Bukan pakai lemon, ini trik mencerahkan wajah kusam dan belang pakai masker dari 1 jenis tepung

Bukan pakai lemon, ini trik mencerahkan wajah kusam dan belang pakai masker dari 1 jenis tepung

Brilio.net - Kulit wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami berbagai permasalahan. Paling umum adalah kusam dan belang. Kondisi ini disebabkan karena pada dasarnya kulit secara alami menghasilkan melanin yang berperan dalam memberikan warna. Produksi melanin yang meningkat akan mengakibatkan warna kulit kusam dan gelap.

Ada beberapa faktor yang memicu peningkatan produksi melanin diantaranya paparan sinar matahari, polusi, hingga bakteri. Wajah kusam juga dapat disebabkan beberapa hal, mulai dari perubahan hormon, faktor cuaca, hingga penggunaan produk perawatan kulit wajah yang tidak tepat. Selain itu, kulit wajah yang terlihat kusam juga dapat disebabkan kurangnya kepedulian terhadap kebersihan.

Tak hanya kusam, wajah yang terpapar sinar matahari terlalu sering atau lama bisa menyebabkan warna kulit tidak merata. Kondisi yang dikenal dengan kulit belang ini tentu dapat mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, paparan polusi terus-menerus juga dapat membuat warna kulit menjadi belang. Dilansir dari Dermalogica, partikel yang terkandung dan udara kotor dapat menyebabkan bercak-bercak coklat pada kulit yang sering terpapar polusi.

Sebenarnya kamu tidak bisa mengubah jumlah melanin yang ada di kulit. Hanya saja, kamu bisa menghilangkan warna kecokelatan dan pigmentasi berlebih yang disebabkan faktor-faktor di atas. Salah satunya dengan membuat masker dari bahan-bahan alami. Bukan pakai lemon, karena ternyata ada bahan lain yang tak kalah efektif untuk mencerahkan wajah kusam dan belang lho.

Seperti video unggahan yang dibagikan pemilik akun TikTok @glamtayus pada 26 Juni 2023. Melalui unggahan tersebut dia memberikan trik mencerahkan wajah kusam dan belang pakai masker dari 1 jenis tepung, yakni tepung gram atau tepung besan. Tak hanya itu, dia juga menggunakan bahan lain yaitu bubuk kulit jeruk dan susu cair.

"How To Make Skin Brightening Face Pack (Cara Membuat Paket Wajah Mencerahkan Kulit)," ungkapnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @glamtayus, Rabu (2/8).

Cerahkan wajah kusam dan belang pakai 1 jenis tepung Berbagai sumber

Cerahkan wajah kusam dan belang pakai 1 jenis tepung
freepik.com

Tepung gram adalah tepung yang terbuat dari kacang kedelai yang telah dihaluskan. Kandungan nutrisi dalam tepung gram meliputi vitamin C, seng, dan protein. Melalui komponen tersebut, tepung gram memiliki khasiat mencerahkan kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih yang acap muncul ketika beraktivitas padat. Selain itu, sifat eksfoliasi ringan dari tepung gram membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga terlihat menjadi lebih cerah, merata, dan segar.

Sedangkan kulit jeruk juga ternyata merupakan bahan alami yang dapat mencerahkan kulit wajah lho. Karena konsentrasi vitamin C yang tinggi dalam kulit jeruk sangat berguna untuk melawan radikal-radikal bebas dan menghancurkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam. Oleh karenanya, tak sedikit produk kecantikan yang menggunakan kulit jeruk sebagai komposisi utamanya.

Tak terkecuali dengan susu yang juga banyak dikenal manfaatnya untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Ini karena susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Kandungan asam laktat pada susu juga diyakini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam.

Inilah mengapa ada banyak produk pencerah kulit yang menggunakan asam laktat atau susu sebagai agen pencerahnya. Asam laktat memang dapat mengelupas lapisan kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam dan belang.

Cerahkan wajah kusam dan belang pakai 1 jenis tepung Berbagai sumber

Cerahkan wajah kusam dan belang pakai 1 jenis tepung
TikTok/@glamtayus

Dengan ketiga bahan yang telah disebutkan tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang dapat membantu mencerahkan wajah kusam dan belang. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang tampak lebih cerah dan mulus tanpa belang. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 sendok makan tepung gram
2. 2 sendok makan bubuk kulit jeruk
3. Susu cair secukupnya

Cerahkan wajah kusam dan belang pakai 1 jenis tepung Berbagai sumber

Cerahkan wajah kusam dan belang pakai 1 jenis tepung
TikTok/@glamtayus

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada sebuah wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
5. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap dan sunscreen
6. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah merata.

@glamtayus

Qatar - Instrumental - Ultra Beats

(brl/ola)

tags

STORIES