Bukan dengan kunyit dan air mawar, ini trik pudarkan flek hitam membandel pakai 1 jenis buah-buahan

Bukan dengan kunyit dan air mawar, ini trik pudarkan flek hitam membandel pakai 1 jenis buah-buahan

Brilio.net - Salah satu area kulit yang cukup sensitif adalah wajah. Itu sebabnya, masalah kulit kerap terjadi pada wajah terutama bila sering terpapar polusi, sinar matahari, atau bakteri. Selain jerawat, flek hitam merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita.

Ada beberapa penyebab mengapa flek hitam bisa menodai wajah mulusmu, di antaranya yaitu bekas jerawat, pigmentasi tak merata akibat paparan sinar UV, serta iritasi kulit. Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin pada kulit, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari.

Faktor utama penyebab flek hitam di wajah adalah paparan sinar matahari langsung ke kulit yang tidak terlindung sunscreen. Indonesia merupakan negara tropis yang mataharinya bersinar setiap hari dengan intensitas tinggi, maka potensi munculnya flek hitam di kulit wajah pun terbilang sangat tinggi.

Nah, jika sudah terlanjur mengalami masalah flek hitam, tak perlu risau. Karena kamu bisa mengatasinya menggunakan masker dari bahan alami. Bukan dengan kunyit dan air mawar, karena pemilik akun TikTok @nadina_ioana membagikan trik memudarkan flek hitam membandel pakai 1 jenis buah-buahan. Buah yang dimaksud adalah lemon.

"Dark spots treatment at home (Perawatan flek hitam di rumah)," katanya sebagai keterangan video unggahan yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @nadina_ioana, Rabu (13/9).

Pudarkan flek hitam membandel pakai 1 jenis buah-buahan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jeruk lemon kaya akan kandungan vitamin C dan asam sitrat yang memberikan manfaat baik untuk tubuh, termasuk kulit. Karena manfaatnya, banyak orang yang menggunakan lemon untuk perawatan kulit sehari-hari. Manfaat lemon salah satunya adalah memudarkan flek hitam di wajah. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat bekerja dengan baik untuk membantu memudarkan flek-flek hitam, bekas jerawat, dan bintik-bintik tanda penuaan kulit.

Kandungan asam sitrat dalam lemon juga membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan memperlancar pertumbuhan sel kulit baru. Selain itu, kandungan asam sitrat dalam lemon juga dapat memudarkan flek hitam membandel sehingga kulit tampak lebih cerah dan mulus.

Namun bagi kamu pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati dengan penggunaan buah ini. Pasalnya, kandungan asam yang tinggi pada lemon bisa membuat kulit teriritasi. Jadi, sebelum menggunakan pada wajah, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi.

Pudarkan flek hitam membandel pakai 1 jenis buah-buahan Berbagai sumber

foto: TikTok/@nadina_ioana

Cukup dengan 1 jenis buah, kamu dapat membuat sheet mask yang mampu menghilangkan flek hitam di wajah. Ini cara membuatnya.

Bahan:

1. 1-2 sendok makan air perasan lemon
2. Air secukupnya
3. 1 buah compressed mask

Pudarkan flek hitam membandel pakai 1 jenis buah-buahan Berbagai sumber

foto: TikTok/@nadina_ioana

Cara membuat:

1. Campurkan air perasan lemon dan air pada wadah.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata.
3. Masukkan compressed mask pada larutan air lemon sampai menyerap.
4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih seperti saat menggunakan sheet mask pada umumnya.
5. Diamkan selama 20 menit lalu lepaskan sheet mask.
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
7. Gunakan sheet mask ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas flek.

@nadina_ioana Dark spots treatment at home | #vitamincmask#diymask#diybeauty#asmrskincareeddition#asmrskincareroutine#nadinaioana#asmrlemon#lemonmask#lemonskincare#sheetmask original sound - Nadina Ioana

(brl/jad)

tags

STORIES