Bukan dengan porepack, ini cara simpel hempas komedo di area hidung pakai 1 jenis bahan masakan

Bukan dengan porepack, ini cara simpel hempas komedo di area hidung pakai 1 jenis bahan masakan

Brilio.net - Setiap bagian kulit pada dasarnya memiliki "lubang pernapasan" tersendiri yang disebut dengan pori-pori. Pori-pori berfungsi untuk mengeluarkan minyak dan keringat dari tubuh. Dalam proses tersebut, pori-pori mengalami kondisi proses membuka dan menutup secara berkelanjutan. Salah satu bagian kulit yang memiliki banyak pori-pori adalah area hidung.

Saat pori-pori dalam keadaan terbuka akan memproduksi banyak minyak. Ia akan rentan tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati. Dalam prosesnya, pori-pori yang tersumbat itu kemudian akan membentuk bintik-bintik kecil pada permukaan kulit yang dikenal sebagai komedo.

Komedo sendiri memilik 2 jenis bentuk, yaitu whiteheads (komedo putih) dan blackheads (komedo hitam). Whiteheads terbentuk ketika pori-pori kulit tertutup oleh lapisan kulit yang menyebabkan sebum dan kotoran terperangkap di bawah kulit. Sebaliknya, blackheads terbentuk ketika pori-pori kulit terbuka dan sebum serta kotoran oksidasi dengan udara, mengakibatkan warna hitam pada permukaan komedo. Kedua jenis komedo ini bila tidak ditangani dengan baik bisa menjadi jerawat.

Saat ini salah satu metode yang umum dilakukan untuk mengatasi masalah komedo adalah penggunaan porepack. Namun begitu, kamu juga bisa menggunakan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatif yang nggak kalah efektif juga lho. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak kelapa dan bubuk kopi sebagaimana diperlihatkan oleh @anubeauty.tips melalui Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Minggu (29/7)

Bukan dengan porepack  Instagram

foto: freepik.com

Minyak kelapa sejatinya kaya akan kandungan asam laurat, asam kaprilat, dan asam kaprat yang memiliki sifat antimikroba. Ini berarti minyak kelapa efektif dalam membantu melawan bakteri penyebab infeksi pada kulit dan mengurangi peradangan pada kulit akibat komedo. Selain itu, minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai pembersih wajah dengan metode oil cleansing, di mana minyak ini diaplikasikan dan digunakan untuk mengangkat minyak berlebih dan sisa-sisa kotoran.

Bukan dengan porepack  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk kopi pada dasarnya mengandung kafein yang dapat membantu menyempitkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi sebum yang berlebihan. Selain itu, bubuk kopi juga mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Plus, sifat eksfolian dari bubuk kopi sendiri dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan menciptakan permukaan kulit yang lebih halus.

Nah, kedua bahan di atas bisa kamu manfaatkan untuk mengusir komedo di wajah kamu dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 Sendok teh minyak kelapa
2. 1 Sendok teh bubuk kopi
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

Bukan dengan porepack  Instagram

foto: Instagram/@anubeauty.tips

1. Tuangkan 1 sendok teh minyak kelapa ke dalam wadah.
2. Masukkan 1 sendok teh bubuk kopi setelahnya.
3. Aduk keduanya hingga tercampur rata.
4. Setelahnya, oleskan ke area hidung yang bermasalah sembari digosok lembut sekitar 3 menit.
5. Bilas hingga bersih bila dirasa cukup.
6. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/far)

tags

STORIES