Buah berwarna merah ini bisa bikin bibir gelap auto cerah dalam sekali pakai, ini cara mengolahnya

Buah berwarna merah ini bisa bikin bibir gelap auto cerah dalam sekali pakai, ini cara mengolahnya

Brilio.net - Bibir gelap menjadi salah satu masalah di area wajah yang cukup mengganggu penampilan dan umum dialami oleh kebanyakan orang. Bukan tanpa alasan, bibir gelap bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Salah satu penyebab utama adalah paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sama seperti kulit, bibir juga dapat mengalami hiperpigmentasi akibat paparan UV, yang merangsang produksi melanin. Selain itu, kebiasaan merokok merupakan faktor signifikan yang dapat membuat bibir menjadi lebih gelap. Nikotin dan tar dari rokok dapat mengubah warna bibir dan menyebabkan penumpukan pigmen.

Kebanyakan orang akan memanfaatkan lipstik atau pewarna bibir lainnya untuk menutupi tampilan bibir gelap. Padahal, ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir gelap agar tampak lebih cerah lho.

Buah berwarna merah ini bisa bikin bibir gelap auto cerah Berbagai sumber

foto: TikTok/@sahilnarang21

Nah, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @sahilnarang21, yang memakai salah satu buah berwarna merah untuk mencerahkan bibir gelap. Buah yang dimaksud adalah beetroot atau buah bit. Yuk, simak cara mengolahnya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @sahilnarang21, Senin (19/8).

Bahan:

- Madu secukupnya
- Plastik bersih
- Jus beetroot atau buah bit secukupnya
- Vaseline petroleum jelly

Buah berwarna merah ini bisa bikin bibir gelap auto cerah Berbagai sumber

foto: TikTok/@sahilnarang21

Cara mengolah dan memakai:

1. Sebelum menggunakan beetroot sebagai bahan pencerah, kamu perlu melembapkan bibir terlebih dahulu menggunakan madu
2. Aplikasikan madu pada bibir yang sudah bersih secara menyeluruh
3. Cover atau tutup menggunakan plastik selama 5 menit
4. Setelah 5 menit, lap bibir menggunakan tisu
5. Siapkan wadah bersih, tuangkan jus buah bit merah dan tambahkan petroleum jelly
6. Aduk keduanya sampai tercampur merata
7. Aplikasikan pada bibir secara menyeluruh dan kamu akan mendapatkan bibir yang cerah secara alami
8. Lakukan metode ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan bibir yang lebih cerah

Buah berwarna merah ini bisa bikin bibir gelap auto cerah Berbagai sumber

foto: TikTok/@sahilnarang21

Manfaat madu untuk mencerahkan bibir gelap.

Madu dapat mencerahkan bibir gelap karena memiliki sifat alami yang bermanfaat untuk kulit. Madu mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat memperbaiki kesehatan kulit dan merangsang regenerasi sel. Kandungan humektan dalam madu dapat menjaga kelembapan bibir. Selain itu, madu juga memiliki sifat eksfoliasi ringan yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga bibir tampak lebih cerah dan segar.

Kandungan beetroot merah untuk mengatasi bibir gelap.

Buah bit kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dan merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein penting yang menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit, termasuk di area bibir. Selain itu, buah berwarna merah ini juga mengandung betasianin, pigmen alami yang memberi warna merah pada buah bit dan memiliki sifat antiinflamasi serta membantu mencerahkan area kulit yang gelap.

Petroleum jelly efektif bikin bibir lembap dan cerah.

Petroleum jelly, atau jelly petroleum, tidak secara langsung mencerahkan bibir, tetapi dapat membantu menjaga bibir tetap sehat dan tampak lebih cerah. Petroleum jelly berfungsi sebagai pelembap yang sangat efektif karena membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit. Dengan menjaga kelembapan bibir, petroleum jelly membantu menghindari kekeringan dan pengelupasan yang bisa menyebabkan bibir terlihat kusam atau gelap.

(brl/jad)

tags

STORIES