Bukan pakai kopi, emak-emak ini bagikan trik pudarkan flek hitam di wajah dengan 3 bahan alami

Bukan pakai kopi, emak-emak ini bagikan trik pudarkan flek hitam di wajah dengan 3 bahan alami

Brilio.net - Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit yang ditandai munculnya bercak-bercak kehitaman di beberapa area. Masalah kulit ini umumnya terjadi pada bagian wajah, lengan, hingga punggung tangan. Wajar jika kehadirannya bisa membuat kepercayaan diri menurun.

Wajah adalah bagian tubuh yang paling rentan mengalami masalah kulit ini. Pasalnya, wajah memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan kulit tubuh yang lain. Tak hanya itu, wajah juga lebih rentan terpapar radikal bebas.

Kondisi munculnya bercak kehitaman ini biasanya disebut dengan hiperpigmentasi. Ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari yang sangat berlebihan, polusi, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, dan faktor penuaan. Paparan sinar matahari yang berlebih akan membuat produksi melanin (pigmen alami kulit) lebih banyak dari batas normal.

Regenerasi kulit yang melambat seiring bertambahnya usia juga menjadi faktor munculnya flek hitam. Adanya flek hitam akan membuat warna kulit tidak merata dan tampak kusam. Oleh karena itu, banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk memudarkan flek hitam, terutama di wajahnya. Mulai dari melakukan laser di klinik kecantikan, menggunakan skincare khusus flek hitam, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu bahan alami yang kerap dimanfaatkan untuk memudarkan flek hitam adalah bubuk kopi. Bahan ini mengandung antioksidan dan berbagai kandungan bahan aktif lain yang efektif untuk memudarkan flek hitam di wajah. Tapi ternyata, ada bahan alami lain yang tak kalah efektif lho. Seperti yang dibagikan oleh salah satu emak-emak melalui akun pribadinya @prevail_angel.

Melalui video unggahannya tersebut, emak-emak itu hanya memakai 3 bahan alami untuk memudarkan flek hitam di wajahnya. Bahan alami yang dimaksud adalah aloe vera gel, bubuk kunyit, dan madu.

Emak-emak bagikan trik pudarkan flek hitam Berbagai sumber

foto: TikTok/@prevail_angel

Kandungan aloe vera gel untuk memudarkan tampilan flek hitam di wajah.

Aloe vera gel terkenal dengan sifat penenangnya berkat kandungan enzim, asam amino, dan vitamin di dalamnya. Berbagai kandungan tersebut akan memberikan kelembapan dan nutrisi yang diperlukan oleh kulit, sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Salah satunya adalah memudarkan flek hitam dan membuat kulit tampak cerah merata. Pasalnya, kandungan vitamin E dan C di dalamnya efektif meratakan warna kulit dan melembapkannya secara alami.

Manfaat bubuk kunyit untuk menghilangkan flek hitam.

Kunyit ternyata juga efektif untuk memudarkan flek hitam sekaligus mencerahkan wajah. Ini berkat kandungan kurkumin yang memiliki kemampuan mengurangi produksi melanin yang berlebihan, sehingga dapat membantu mencerahkan kulit. Kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang secara aktif dapat melawan polusi dan kotoran yang menempel di kulit, yang menjadi salah satu penyebab flek hitam.

Madu efektif untuk mengatasi flek hitam membandel di wajah.

Madu mengandung gula yang tinggi, sehingga dapat berperan sebagai eksfoliator kulit. Madu juga memiliki senyawa yang bersifat antioksidan, sehingga dapat mengatasi tampilan flek hitam membandel di wajah. Dilansir dari laman Healthline, madu murni memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit, terutama jika kamu memiliki masalah yang berkaitan dengan jerawat, flek hitam, serta kulit kering.

Cukup dengan tiga bahan tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang diklaim efektif memudarkan tampilan flek hitam di wajah. Penggunaan yang rutin juga akan membuat wajah jadi cerah merata dan bebas kusam. Ini cara membuat dan menggunakannya, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @prevail_angel, Jumat (24/5).

Emak-emak bagikan trik pudarkan flek hitam Berbagai sumber

foto: TikTok/@prevail_angel

Bahan:

- 2 sendok teh aloe vera gel
- 1/2 sendok teh bubuk kunyit
- 1 sendok teh madu

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup.

Emak-emak bagikan trik pudarkan flek hitam Berbagai sumber

foto: TikTok/@prevail_angel

4. Aplikasikan masker pada wajah dan secara menyeluruh.
5. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah bebas flek hitam.

@prevail_angel Mask for Dark Marks #prevailangelempire #prevailangelbeautyandhealtytips #homeremedies original sound - Prevail Angel Beauty


(brl/jad)

tags

STORIES