Bukan pakai jeruk, ini trik bikin wajah kembali muda tanpa keriput dengan 1 jenis umbi-umbian

Bukan pakai jeruk, ini trik bikin wajah kembali muda tanpa keriput dengan 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Munculnya keriput pada wajah merupakan salah satu tanda fisik terjelas dari terjadinya proses penuaan yang terjadi pada tubuh manusia. Umumnya, kulit yang berkeriput akan tampak ketika berada di fase dewasa menuju tua, seperti di usia 40 ke atas. Namun begitu, keriput juga bisa muncul lebih cepat jika terpapar berbagai faktor risiko yang merusak kulit.

Sebagaimana disebutkan, faktor utama yang memicu munculnya keriput di wajah ialah penuaan alami. Proses ini disebabkan oleh berkurangnya produksi kolagen dan elastin, protein yang menjaga kekuatan struktur dalam kulit, seiring bertambahnya usia. Ketika produksinya menurun, kulit akan kehilangan elastisitasnya dan mengalami pengenduran yang membuat wajah menjadi keriput.

Selain faktor usia, terdapat pula faktor eksternal yang mempercepat timbulnya keriput pada wajah. Paparan sinar UV dari matahari tidak hanya merusak kolagen dan elastin, namun juga menguapkan kelembapan alami yang penting dalam mempertahankan kesehatan kulit. Selain itu, pola makan yang tidak seimbang dan kurangnya hidrasi seperti minum air juga dapat berkontribusi pada munculnya keriput di wajah.

Untuk mengatasi masalah di atas, kamu bisa mencoba mengandalkan banyak bahan alami di luar sana untuk dimanfaatkan kandungannya dalam memudarkan tanda penuaan ini. Salah satunya seperti memanfaatkan campuran buah bit dengan aloe vera dan vitamin E, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @fashion_culture70 di Instagram pada Jumat (17/11).

muda tanpa keriput  Instagram

foto: freepik.com

Buah bit merupakan sejenis tanaman umbi yang kaya akan senyawa antioksidan seperti betasianin. Senyawa ini mampu melawan efek radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan sel, sehingga akan memperlambat proses penuaan. Buah bit juga mengandung zat besi dan folat, di mana keduanya mendukung regenerasi sel dan memelihara kesehatan kulit.

muda tanpa keriput  Instagram

foto: freepik.com

Gel pada daun aloe vera sejatinya mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C, dan E, serta antioksidan yang efektif melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Selain itu, senyawa enzim dan asam amino pada tanaman ini berperan penting dalam membentuk protein kolagen dan elastin, serta meningkatkan proses regenerasi sel kulit yang lebih baik.

muda tanpa keriput  Instagram

foto: freepik.com

Vitamin E yang bisa ditemukan dalam rupa kapsul suplemen juga memiliki peran penting dalam merawat kulit. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Selain itu, vitamin E dapat meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis-garis halus, dan memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

Untuk menggunakan ketiga bahan di atas, kamu cukup mengikuti petunjuk berikut ini.

Alat dan bahan:

1. 1 buah bit
2. 1 sendok makan gel aloe vera
3. 2 kapsul vitamin E (opsional)
4. Wadah dan jar kecil

Langkah pengerjaan:

muda tanpa keriput  Instagram

foto: Instagram/@fashion_culture70

1. Haluskan 1 buah bit dan peras untuk mendapatkan 2 sendok makan ekstraknya
2. Campurkan ekstrak bit tadi dan 1 sendok makan gel aloe vera dalam wadah kecil
3. Tambahkan 2 kapsil vitamin E setelahnya (opsional)
4. Aduk seluruh bahan hingga konsistensinya tercampur rata
5. Aplikasikan gel ini ke wajah yang bersih, lalu usap hingga menyerap sempurna
6. Gunakan secara rutin setiap malam untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/mal)

tags

STORIES