Buah ini bisa pudarkan flek hitam di wajah, begini cara membuat dan memakainya

Buah ini bisa pudarkan flek hitam di wajah, begini cara membuat dan memakainya

Brilio.net - Flek hitam ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam kecokelatan di permukaan kulit, terutama pada area wajah. Kondisi ini juga kerap disebut dengan hiperpigmentasi. Bukan tanpa alasan, masalah kulit ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti penuaan, paparan sinar matahari yang terlalu sering, perubahan hormonal, gaya hidup yang tidak sehat, polusi, efek penuaan, dan kurang merawat wajah.

Namun di antara beberapa faktor tersebut, paparan sinar matahari adalah penyebab paling umum munculnya flek hitam di wajah. Apalagi jika tanpa perlindungan tabir surya. Pasalnya, sinar UV matahari akan memicu sel melanosit sebagai pigmen alami kulit untuk memproduksi zat melanin berlebih. Ini merupakan upaya alami kulit untuk melindungi diri dari efek buruk sinar UV matahari.

Selain bikin wajah kurang mulus, flek hitam juga bisa bikin kulit wajah memiliki warna tidak merata. Tak heran banyak orang tidak percaya diri dengan kondisi ini. Jika kamu salah satunya, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Buah mentimun bisa pudarkan flek hitam di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@rabiabeautytips

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @rabiabeautytips, yang memakai 1 jenis buah untuk memudarkan flek hitam di wajah. Buah yang dimaksud adalah mentimun. Tak hanya itu saja, ia juga menambahkan bahan lain yaitu air mawar. Yuk, simak cara membuat dan memakainya, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @rabiabeautytips, Sabtu (29/6).

Bahan:

- 1/2 buah mentimun segar
- Air mawar secukupnya

Buah mentimun bisa pudarkan flek hitam di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@rabiabeautytips

Cara membuat dan memakai:

1. Cuci mentimun sampai bersih
2. Parut mentimun hingga benar-benar halus
3. Peras dan ambil airnya saja
4. Tuangkan pada wadah lalu tambahkan air mawar
5. Aduk keduanya sampai tercampur merata
6. Pindahkan kedalam botol spray agar lebih mudah penggunaannya
7. Semprotkan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
8. Gunakan secara rutin setiap hari saat pagi dan malam hari untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas flek hitam.

Buah mentimun bisa pudarkan flek hitam di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@rabiabeautytips

Kandungan mentimun untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Mentimun menjadi salah satu buah yang memiliki rasa segar karena kandungan airnya yang tinggi. Sebagai salah satu buah yang kerap kali dimanfaatkan untuk melembapkan kulit, mentimun ternyata juga efektif menghilangkan flek hitam. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya juga dipercaya ampuh mencerahkan kulit dan bikin flek hitam memudar seiring waktu. Selain itu, mentimun juga dapat menenangkan kulit dengan mengurangi peradangan dan kemerahan akibat iritasi dan jerawat.

Manfaat air mawar untuk bikin wajah mulus bebas flek hitam.

Manfaat air mawar untuk wajah ada banyak sekali, di antaranya adalah mengatasi kulit kusam, bikin wajah auto lembap, dan memudarkan flek hitam. Ini berkat kandungan vitamin A dan E yang dapat melembapkan dan menutrisi kulit. Kandungan tersebut juga efektif mengeksfoliasi kulit secara alami. Kandungan antioksidan pada air mawar juga dapat memperkuat sel-sel di wajah dan meregenerasi kulit sehingga tampak lebih cerah dan mulus.

(brl/far)

tags

STORIES