah pun cukup gampang. Kamu bahkan bisa menyimpannya untuk digunakan lagi kapan saja. Dilansir briliobeauty.net pada Senin (15/5), berikut cara membuat scrub wajah untuk menghaluskan dan melembapkan kulit.

Bahan-bahan:

 cara atasi kulit kasar dan kering berbagai sumber

foto: TikTok/@vikimre

1. 1/2 Sendok makan kopi bubuk
2. 1/2 Sendok makan gula merah
3. 1/2 Sendok makan cinnamon (kayu manis)
4. 1/2 Sendok makan coconut oil

Cara membuat:

 cara atasi kulit kasar dan kering berbagai sumber

foto: TikTok/@vikimre

1. Masukkan kopi ke dalam wadah bersih
2. Tambahkan gula merah dan cinnamon
3. Tuangkan coconut oil atau minyak kelapa
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Aplikasikan scrub tersebut pada tangan ataupun kaki
6. Diamkan beberapa menit dan gosok secara perlahan
7. Bilas dengan menggunakan air biasa.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa gunakan scrub ini secara rutin. Sementara itu, unggahan mengenai trik tersebut pun menarik perhatian hingga dibagikan ke tiga ribu dan 32 ribu like dari pengguna TikTok.

"Saya mencoba kopi dan madu untuk wajah saja. Membuat saya kaget, hasilnya membuat kulit menjadi lembut," tulis salah satu netizen.

"Bagus juga untuk atasi ketombe," tulis akun @detoxskincare.

"Kopi bagus sekali," tulis akun @lila.

"Resep ini bikin kulit jadi lembut beberapa jam kemudian," imbuh akun @harini.

@vikimre My favourite DIY body scrub. YOU HAVE TO TRY IT!!!! #cellulitereduction #stretchmark #stretchmarksremedy #coffeescrub #bodyscrub #diybodyscrub #3ingredientsrecipes #fyp #beautytips #naturalbeautytips #naturalcosmetics #skincarehacks #homeremedy #bodycareproducts #bodycareroutine #coffeescrubforskin #beautytok #softskincare Sunshine - WIRA

(brl/mal)

tags

STORIES