Bukan pakai kunyit, ini trik atasi hiperpigmentasi pada wajah menggunakan 1 bahan minuman

Bukan pakai kunyit, ini trik atasi hiperpigmentasi pada wajah menggunakan 1 bahan minuman

Brilio.net - Salah satu masalah kulit wajah yang cukup meresahkan para kaum hawa adalah warna kulit yang tidak merata atau disebut hiperpigmentasi. Penyebab utamanya adalah produksi melanin yang meningkat ketika kulit terkena paparan sinar matahari sehingga kulit menggelap.

Saat hiperpigmentasi kulit terjadi, muncul flek-flek hitamdi wajah, dari yang berupa bintik hingga bercak yang mengelompok sampai luas. Kebanyakan para wanita lebih memilih untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi dengan menutupinya menggunakan makeup. Padahal, dengan perawatan kulit dan penggunaan produk skincare yang tepat, masalah kulit wajah ini bisa teratasi, lho.

Hiperpigmentasi adalah menggelapnya kulit di area tertentu akibat produksi melanin (zat pigmen yang memberi warna bagi kulit dan rambut) yang berlebihan. Karena terpicu oleh faktor-faktor penyebab, sel- sel melanosit di kulit akan menjadi sangat aktif sehingga produksi melanin pun meningkat. Akibatnya, muncul flek-flek hitam dengan bentuk variatif dan warna yang juga beragam, mulai cokelat muda sampai hitam.

Hiperpigmentasi kulit bisa dialami jenis dan warna kulit apa saja, tapi warna kulit medium sampai gelap lebih rentan mengalami masalah kulit ini karena sel-sel melanosit di kulit berwarna cenderung lebih aktif memproduksi melanin. Pada dasarnya, hiperpigmentasi kulit wajah bukan merupakan kondisi yang berbahaya. Akan tetapi, kemunculannya tentu dapat menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu penampilan.

Oleh karenanya, kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bukan pakai kunyit, kamu juga bisa menggunakan bahan alami lainnya untuk mencerahkan wajah yang kusam akibat hiperpigmentasi ini. Salah satunya seperti video unggahan dari akun TikTok @peculiarbeauty92 pada 6 Juni 2023.

Unggahan dengan durasi 37 detik tersebut berisi tentang trik atasi hiperpigmentasi pada wajah menggunakan 1 bahan minuman, bubuk kopi. Selain itu, dia juga memanfaatkan bahan lain yaitu gula pasir, perasan lemon, dan minyak kelapa.

"Treat hyper pigmentation (Mengobati hiper pigmentasi)," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @peculiarbeauty92, Rabu (26/7).

Trik atasi hiperpigmentasi pada wajah menggunakan 1 bahan minuman Berbagai sumber

Trik atasi hiperpigmentasi pada wajah menggunakan 1 bahan minuman
freepik.com

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan American Chemical Society, disebutkan bahwa kopi kaya akan antioksidan. Selain itu, kopi juga memiliki efek antiinflamasi yang mampu membantu mengatasi hiperpigmentasi. Teksturnya yang agak kasar juga mampu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah kusam.

Sedangkan gula pasir, mampu membantu meremajakan kulit dan membersihkan pori-pori berkat teksturnya. Ketika kulit mati dan kotoran terangkat, kulit akan tampak bercahaya dan lebih sehat. Jika digunakan secara rutin, warna kulitmu juga akan lebih merata berkat regenerasi kulit yang bagus.

Begitupun dengan lemon yang juga dikenal ampuh mengatasi warna kulit tidak merata akibat hiperpigmentasi. Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk lemon telah terbukti secara klinis untuk memperbaiki hiperpigmentasi dan bintik hitam pada wajah. Penting untuk diingat bahwa asam sitrat juga membuat kulit lebih peka terhadap cahaya sehingga penggunaan tabir surya setiap hari sangatlah penting.

Tak terkecuali dengan minyak kelapa, tidak hanya sekadar dijadikan sebagai bahan untuk memasak, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit. Menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan menggunakan minyak kelapa dapat mempertahankan fungsi kulit sebagai penghalang masuknya bakteri, mempercepat penyembuhan bekas luka, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Trik atasi hiperpigmentasi pada wajah menggunakan 1 bahan minuman Berbagai sumber

Trik atasi hiperpigmentasi pada wajah menggunakan 1 bahan minuman
TikTok/@peculiarbeauty92

Nah, dengan bahan-bahan tersebut kamu bisa mengolahnya menjadi masker wajah yang dapat mengatasi hiperpigmentasi di wajahmu. Pemakaian yang rutin akan membuat wajahmu tampak lebih cerah merata. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 sendok makan bubuk kopi
2. 1 sendok makan gula pasir
3. 1/2 buah perasan lemon
4. 1 sendok makan minyak kelapa

Trik atasi hiperpigmentasi pada wajah menggunakan 1 bahan minuman Berbagai sumber

Trik atasi hiperpigmentasi pada wajah menggunakan 1 bahan minuman
TikTok/@peculiarbeauty92

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk keempat bahan tersebut hingga tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Gosok-gosok dengan lembut selama beberapa menit lalu diamkan selama 10 menit
5. Bilas menggunakan air sampai bersih
6. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@peculiarbeauty92 Coffee face scrub #coffeefacescrub #skincare #explore #fypviral #foryoupage #watchthis #diy original sound - peculiar beauty

(brl/ola)

tags

STORIES