Bukan pakai putih telur, begini cara mengatasi garis halus pada area wajah dengan 1 bahan minuman

Bukan pakai putih telur, begini cara mengatasi garis halus pada area wajah dengan 1 bahan minuman

Brilio.net - Garis-garis halus termasuk dalam tanda penuaan kulit wajah. Garis halus di wajah memberikan efek tampilan lebih tua dan tidak segar. Merupakan hal yang wajar jika garis halus ini muncul sesuai usia, tapi jika muncul lebih awal maka merupakan bencana.

Memasuki usia 25 tahun, kondisi kulit akan perlahan-lahan menurun. Mungkin kamu tidak terlalu merasakannya karena proses ini masih berjalan sangat lambat, dimulai dengan munculnya garis-garis halus di wajah.

Begitu sudah usia pertengahan 30-an dan awal 40-an, proses penuaan kulit berlangsung lebih cepat. Bukan lagi garis-garis halus yang muncul, tapi sudah berupa kerutan. Garis-garis halus di wajah dan kerutan muncul karena dengan pertambahan usia, kulit akan menjadi lebih tipis, kering, rentan dehidrasi, serta berkurang kekenyalan dan elastisitasnya.

Bahkan saat kamu membuat ekspresi wajah misalnya tersenyum, tertawa, dan cemberut, atau membuat gerakan memicingkan mata dan mengernyitkan dahi, maka akan terbentuk garis-garis dan kerutan di area-area yang ototnya berkontraksi. Cara paling efektif untuk mencegah terbentuknya garis-garis halus ini sebenarnya adalah dengan menghindari faktor-faktor pemicunya.

Selain itu, kamu juga bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan berbagai produk skincare dengan kandungan antiaging didalamnya, hingga menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @self.care.differently pada 15 Mei 2023.

Dalam video itu, pemilik akun memberikan cara mengatasi garis halus pada area wajah dengan 1 bahan minuman. Bahan minuman yang di pakai adalah cacao powder atau bubuk cacao. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu tepung pati garut, minyak almond, dan yoghurt.

"ANTI AGING CACAO face mask (Masker wajah ANTI PENUAAN CACAO)," tulisnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @self.care.differently, Jumat (28/7).

Cara atasi garis halus pakai bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bubuk cacao atau bubuk cokelat tak hanya dijadikan sebagai bahan minuman dan campuran dalam hidangan saja. Karena bahan yang satu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat cokelat yaitu dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah penuaan dini. Melansir dari Herworld, cokelat memiliki kandungan antioksidan tinggi, kandungan vitamin esensial, zat besi, kalsium, dan zink yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, cokelat bisa membantu menyamarkan garis halus atau tanda-tanda penuaan lainnya, menyingkirkan kulit kering dan kasar. Cokelat dipercaya dapat menjaga elastisitas kulit dan mendorong regenerasi sel kulit. Semakin pahit cokelatnya, maka semakin tinggi kandungan antioksidan dan flavonoid di dalamnya.

Sedangkan tepung pati garut juga merupakan bahan makanan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi garis halus di wajahmu. Bukan tanpa alasan, kandungan vitamin dan antioksidan didalamnya berpotensi untuk menghaluskan, mencerahkan, dan membantu mempercepat regenerasi kulit. Jika digunakan secara rutin, maka kamu akan mendapatkan wajah yang lebih kencang dan awet muda.

Sementara minyak almond, merupakan salah satu minyak yang kaya akan kandungan nutrisi. Mulai dari protein, mineral, lemak tak jenuh, serta vitamin (A, B, D, dan E). Karena kandungan inilah minyak almond sering digunakan sebagai minyak esensial untuk aromaterapi dan produk perawatan kulit.

Kandungan vitamin E, asam lemak tertentu, dan zat aktif lain pada minyak almond bisa menetralisir radikal bebas penyebab garis halus dan penuaan dini lainnya. Minyak almond juga dipercaya bisa membantu melembapkan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah, sehingga bisa membuat kulit lebih sehat dan awet muda.

Begitupun dengan yoghurt yang juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit. Bahan alami ini kaya akan asam laktat yang juga merupakan bahan yang sering digunakan dalam banyak produk perawatan kulit antiaging. Hal itu karena kandungan tersebut mampu mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta mengembalikan elastisitas kulit kamu.

Cara atasi garis halus pakai bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@self.care.differently

Cukup dengan menggunakan bahan-bahan tersebut kamu bisa membuat masker wajah yang dapat membantu mengatasi garis halus di wajahmu. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang awet muda dan bebas kerutan. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 Sendok teh cacao powder
2. 1 Sendok teh tepung pati garut
3. 1 Sendok teh minyak almond
4. 2 Sendok makan yoghurt plain

Cara atasi garis halus pakai bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@self.care.differently

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk keempat bahan tersebut sampai tercampur merata dan bertekstur seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah dan leher yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Biarkan sampai kering atau selama 20-30 menit
5. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer andalanmu
7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang lebih kencang dan bebas garis halus.

Cara atasi garis halus pakai bahan minuman


@self.care.differently ANTI AGING CACAO face mask #selfcare #diy #facemask #naturalbeauty #cacao #fyp Calm Down - Rema

(brl/far)

tags

STORIES