Bukan pakai lemon, ini cara agar kulit cerah alami dan antikusam pakai 1 jenis minuman sehari-hari

Bukan pakai lemon, ini cara agar kulit cerah alami dan antikusam pakai 1 jenis minuman sehari-hari

Brilio.net - Ketika ditanyakan kepada banyak orang mengenai jenis kondisi kulit ideal, umumnya orang akan menjawab bahwa kulit sehat dan bercahaya sebagai salah satu ciri utamanya. Kondisi kulit ideal sering menjadi standar kecantikan, maka nggak jarang berbagai cara dan upaya pun dilakukan untuk mencapainya. Hanya saja, mendapatkan kondisi kulit ideal tidaklah mudah karena kulit wajah harus menghadapi berbagai permasalahan. Salah satu dari sekian banyak masalah tersebut adalah kondisi kulit kusam.

Secara sederhana, kulit kusam bisa diartikan sebagai kulit yang kehilangan kilau alaminya. Selain warna kulit yang tidak merata, kulit kusam juga cenderung memiliki kesan yang kotor sehingga terlihat tidak segar. Hal ini jelas jauh dari kata kondisi ideal pada kulit wajah yang didambakan banyak orang.

Sejatinya, terdapat banyak faktor yang berkontribusi terhadap munculnya kulit kusam. Paparan sinar matahari misalnya. Komponen UV dalam sinar matahari dapat merusak struktur kolagen kulit yang menyebabkan hilangnya kelembapan alami dan kemampuannya untuk memantulkan cahaya.

Selain itu, polusi udara juga dapat menyumbat pori-pori dan memengaruhi kesehatan kulit, sehingga menyebabkan kulit terlihat kotor dan kusam. Bahkan, perihal gaya hidup tidak sehat seperti kurang tidur, pola makan yang tidak seimbang, dan kebiasaan merokok pun seringkali tidak disadari dapat merusak kulit dan menghambat proses regenerasinya.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, tentunya kamu harus rajin menggunakan pelindung bagi kulit, terutama sunscreen. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan khasiat yang dimiliki bahan-bahan alami seperti susu, gula bubuk, dan aloe vera. Hal ini sebagaimana disarankan pemilik akun Instagram @beautifulyoutips sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Rabu (2/8).

cerah alami dan antikusam  Instagram

foto: freepik.com

Susu adalah minuman yang mengandung banyak nutrisi penting untuk kulit, seperti vitamin A, vitamin D, protein, dan asam laktat. Vitamin A berperan penting dalam meregenerasi sel kulit, sementara vitamin D membantu meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Asam laktat dalam susu memiliki efek peeling ringan, membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Penggunaan susu sebagai bahan perawatan dapat membantu mengatasi kulit kusam dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

cerah alami dan antikusam  Instagram

foto: freepik.com

Gula bubuk adalah bahan alami lain yang efektif untuk mengatasi kulit kusam. Gula bubuk dapat digunakan sebagai eksfolian alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit. Eksfoliasi secara teratur dapat merangsang sirkulasi darah ke kulit, membuat kulit terlihat lebih segar dan bercahaya.

cerah alami dan antikusam  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera adalah tanaman yang sudah dikenal luas karena khasiatnya dalam merawat kulit. Gel aloe vera mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu meredakan peradangan, menyegarkan kulit, dan memberikan efek mencerahkan. Aloe vera juga membantu menjaga kelembapan kulit tanpa meninggalkan rasa lengket, sehingga cocok untuk digunakan segala jenis kulit.

Ketiga bahan di atas bisa kamu ubah sebagai masker gel wajah dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh gula bubuk
2. 2 sendok teh susu murni
3. 1 sendok teh aloe vera
4. Air panas secukupnya
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@beautifulyoutips

1. Masukkan 1 sendok teh gula berbentuk bubuk halus dalam wadah kecil.
2. Tuangkan 1 sendok makan air panas, lalu aduk gula hingga larut.
3. Tambahkan 2 sendok teh susu murni setelahnya.
4. Masukkan 1 sendok teh gel aloe vera ke dalam wadah.
5. Aduk rata seluruh bahan tersebut hingga mengental.
6. Aplikasikan gel ini ke wajah secara merata sembari diusap-usap.
7. Diamkan selama 10 menit.
8. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih.
9. Gunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

View this post on Instagram

A post shared by (@beautifulyoutips)

(brl/jad)

tags

STORIES