Bukan pakai pisang dan madu, ini trik bikin tangan halus dan antikeriput dengan 1 jenis rempah

Bukan pakai pisang dan madu, ini trik bikin tangan halus dan antikeriput dengan 1 jenis rempah

Brilio.net - Kurangnya perawatan pada tangan dapat mengakibatkan tangan jadi kasar dan cepat keriput. Memiliki tangan yang kasar memang termasuk kondisi yang wajar, tetapi terkadang kondisi ini membuat sebagian orang merasa tak nyaman. Tangan yang kasar biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.

Sebagian besar penyebabnya adalah karena sering terpapar panas, misalnya saat memasak atau melakukan pekerjaan lain. Cuaca dingin juga bisa berpengaruh dan membuat tangan jadi kasar hingga kering. Selain itu, kebiasaan terlalu sering mencuci dan tersentuh sabun berbahan kimia juga menjadi pemicu tangan jadi mudah kering hingga kasar.

Bahkan, jika tangan terus-terusan dibiarkan kering dan dalam kondisi kasar, maka kulit tangan juga rentan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini lah yang akan membuat kulit tangan cepat keriput. Kondisi kulit tangan yang seperti ini akan membuat siapapun penderitanya jadi tidak percaya diri. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara untuk menghaluskan tangan dan mencegahnya dari keriput.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bukan pakai pisang dan madu, karena pemilik akun TikTok @holistichealinghealth pada 15 September 2023, justru menggunakan 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah bubuk kunyit. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu petroleum jelly dan perasan lemon.

"wrinkled hands or dark spots (tangan keriput atau bintik hitam)," tulisnya dalam unggahan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @holistichealinghealth, Selasa (3/10).

Bikin tangan halus dan antikeriput dengan 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain dikenal sebagai salah satu rempah yang dapat memberikan warna kuning, kunyit ternyata dapat membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit tangan. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bersifat antioksidan. Antioksidan dalam kunyit mencegah radikal bebas, seperti polusi dan sinar UV yang mempengaruhi elastisitas kulit. Selain itu, kunyit juga bisa memblokir enzim elastase yang bisa memicu kerutan pada kulit.

Petroleum jelly juga merupakan salah satu bahan alami yang umum digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Manfaat petroleum jelly untuk kecantikan bisa membantu meringankan efek penuaan pada kulit dan mengatasi kulit kasar. Dengan penggunaan pelembap seperti petroleum jelly, bisa membantu mengurangi keluhan tersebut. Sifatnya yang melembapkan dan melembutkan diklaim mampu mengatasi kulit yang kasar dan kering.

Begitupun dengan perasan lemon yang juga bisa kamu manfaatkan untuk menghaluskan tangan kasar dan keriput. Lemon dapat membantu mengurangi penuaan dini dengan melindungi kulit dari keriput yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kandungan vitamin C didalamnya juga mampu membantu mengurangi kerutan dini dengan merangsang pertumbuhan kolagen.

Bikin tangan halus dan antikeriput dengan 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: TikTok/@holistichealinghealth

Cukup dengan ketiga bahan yang sudah disebutkan, kamu dapat membuat masker tangan yang efektif untuk bikin tangan halus dan bebas keriput. Tangan yang kusam dan belang juga bisa kamu atasi dengan masker ini lho. Begini cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 Sendok teh bubuk kunyit
2. 1 Sendok teh petroleum jelly
3. 1-2 Sendok teh air perasan lemon

Bikin tangan halus dan antikeriput dengan 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: TikTok/@holistichealinghealth

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan masker ini pada tangan yang sudah bersih secara menyeluruh, khususnya pada bagian punggung tangan yang rentan keriput
4. Diamkan selama 20-30 menit lalu gosok-gosok perlahan sembari dibilas
5. Keringkan tangan lalu aplikasikan body lotion atau hand cream yang kamu pakai
6. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan tangan yang halus dan antikeriput.

@holistichealinghealth gonna try this asap! #skin #skincare #wrinkles #health #healing #holistichealth #holistic #natural #lifehacks #fyp Aesthetic - Tollan Kim

(brl/far)

tags

STORIES