Bikin kulit putih dan antikering, ini cara lembapkan wajah pakai face lotion dari 1 jenis biji-bijian

Bikin kulit putih dan antikering, ini cara lembapkan wajah pakai face lotion dari 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Kulit kering merupakan salah satu sumber permasalah kulit yang dapat memicu permasalahan kulit lainnya. Masalah kulit wajah kering memang bisa bikin frustasi. Jika dibiarkan terus-menerus, kulit muka kering bisa mengelupas dan pecah-pecah, bahkan membuat wajah tampak kusam.

Kulit wajah kering terjadi ketika kulit kehilangan atau tidak cukup memproduksi minyak alami atau sebum yang cukup untuk menghidrasi dan melindungi kulit. Kulit pun jadi terasa kering, mengelupas, hingga muncul ruam. Kulit kering yang tidak terhidrasi dengan baik juga merupakan tanda kurangnya kelembapan sehingga membuatnya tampak kusam dan kasar.

Paparan udara yang kering, kebiasaan cuci muka menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering. Selain itu, penggunaan obat-obatan hingga kondisi medis tertentu dapat meningkatkan risiko kulit kering muncul.

Itulah sebabnya, kondisi kulit kering perlu dirawat, supaya tak hanya halus dan berseri, melainkan juga sehat. Nah, salah satu cara untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan face lotion. Lotion berfungsi sebagai moisture lock yang menjaga kelembapan wajah selama kita tidur. Meski sudah banyak dijual produk face lotion beragam merek di pasaran, namun tak semua orang cocok dengan kandungan didalamnya.

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat face lotion sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada. Sama seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @robinanoreen pada (20/9/2021) lalu.

Cara lembapkan wajah pakai face lotion dari 1 jenis biji-bijian Berbagai sumber

foto: freepik.com

Melalui unggahannya tersebut, pemilik akun memberikan cara lembapkan wajah pakai face lotion dari 1 jenis biji-bijian. Biji-bijian yang digunakan adalah biji almond. Selain biji almond, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu air mawar, aloe vera gel, dan minyak kelapa.

"Skin whitening homemade lotion (Losion pemutih kulit buatan sendiri)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @robinanoreen, Sabtu (22/4).

Almond mengandung biotin yang dapat menjaga kelembapan kulit. Selain kandungan biotin yang mampu melembapkan kulit, kandungan almond lainnya yang mengatasi kulit dehidrasi atau kering adalah vitamin A,C, enzim, dan antioksidan. Saat kulitmu lembap dan terhidrasi, kulitmu otomatis akan tampak semakin cerah. Antioksidan dalam almond juga melawan kerusakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat merawat kehalusan kulit.

Sedangkan air mawar, salah satu manfaatnya adalah melembapkan kulit. Air mawar mengandung pelembap alami serta antioksidan yang dapat mencegah kulit kering. Selain membuat kulit lebih bersih, segar, sehat, dan selalu tampak cerah, air mawar juga bagus untuk menjaga pH kulit tetap seimbang. Ini karena minyak tersebut berperan aktif sebagai penghidrasi kulit secara alami.

Begitupun dengan aloe vera gel yang mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidan didalamnya juga mampu mengatasi kulit kusam agar kembali cerah. Sementara minyak kelapa mampu meningkatkan hidrasi kulit yang sama efektifnya dengan minyak mineral.

Cara lembapkan wajah pakai face lotion dari 1 jenis biji-bijian Berbagai sumber

foto: TikTok/@robinanoreen

Jika digunakan pada malam hari, minyak kelapa dapat membantu meningkatkan lapisan pelindung kulit serta menjaga kelembapannya agar kulit tetap kenyal dan terhidrasi dengan baik semalaman. Manfaat minyak kelapa untuk wajah lainnya adalah mencerahkan kulit sekaligus meratakan warna kulit. Hal ini karena sifatnya sebagai eksfoliator yang lembut sehingga mampu mengangkat kotoran dan kulit mati yang menempel pada kulit. Yuk, simak cara membuat face lotionnya.

Bahan:

1. 5-7 butir biji almond.
2. 3 sendok makan air mawar.
3. 1 sendok makan aloe vera gel.
4. 2 sendok makan minyak kelapa.
5. Air hangat secukupnya.

Cara lembapkan wajah pakai face lotion dari 1 jenis biji-bijian Berbagai sumber

foto: TikTok/@robinanoreen

Cara membuat:

1. Rendam biji almond pada air hangat selama 15-20 menit lalu kupas dari kulitnya.
2. Tambahkan air mawar lalu blender kedua bahan tersebut sampai halus.
3. Saring lalu ambil airnya.
4. Siapkan wadah lain lalu campurkan aloe vera gel dan minyak kelapa.
5. Aduk merata lalu tambahkan 1 sendok makan campuran air mawar dan almond yang sudah kamu siapkan.
6. Aduk kembali sampai tercampur merata.
7. Pindahkan pada jar penyimpanan agar lebih awet.
8. Ambil secukupnya lalu aplikasikan pada wajah dan area leher.
9. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
10. Gunakan secara rutin setiap malam untuk mendapatkan wajah yang putih dan antikering.

@robinanoreen Skin whitening homemadelotion #foryou #homade #beautytips Cute - Bensound

(brl/wen)

tags

STORIES