Buah rasa asam ini bisa putihkan gigi kuning dan atasi bau mulut tak sedap, begini cara menggunakannya

Buah rasa asam ini bisa putihkan gigi kuning dan atasi bau mulut tak sedap, begini cara menggunakannya

Brilio.net - Gigi kuning dan bau mulut yang tidak sedap merupakan kondisi yang mengganggu rasa percaya diri seseorang. Mengutip dari laman Healthline, banyak faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putihnya. Salah satunya mengonsumsi makanan tertentu yang dapat menodai email gigi atau lapisan terluar gigi.

Selain itu, penumpukan plak juga dapat menyebabkan gigi tampak kuning. Bahkan beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dan minum kopi, sulit untuk membuat gigi tetap putih. Selain gigi yang tampak menguning, terkadang bau mulut juga muncul karena kebiasaan tersebut lho.

Umumnya bau mulut timbul karena sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut. Sisa makanan yang berada di dalam mulut akan menjadi tempat berkembangnya bakteri, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Kedua permasalahan tersebut dapat membuat penderitanya jadi kurang percaya diri.

Lantaran menganggu penampilan, banyak orang mencari cara memutihkan gigi dan mengatasi bau tak sedap pada mulutnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan buah-buahan, seperti dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @healthytips84. Lewat unggahannya, ia menggunakan lemon untuk memutihkan gigi dan mencegah bau mulut tak sedap.

Buah rasa asam bisa putihkan gigi kuning dan atasi bau mulut tak sedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@healthytips84

Selain lemon, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu kulit pisang, garam, dan pasta gigi. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @healthytips84, Selasa (9/7).

Bahan:

- Kulit pisang secukupnya
- 1 sendok teh perasan lemon
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh pasta gigi

Cara membuat dan menggunakan:

Buah rasa asam bisa putihkan gigi kuning dan atasi bau mulut tak sedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@healthytips84

1. Cuci kulit pisang sampai bersih
2. Kerok bagian dalam kulit pisang menggunakan sendok
3. Tuangkan pada wadah, lalu tambahkan perasan lemon, garam, dan pasta gigi
4. Aduk keempat bahan tersebut sampai tercampur merata
5. Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi selama 2 menit
6. Gosok-gosok hingga ke sela-sela gigi
7. Bilas dengan berkumur menggunakan air bersih
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan gigi yang putih dan napas lebih segar.

Kulit pisang dapat memutihkan gigi dan mengatasi bau mulut tak sedap

Buah rasa asam bisa putihkan gigi kuning dan atasi bau mulut tak sedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@healthytips84

Dilansir dari laman Burlington Dental Center, kulit pisang mengandung kalium dan magnesium yang efektif untuk memutihkan gigi. Kedua kandungan tersebut juga dapat membantu proses remineralisasi enamel.

Meskipun bahan ini tidak memutihkan gigi secara khusus, namun enamel yang lebih kuat dapat memberikan tampilan gigi yang lebih sehat dan berkilau. Bahkan kandungan potasium dalam kulit pisang juga ampuh menjaga kesehatan gigi dan gusi, sehingga bau mulut bisa segera teratasi.

Kandungan lemon untuk mengatasi gigi kuning dan bau mulut tak sedap

Lemon efektif memudarkan noda kekuningan pada gigi, berkat kandungan asam atau vitamin C yang mampu mengikis bakteri penyebab gigi kuning. Selain itu, pH pada buah sitrus ini juga mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi, sehingga dapat mencegah pembentukan plak pada gigi dan mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

Manfaat garam untuk menjaga gigi tetap putih dan napas bau.

Kandungan mineral, kalsium, fosfor, dan fluor pada garam bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Garam juga dianggap sebagai antiseptik alami yang dapat membasmi bakteri, dengan meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut. Bahan dapur ini juga dapat membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi, yang dapat menyebabkan gigi kuning dan napas bau tak sedap.

(brl/mal)

tags

STORIES