Bukan cuma air beras, ini cara melawan jerawat membandel di wajah pakai krim dari 2 daun herbal

Bukan cuma air beras, ini cara melawan jerawat membandel di wajah pakai krim dari 2 daun herbal

Brilio.net - Setelah beraktivitas seharian di dalam maupun luar rumah, kulit jelas akan menjadi terpapar oleh berbagai faktor lingkungan yang dapat mengakibatkan kotoran menempel pada permukaan kulit. Sebut saja seperti polusi udara, debu, paparan sinar matahari, dan masih banyak lagi. Akibatnya, selain wajah bisa menjadi tidak bersih, seluruh hal tadi bisa berujung pada banyak masalah kulit lainnya lho.

Salah satu masalah kulit yang umum ditimbulkan karena kondisi di atas adalah jerawat. Hal ini terjadi karena seluruh kotoran tadi umumnya akan bercampur dengan minyak alami kulit (sebum) sehingga menyebabkan rongga pada pori-pori tersumbat. Penyumbatan inilah yang kemudian menjadi tempat ideal bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak sehingga meningkatkan risiko peradangan kulit di bagian dalam dan memicu pembengkakan jerawat. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka jerawat ini bisa berkembang menjadi peradangan yang dapat menimbulkan luka dalam dan kerusakan kulit lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, sangat penting bagi kamu untuk memberikan nutrisi bagi kulit untuk melawan jerawat selain rajin mencuci muka saja lho. Nah, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami penuh khasiat seperti daun neem yang dicampur bersama air beras dan gel lidah buaya sebagaimana diperagakan oleh @theglobalistagirl di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Minggu (13/8).

pakai krim dari 2 daun herbal  Instagram

foto: freepik.com

Daun neem merupakan daun yang penuh akan khasiat dalam melawan jerawat. Hal ini dikarenakan komponen dalam daun neem seperti triterpenoid, flavonoid, dan asam lemak esensial pada dasarnya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri kuat. Hal ini berarti bahwa daun neem efektif dalam meminimalisir kemerahan dan bengkak pada jerawat serta membunuh bakteri jerawat itu sendiri. Selain itu, daun neem juga dapat mengurangi risiko infeksi pada kulit yang sudah terkena jerawat.

pakai krim dari 2 daun herbal  Instagram

foto: freepik.com

Air beras mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang bermanfaat bagi kulit. Pertama, kemampuannya untuk membersihkan kulit secara mendalam melalui kandungan asam phytic dalam beras dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Selain itu, ekstrak beras juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Hal ini membuat air beras efektif dalam mengurangi potensi munculnya jerawat beserta peradangan yang menyertainya.

pakai krim dari 2 daun herbal  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera, tumbuhan yang telah digunakan secara tradisional dalam perawatan kulit, juga merupakan solusi efektif untuk jerawat dan bekasnya. Gel dalam daun aloe vera mengandung berbagai senyawa bioaktif, seperti aloesin, aloin, dan enzim proteolitik. Senyawa aktif ini membantu meredakan peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mempercepat penyembuhan kulit. Aloe vera juga memiliki efek cooling yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit berjerawat.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu ubah menjadi pelembap bagi wajah dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 3 Sendok makan beras
2. Segenggam tangan daun neem
3. 4 Sendok makan gel aloe vera (menyesuaikan dengan besar jar)
4. Minyak tea tree (opsional)
5. Wadah dan jar kecil

Langkah pengerjaan:

pakai krim dari 2 daun herbal  Instagram

foto: Instagram/@theglobalistagirl

1. Ambillah 3 sendok makan beras dan cucilah sebanyak 2 kali.
2. Setelahnya, rendam beras yang telah dibersihkan tersebut kurang lebih 30 menit.
3. Lepaskan segenggam daun neem dari tangkainya dan masukkan ke dalam mixer/blender.
4. Tambahkan seluruh air beras hasil rendaman tadi secara perlahan, lalu haluskan daun neem tersebut.
5. Setelah dirasa cukup halus, saringlah air dari daun neem dan beras tadi.

pakai krim dari 2 daun herbal  Instagram

foto: Instagram/@theglobalistagirl

6. Campurkan air tadi dengan 4 sendok makan gel aloe vera dalam sebuah wadah kecil secara perlahan.
7. Bila ada, tambahkan beberapa tetes minyak tea tree ke dalamnya pula.
8. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
9. Aplikasikan krim ini setiap hari ke wajah dan leher sebelum tidur sebagai pelembap.

(brl/far)

tags

STORIES