Bukan pakai lidah buaya, ini cara mengatasi wajah iritasi dan meradang dengan 1 jenis buah

Bukan pakai lidah buaya, ini cara mengatasi wajah iritasi dan meradang dengan 1 jenis buah

Brilio.net - Salah satu alasan melakukan perawatan kulit adalah untuk menghindari terjadinya iritasi dan peradangan. Kulit iritasi terjadi saat lapisan terluar kulit terpapar alergen tertentu. Bila iritasi cukup parah, timbul juga rasa perih hingga sensasi terbakar.

Saat kulit terasa gatal atau terlihat memerah, kadang orang tidak menyadari bahwa kulitnya sedang iritasi. Rasa gatal akan membuat tangan terus menyentuh dan menggaruk bagian kulit yang kemungkinan iritasi. Namun, alih-alih rasa gatal hilang, masalah pada kulit justru bisa semakin memburuk. Bahkan kulit bisa mengalami peradangan yang mengakibatkan pengelupasan.

Penyebab iritasi kulit bisa beragam. Seperti hawa panas yang menyebabkan biang keringat, alergi pada makanan tertentu, bahan pakaian yang tidak menyerap, bahan nikel dari perhiasan, parfum, dan produk kecantikan, hingga gigitan serangga. Kebanyakan kondisi ini bisa ditangani sendiri di rumah. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah mengompres area yang teriritasi menggunakan es atau air dingin.

Tak hanya itu, sebagian orang juga mengoleskan lidah buaya untuk mendinginkan sekaligus menenangkan kulit agar tak makin parah. Padahal ada bahan lain yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah kulit ini lho. Salah satu contohnya seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @himynameispriya pada 2 November 2020.

Melalui video dengan durasi 29 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara mengatasi wajah iritasi dan meradang dengan 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah alpukat. Selain alpukat, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt.

"the easiest avocado face mask (masker wajah alpukat termudah)," katanya sebagai keterangan video, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @himynameispriya, Sabtu (29/7).

Atasi wajah iritasi dan meradang pakai 1 buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya tinggi vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, alpukat ternyata juga berkhasiat untuk kecantikan kulit lho. Sudah tak diragukan lagi, buah favorit semua orang ini dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menenangkan kulit iritasi yang sangat ampuh dan direkomendasikan.

Nggak hanya karena teksturnya yang lembut, tetapi kandungan pada alpukat juga dapat mendorong produksi kolagen sehingga iritasi dan luka pada kulit dapat teratasi dengan sempurna. Selain itu, sifat antiinflamasinya juga dapat membuat penyembuhan lebih cepat.

Begitupun dengan yoghurt yang juga dikenal sebagai bahan yang mendinginkan kulit. Yoghurt mengandung bakteri Lactobacillus delbrueckii, Lactobacillus acidophilus, dan Bifidobacterium bifidum. Bakteri ini secara aktif membantu wajah melawan iritasi atau peradangan, termasuk jerawat. Asam laktat dalam yoghurt juga merupakan antibiotik yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah.

Atasi wajah iritasi dan meradang pakai 1 buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@himynameispriya

Kedua bahan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat masker wajah. Jika digunakan secara rutin, masker wajah ini bisa membantu mengatasi iritasi dan peradangan pada kulit. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1/2 buah alpukat
2. 1-2 sendok makan yoghurt

Cara membuat:

Atasi wajah iritasi dan meradang pakai 1 buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@himynameispriya

1. Haluskan alpukat menggunakan garpu atau sendok.
2. Tambahkan yoghurt lalu aduk keduanya sampai tercampur merata.
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh.
4. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
5. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
6. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang sehat dan bebas iritasi.

@himynameispriya the easiest avocado face mask #facemask #avocado #diy #yogurt original sound - Priya Sharma

(brl/jad)

tags

STORIES