Bikin kulit mulus, 7 bahan makanan rekomendasi dokter ini bisa bantu mempercepat penyembuhan jerawat

Bikin kulit mulus, 7 bahan makanan rekomendasi dokter ini bisa bantu mempercepat penyembuhan jerawat

Brilio.net - Jerawat masih menjadi permasalahan kulit yang menjengkelkan bagi banyak orang. Masalah kulit ini dapat dialami oleh siapa saja, tetapi umumnya pertama kali muncul di masa remaja atau pubertas, yaitu usia 10 sampai 18 tahun. Kondisi jerawat cenderung lebih parah pada remaja laki-laki dan orang yang memiliki jenis kulit berminyak.

Masalah kulit yang umumnya terjadi di area wajah ini disebabkan oleh penyumbatan di pori-pori kulit, tepatnya di folikel rambut. Pada folikel rambut, terdapat kelenjar minyak yang normalnya memproduksi minyak alami kulit untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Jerawat timbul jika saluran keluar minyak tersebut tersumbat akibat produksi minyak yang berlebihan, penumpukan sel-sel kulit mati, debu, polusi, sisa makeup, serta infeksi bakteri. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil kemerahan yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Kondisi ini bisa diatasi dengan berbagai cara.

Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan skincare khusus jerawat, hingga dimaksimalkan dengan pola hidup yang sehat. Seperti mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi. Ada beberapa makanan yang bisa membantu penyembuhan jerawat dari dalam. Meski nggak bisa langsung, namun khasiatnya bisa dirasakan jangka panjang.

Apa saja makanannya? Yuk, simak tujuh bahan makanan rekomendasi dokter yang bisa membantu penyembuhan jerawat, seperti briliobeauty.net lansir dari akun YouTube Saddam Ismail, Sabtu (4/5).

1. Pepaya.

7 Bahan makanan rekomendasi dokter penyembuh jerawat Berbagai sumber

foto: freepik.com

Pepaya adalah salah satu buah tinggi kandungan enzim papain yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Kelebihan minyak kulit ini dapat memperburuk masalah jerawat dengan menyumbat folikel rambut.

Nah, kandungan vitamin C dalam pepaya juga efektif untuk menutrisi dengan merangsang jaringan kolagen dalam kulit, sehingga jerawat akan cepat sembuh. Kamu bisa mengonsumsinya atau menjadikannya masker wajah.

"Pepaya, kandungan nutrisinya juga bisa membantu untuk menghilangkan jerawat. Karena bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, menyembuhkan luka secara alami," kata dokter Saddam.

(brl/mal)

tags

STORIES