Bukan dengan kunyit, ini trik agar wajah bersinar dan bebas keriput pakai krim dari 1 ampas minuman

Bukan dengan kunyit, ini trik agar wajah bersinar dan bebas keriput pakai krim dari 1 ampas minuman

Brilio.net - Umumnya, kulit pada usia muda memang cenderung tampak segar dan bercahaya. Coba saja lihat kulit anak-anak yang memiliki tingkat elastisitas yang baik, tekstur halus, serta warna kulit merata. Hal ini dikarenakan pada fase tersebut ada pembaharuan dan penguatan jaringan kulit secara konsisten yang didukung tingginya produksi kolagen dan elastin sebagai komponen penyusun struktur kulit.

Namun seiring berjalannya waktu, aura muda seseorang akan terus menghilang sedikit demi sedikit akibat kulit yang semakin kusam dan menua. Kedua masalah ini bisa muncul akibat intensitas paparan polusi dan sinar matahari ke kulit yang meningkat. Apalagi, polusi dan sinar matahari juga merupakan faktor utama yang merusak produksi kolagen dan elastin sebagai komponen penting yang menyusun kekuatan dan elastisitas kulit.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan kulit kehilangan kemampuannya untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan, sehingga kulit tampak kusam serta rentan terhadap munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

Meski munculnya penuaan dan kulit kusam sulit dihindari, bukan berarti kamu tidak bisa memperlambat dan mengurangi penampakannya di wajah lho. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan bahan-bahan alami yang kaya akan sumber nutrisi yang bisa melawan masalah kulit.

Beberapa bahan yang bisa kamu gunakan ialah ampas kopi, aloe vera, dan air mawar. Cara mengatasi kulit kusam dan penuaan ini dibagikan pemilik akun Instagram @a_little_corner_of_mine yang dilansir briliobeauty.net pada Senin (7/8).

bersinar dan bebas keriput  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk kopi mengandung antioksidan, seperti asam klorogenat, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat merangsang produksi kolagen, protein yang membantu menjaga elastisitas, dan kekencangan kulit. Selain itu, bubuk kopi juga memiliki sifat eksfoliasi alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru.

bersinar dan bebas keriput  Instagram

foto: freepik.com

Lidah buaya telah lama dikenal kaya akan banyak senyawa bermanfaat, termasuk di antaranya vitamin (A, C, dan E), mineral, enzim, asam amino, dan polisakarida. Berkat kandungan ini, aloe vera dapat menghidrasi kulit secara mendalam dan membantu mengurangi garis halus dengan merangsang produksi kolagen. Selain itu, kandungan komponen tadi juga membuat aloe vera ampuh mengurangi kesan kusam pada kulit.

bersinar dan bebas keriput  Instagram

foto: freepik.com

Selain baunya yang harum, bunga mawar rupanya mengandung banyak komponen berupa vitamin A, C, E, serta asam lemak esensial. Khasiat antioksidan dari vitamin E dalam bunga mawar dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan vitamin A membantu menstimulasi regenerasi sel kulit. Kombinasi dari seluruh vitamin ini tidak hanya bisa mengurangi garis-garis halus dan keriput, namun juga membantu mencerahkan kulit.

Nah, ketiga bahan di atas bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan ampas kopi (ditumbuk halus)
2. 1 sendok makan gel lidah buaya
3. 2 sendok makan air mawar
4. 1-2 kapsul vitamin E (opsional)
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

bersinar dan bebas keriput  Instagram

foto: Instagram/@a_little_corner_of_mine

1. Dalam mangkuk kecil, campurkan masing-masing 1 sendok makan ampas kopi dan gel lidah buaya.
2. Tuangkan sekitar 2 sendok makan air mawar secara perlahan ke dalam mangkuk sambil terus diaduk.
3. Bila ada, tambahkan minyak vitamin E ke dalam campuran tersebut.
4. Aduk seluruh bahan di atas hingga merata.
5. Pindahkan campuran ke dalam stoples atau wadah yang bersih dan kedap udara agar bisa disimpan selama 1 minggu.
6. Ambil sedikit krim dan oleskan dengan lembut ke wajah yang bersih dan kering sembari dipijat dengan gerakan memutar.
7. Biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit.
8. Bilas krim dengan air hangat dan keringkan. Lanjutkan dengan pemakaian skincare lainnya.

(brl/jad)

tags

STORIES