Bikin wajah auto awet muda, ini cara cegah penuaan dini cuma pakai masker dari 3 bahan alami

Bikin wajah auto awet muda, ini cara cegah penuaan dini cuma pakai masker dari 3 bahan alami

Brilio.net - Penuaan merupakan proses alami yang dialami semua orang yang memasuki usia 40 tahun ke atas. Namun tak dipungkiri, proses penuaan terjadi lebih cepat atau disebut penuaan dini.

Melansir dari Cleveland Clinic, Rabu (17/7) paparan sinar matahari penyebab masalah kulit. Sinar ultraviolet (UV) bias membuat kulit menua lebih cepat dibandingkan penauan alami. Sinar matahari bisa merusak sel-sel kulit, sehingga memicu tanda-tanda penuaan seperti munculnya flek hitam dan kerutan.

Sementara itu, faktor lainnya penyebab tanda penuaan adalah kebiasan buruk seperti merokok. Satu batang rokok punya kandungan nikotin yang mengubah sel-sel dalam tubuh menjadi racun. Kemudian racun ini memecah kolagen dan serat elastis pada kulit, sehingga menyebabkan kulit jadi kendur, keriput, dan wajah tampak kusam.

Kunci agar wajah tak mengalami penuaan dini adalah menghindari penyebabnya dengan menggunakan sunscreen dan mengurangi rokok. Selain itu, kamu juga bisa mencegah penuaan dini dengan merawat wajah menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami.

Masker alami ini selain murah, juga bisa membuat wajah kamu jadi leih sehat. Buat kamu yang ingin mencoba menggunakan masker alami, bisa mengikuti video yang dibagikan pengguna Instagram @cindymamesah.

Lewat unggahan reels, dia tampak menggunakan chia seed, susu cair, dan campuran madu. Semua bahan tersebut diklaim bisa membuat wajah auto awet muda. Bagi kamu yang penasaran, langsung intip cara di bawah ini sebagaimana dilansir briliobeuty.net dari Instagram @cindymamesah, Rabu (17/7).

Bahan:

cara membuat masker penuaan dini  2024 Instagram

cara membuat masker penuaan dini
Instagram/@cindymamesah.mdl

- 2 sendok makan chia seed
- 150 ml susu cair
- 1 sendok makan madu

Cara membuat:

cara membuat masker penuaan dini  2024 Instagram

cara membuat masker penuaan dini
Instagram/@cindymamesah.mdl

1. Rendam chia seed dengan air matang 10 menit hingga mengembang
2. Tuangkan susu cair
3. Tambahkan madu
4. Haluskan semua bahan dengan menggunakan blender
5. Masker siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

cara membuat masker penuaan dini  2024 Instagram

cara membuat masker penuaan dini
Instagram/@cindymamesah.mdl

1. Pastikan wajah kamu bersih terlebih dahulu
2. Oleskan masker pada wajah dan leher
3. Diamkan selama 15-20 menit
4. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk atau tisu
5. Gunakan masker ini secara rutin satu hingga dua minggu sekali agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Manfaat dari Chia seed dan susu untuk cegah penuaan.

Bahan-bahan alami seperti chia seed dan susu memang biasa digunakan sebagai perawatan kulit wajah. Melansir dari Onset Worl Wide, Rabu (17/7) chia seed merupakan pelembap alami yang menghidrasi kulit dan menjaganya tetap kenyal. Adanya kandungan asam lemak omega-3 dalam chia seed membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka kulit.

Bahan lainnya yaitu madu menjadi agen antibakteri dan antiinflamasi yang diklaim bisa mencegah penuaan dini. Melansir dari Hindustan Times, madu menjadi pelembap yang efektif membantu mengurangi keriput pada wajah. Bahkan adanya sifat antibakteri membuat wajah kamu terlihat lebih cerah dan bebas kusam.

(brl/ola)

tags

STORIES